Beranda Tiket Wisata

Wisata BENDUNGAN SINDANGHEULA Serang - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Bendungan Sindangheula : GratisJam Buka: 08.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Sindangheula, Pabuaran, Serang, Banten, Indonesia, 42163

Bendungan Sindangheula adalah tujuan wisata baru yang ada di Kabupaten Serang. Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Maret 2021 yang banyak manfaat untuk warga sekitar. Pasca pembukaan areanya langsung ramai kunjungan masyarakat. Meski hanya sebuah bendungan namun kawasan di sekitarnya memiliki pemandangan yang indah. Terletak di area perbukitan, suguhan panorama gugusan bukit dan pegunungan siap menyambut.

Salah satu hal menarik yaitu arsitektur bendungan yang terlihat cantik. Jembatan panjang dengan lampu taman di kanan kirinya menambah kesan artistik. Bendungan ini berdiri di alur sungai Cibanten. Aliran air sungai yang bersih dengan pepohonan rindang di tepiannya terlihat sangat asri. Karena sungainya yang besar menjadikannya sekilas seperti danau. Kawasannya memang sangat cocok untuk sekedar bersantai atau berburu foto yang eksotis.

Harga Tiket Masuk Bendungan Sindangheula

Bendungan Sindangheula bisa menjadi rekomendasi wisata murah meriah yang ada di Serang. Tidak ada tarif tiket yang berlaku. Wisatawan cukup membayar biaya parkir yang pengelolaannya oleh masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Jam Buka
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: GUNUNG SANTRI Wisata Religi Makam Ulama Besar

Jam Buka Bendungan Sindangheula

Untuk jam operasionalnya sendiri, wisata bendungan ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi atau sore hari. Sebab ketika siang keadaan di bendungan ini sangat terik.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB -18.00 WIB

Bendungan Multifungsi Dengan Pemandangan Indah

Bendungan dengan pemandangan sungai dan perbukitan
Walau hanya bendungan, keistimewaan tempat ini adalah pemandangannya yang sangat indah. Foto: Gmaps/Iwan Hermawan

Pembangunan bendungan sudah mulai berlangsung tahun 2015 hingga 2020. Degan beragam manfaat untuk masyarakat sekitar. Bendungan yang berada di Desa Sindangheula ini salah satunya bermanfaat untuk mengendalikan banjir. Sebab wilayah Kabupaten Serang dan sekitarnya sering kali dilanda banjir.

Selain itu kehadiran bendungan ini juga sangat membantu dalam pengairan lahan pertanian masyarakat. Setidaknya 1.289 sawah masyarakat bisa tercakup dengan adanya bendungan tersebut.

Selain pertanian, nantinya juga dapat memenuhi kebutuhan air di sektor industri ataupun pembangkit listrik. Terakhir karena pemandangannya yang indah, tempat ini juga menjadi obyek wisata menarik yang ada di Serang.

Aliran sungai Cibanten yang bersih dengan gugusan perbukitan menjadi panorama yang menakjubkan. Jika cuaca cerah dari bendungan ini wisatawan bisa melihat gagahnya Gunung Karang. Kawasannya yang di pedesaan dan masih sangat asri menjadikan wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Baca: Taman Wisata MBS Tiket, Wahana & Aktivitas

Seluncuran Spillway Yang Viral

Meski baru resmi terbuka untuk umum pada awal tahun 2021. Namun kawasan bendungan langsung mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah peluncuran spillway yang ada di bendungan ini.

Tersebar video dimana warga sekitar sangat antusias meluncur dari atas spillway bendungan. Spillway sendiri adalah sebuah saluran yang mengaliri air banjir lewat bendungan. Bentuknya miring seperti peluncuran dan akhirnya dipakai warga untuk bermain.

Video tersebut akhirnya membuat banyak masyarakat Serang dan sekitarnya penasaran. Mereka ingin mencoba sendiri bagaimana serunya meluncur dari atas spillway. Hal itu membuat tempat ini selalu ramai wisatawan yang ingin mencoba meluncur atau sekedar melihat keseruannya. Pada akhirnya karena selalu ramai, seiring berjalannya waktu kawasan bendungan di buat menjadi tempat wisata.

Namun untuk seluncuran Spillway sendiri saat ini sudah ditutup oleh pengelola bendungan. Itu karena kegiatan tersebut dinilai cukup berbahaya.

Baca: CAS Water Park Cikole Tiket & Wahana

Keindahan Sungai Cibanten

Jembatan ikonik di bendungan
Spot favorit wisatawan di tempat ini adalah jembatan yang membelah sungai Cibanten. Foto: Gmaps/Afriyandi

Hal yang paling ikonik dari tempat wisata ini adalah sebuah jembatan yang memanjang hingga ke tengah sungai. jembatan yang memiliki warna kombinasi biru dan kuning ini memiliki arsitektur yang cantik. Di kiri kanannya terdapat deretan lampu taman.

Jembatan ini menjadi tempat paling cocok untuk menikmati pesona Sungai Cibanten. Kondisi sungai dengan airnya yang bersih dan bukit-bukit di sekitarnya. Merupakan gambaran utama panorama yang memanjakan mata.

Area jembatan ini juga menjadi tempat favorit untuk berfoto ria. Sungai Cibanten yang dikeliling perbukitan hijau menjadi latar belakang yang indah. Ketika sore hari dan cuaca cerah pemandangan dari tempat tersebut semakin cantik.

Baca: Negeri Di Atas Awan Lebak Sajian Lanskap Spektakuler

Bersantai

Sungai Cibanten dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya
Panorama indah nan alami menjdikan kawasan ini cocok untuk menyegarkan pikiran. Foto: Gmaps/Haryanto Arya

Kawasan wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Letaknya yang berada di desa perbukitan dengan udara terasa sejuk dan segar. Wisatawan bisa bersantai di area atas bendungan. Di tempat tersebut sangat teduh karena banyak pepohonan.

Selain itu saat ini juga sudah banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Sambil bersantai wisatawan bisa sekaligus memanjakan lidah di tempat ini.

Dari atas bendungan wisatawan bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Jika cuaca cerah Gunung Karang akan sangat terlihat jelas dari tempat ini. Hamparan sawah di sekitar bendungan menjadi kombinasi yang memanjakan mata.

Bersepeda di Bendungan Sindangheula

bersepeda di area bendungan
Kawasan wisata ini sangat sering dipakai untuk aktivitas bersepeda. Foto: Gmaps/Agus Setyono

Kawasan bendungan ini juga sering dimanfaatkan untuk aktivitas bersepeda. Pemandangan indah dengan jalur yang ramah menjadi alasan kenapa tempat ini cocok untuk gowes. Idealnya aktivitas ini dilakukan ketika pagi atau sore hari.

Hingga saat ini kawasan Bendungan Sindangheula ini masih terus dalam tahap pengembangan. Berbagai fasilitas yang akan jadi ke depannya bisa menjadikan tempat ini tambah menarik.

Fasilitas Bendungan Sindangheula

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini belum terlalu banyak. Namun meski begitu sudah memadai untuk memenuhi kebutuhkan wisatawan. Di tempat ini sudah tersedia area parkir, toilet, dan warung kuliner.

Lokasi Bendungan Sindangheula

Tempat wisata ini beralamat di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten.  Dari pusat kota tempat ini berjarak sekitar 14km. Dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapainya dan aksesnya sudah sangat baik.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini