Beranda Tiket Wisata

Wisata SITU LENGKONG Tangerang - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Situ Lengkong : GratisJam Buka: 05.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Lengkong Karya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15310

Tangerang Selatan yang merupakan kawasan industri ternyata masih memiliki bentang alam yang cantik. Di daerah Kecamatan Serpong Utara ada satu tempat rekreasi yang jadi salah satu favorit yaitu Situ Lengkong. Sebuah aliran sungai yang dulunya merupakan bekas galian pasir. Alam sekitarnya masih asri menjadi alasan kenapa tempat ini punya daya tarik wisata. Letaknya sangat strategis dan dekat dengan Taman Kota BSD.

Meski sekilas hanya aliran sungai biasa, namun ada hal menarik di Situ Lengkong. Yaitu air terjun mini yang terbentuk dari patahan aliran sungai. Pemandangannya sangat indah dengan air yang bersih dan batuan besar di sekitarnya. Kondisi di sekitar sungai juga sangat rindang karena banyak pepohonan besar. Beragam aktivitas bisa dilakukan mulai dari berenang, memancing atau sekedar bersantai.

Harga Tiket Situ Lengkong

Kawasan Situ Lengkong ini bisa jadi alternatif wisata murah yang ada di kawasan Serpong. Untuk menikmati keindahannya tidak perlu membayar biaya masuk. Wisatawan cukup membayar untuk parkir di tempat-tempat yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: JEMBATAN KACA Tangerang Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Situ Lengkong

Kawasan wisata ini memiliki jam buka dari pagi hingga sore hari. Waktu favorit kunjungan adalah pada pagi atau sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari05.00 WIB – 17.00 WIB

Pesona Aliran Sungai Yang Awalnya Proyek Galian Pasir

Pemandangan yang ada di Situ Lengkong
Keindahan sungai dengan kawasan hijau di sisi kanan kirinya menciptakan suasana yang asri. Foto: Gmaps/TW Nature

Berada tak jauh dari pusat kota, Situ Lengkong layaknya kawasan hijau di antara hiruk pikuk industri yang penuh polusi. Awalnya tempat ini hanyalah kawasan bekas proyek galian pasir yang tidak terurus. Namun karena punya potensi dengan keindahan alamnya, akhirnya menjadi tempat rekreasi. Areanya cocok sebagai alternatif destinasi rekreasi bagi yang tidak punya banyak waktu. Udara bersih dan suasana alam yang segar bisa untuk sejenak menyegarkan pikiran.

Bagi penggemar aktivitas memancing, kawasan wisata ini menjadi salah satu pilihan. setiap hari selalu ramai masyarakat yang memancing. Bermain dengan aliran air sungainya pun juga sangat seru. Ketika pagi atau sore hari, Situ Lengkong juga sering menjadi lokasi berolahraga. Mulai dari Jogging hingga bersepeda, semua  bisa dilakukan di tempat ini.

Baca: PADI-PADI Tangerang Tiket Masuk & Aktivitas

Memancing di Situ Lengkong

Wisatawan memancing di Situ Lengkong
Di aliran sungai tempat wisata ini dikenal memiliki banyak ikan sehingga cocok dipakai untuk memancing. Foto: Gmaps/Ahmad Yani

Aliran sungai Situ Lengkong memang sangat cocok untuk lokasi memancing. Aliran air yang jernih membuat tempat ini menjadi habitat beraneka ragam ikan sungai. Wisatawan bisa memancing dari pinggir sungai atau dari batu-batu besar yang ada di tengah sungai. Berteman gemercik air dan keindahan air yang terjun dari patahan sungai membuat suasana tidak terasa membosankan. Sembari menunggu umpan dimakan ikan, bisa sambil menyelupkan kaki di segarnya air sungai Situ Lengkong.

Baca: TAMAN PRESTASI Pilihan Wisata Murah di Tangerang

Bermain di Aliran Sungai

aliran sungai yang bersih cocok untuk bermain air
Pesona air terjun mini yang tercipta dari patahan aliran sungai. Foto: Gmaps/Muhamad Haqiqi

Tempat wisata ini juga sangat asyik sebagai lokasi berenang dan bermain air. Ketika berada di tempat ini wisatawan akan langsung tergoda dengan jernihnya air. Rasanya tidak sabar ingin segera menceburkan diri ke dalamnya. Biasanya wisatawan bermain air di bagian bawah air terjun.

Di area tersebut airnya tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang. Bebatuan besar membuatnya tampak seperti sungai-sungai di pedesaan. Sesekali batu-batu tersebut dihinggapi burung bangau yang banyak hidup di sekitar kawasan. Bagi penggemar fotografi momen-momen tersebut sangat menarik untuk diabadikan.

Baca: Taman Bambu Tangerang Keunikan Dekorasi Bambu

Bersantai di Area Taman

Taman yang ada di Situ Lengkong
Di tempat wisata ini tersedia taman untuk bersantai dan menikmati keindahan sungai. Foto: Gmaps/Diana Safitri

Sejauh ini kawasan wisata sudah menyediakan taman. Area taman ini terbilang masih sangat baru dan menjadi daya tarik tambahan. Area taman ini sangat cocok sebagai area bersantai. Berada di atas sungai, dari taman ini terlihat jelas Situ Lengkong. Selain itu kelengkapan fasilitas juga sangat mendukung. Ada tempat duduk panjang untuk bersantai hingga wahana bermain untuk anak.

Di area taman banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Beraneka jajanan kaki lima bisa ditemukan mulai dari bakso, olahan mie, sate-satean, aneka es dan masih banyak lagi. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung mencari makanan dan minuman di tempat ini.

Baca: PULAU CINTA Tiket & Pesona Hutan Mangrove

Berolahraga di Sekitar Situ Lengkong

Di sekitar kawasan situ juga tersedia jogging track yang masih berada di area taman. Berada tepat di tepi sungai, wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam sekitar. Dengan kehadiran lintasan jogging ini membuat tempat wisata ini selalu ramai kunjungan.

Kebanyakan wisatawan datang untuk olahraga pada pagi atau sore hari. Selain jogging, tempat ini biasanya dipakai untuk bersepeda. Setiap akhir pekan selalu ramai grup-grup sepeda yang gowes di Situ Lengkong. Hingga saat ini tempat wisata ini masih terus membangun. Sehingga kedepannya akan semakin cantik dan semakin banyak hal menarik lainnya.

Fasilitas Situ Lengkong

Walaupun terbilang wisata yang masih baru namun fasilitas yang ada di tempat ini sudah cukup memadai. Tersedia area parkir yang cukup luas, toilet, warung kuliner dan kawasan taman.

Lokasi Situ Lengkong

Tempat wisata ini beralamat di Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Lokasinya sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 5km dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit. Dekat dengan beberapa kawasan hiburan lainnya di Tangerang Selatan seperti Taman BSD 1 dan Taman Giri Loka 2.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini