Beranda Tiket Wisata

PULAU CINTA Tiket & Pesona Hutan Mangrove - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pulau Cinta : Rp20.000Jam Buka: 08.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Muara, Teluknaga, Tangerang, Banten, Indonesia, 15510

Pesisir utara Tangerang ternyata memiliki pesona alam laut yang cantik. Terbentang dari timur hingga barat, barisan wisata pantai bisa menjadi pilihan. Di daerah kecamatan Teluknaga ada satu wisata yang menarik yaitu Pulau Cinta. Meski belum banyak terdengar namanya, namun tempat ini bisa menjadi alternatif wisata pilihan. Hal ini tak lepas karena tawaran pemandangan menawan pantai berpadu dengan hutan Mangrove.

Dengan konsep ekowisata, wisatawan dapat menyusuri keindahan hutan Mangrove yang ada di tempat ini. Di samping itu wisatawan bisa belajar banyak hal mengenai hutan Mangrove dan spesies satwa di dalamnya. Tak berhenti di situ, area pantainya pun juga sangat menawan dengan pasir putih halus. Berada di pantai utara Jawa membuat ombaknya tidak terlalu besar. Sehingga pulau ini aman untuk berbagai macam aktivitas air mulai dari berenang hingga keliling dengan perahu.

Harga Tiket Masuk Pulau Cinta

Untuk menikmati keindahan Pulau Cinta wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Dengan sekali bayar wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pantai sekaligus menyusuri hutan Mangrove. Akan ada biaya tambahan lagi apabila ingin berkeliling dengan perahu.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp20.000
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: PADI-PADI Tangerang Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Pulau Cinta

Wisatawan tidak perlu bingung untuk menentukan waktu berkunjung. Karena tempat wisata ini buka setiap hari. Selain itu jam operasionalnya juga panjang mulai dari pagi hingga petang.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 18.00 WIB

Wisata Pantai Dengan Pesona Konservasi Mangrove

Kawasan pantai dengan hamparan hutan mangrove
Di tempat ini wisatawan akan disuguhi pemandangan pantai yang bersih dan hutan mengrove yang begitu luas. Foto: Gmaps/Loment 340

Meski bernama Pulau Cinta, namun sejatinya tempat ini bukanlah sebuah pulau. Kawasannya masih tergabung dengan Pulau Jawa dan berada di pesisir utara Tangerang. Letaknya berada di sebuah desa yang cukup jauh dari jalan utama. Sehingga suasana asri masih sangat terasa selama berada di sini. Hamparan pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang akan menyambut wisatawan yang datang.

Daya tarik utamanya adalah hutan Bakau yang sangat luas dan lebat. Tidak mengherankan karena kawasan wisata ini merupakan area konservasi untuk tumbuhan Mangrove. Menariknya lagi di tengah hutan Mangrove ada sebuah kolam pancing. Kolam tersebut memiliki luas kurang lebih satu hektar. Di sekeliling kolam ada saung-saung yang menyediakan aneka olahan makanan laut.

Baca: DX Water Park Tangerang Tiket & 5 Wahana Top

Bermain Air di Pulau Cinta

Pantai dengan ombak yang tenang
Bibir pantai yang landai dan ombak tenang menjadi perpaduan yang pas untuk bermain air. Foto: Gmaps/Sopian Pian

Berkunjung ke daerah pantai tak lengkap rasanya jika tidak bermain-main dengan air dan ombaknya. Begitu pula di Pulau Cinta, aktivitas favorit wisatawan adalah bermain air di bibir pantai. Berada di pesisir laut utara ombak lautnya relatif tenang. Selain itu bibir pantainya juga landai dengan permukaan berpasir halus. Hal itu membuat aktivitas bermain air menjadi aman dan nyaman untuk segala usia.

Untuk menambah kenyamanan di sekitar pantai sudah sudah tersedia tempat penyewaan ban dan pelampung. Bagi yang mengajak si kecil bisa menggunakan ban atau pelampung agar lebih aman ketika bermain air.

Baca: TAMAN PRESTASI Pilihan Wisata Murah di Tangerang

Menyusuri Kawasan Hutan Mangrove

Kawasan Pulau Cinta ini juga merupakan area konservasi tumbuhan Bakau untuk mencegah abrasi. Maka dari itu pemandangan hamparan Mangrove akan terlihat mendominasi. Wisatawan bisa berkeliling dan melihat dari dekat keindahan kawasan Mangrove ini. Untuk berjalan-jalan sudah tersedia jembatan kayu yang membelah area hutan. Ketika memasuki area hutan suasana syahdu akan sangat terasa karena di kanan kiri hanya terlihat tanaman Mangrove.

Melihat ke bawah air wisatawan bisa bertemu dengan aneka kehidupan di bawah akar-akarnya. Ikan-ikan kecil, kepiting hingga udang besar biasa menyembul di permukaan air. Selain itu suara burung yang hidup di kawasan hutan menambah kesan alaminya. Burung-burung bangau sesekali akan terlihat bertengger di pucuk-pucuk pohon Mangrove.

Baca: WISATA MANGROVE Jakarta Tiket & Aktivitas

Berkeliling Dengan Perahu  Atau Kano

Wahana kano yang ada di pulau cinta
Tersedia berbagai pilihan cara untuk berkeliling hutan mengrove di tempat ini, salah satunya menggunakan kano. Foto: Gmaps/Ahmad Supriyatno

Yang menarik ada juga cara lain untuk menyusuri area hutan Bakau, yaitu dengan menggunakan Kano. Wisatawan dapat melihat keindahan hamparan Mangrove dari area perairan di tepi pantai. Air yang tenang dengan pepohonan tinggi di kanan kiri memberikan nuansa yang unik. Selain menyusuri area hutan, wisatawan juga bisa berkeliling ke tengah laut dengan perahu kelotok. Pulau Cinta dengan hutan Bakaunya terlihat sangat eksotis jika dilihat dari tengah laut.

Baca: PULAU CANGKIR Tiket, Lokasi & Daya Tarik

Ada Kolam Pemancingan

Kolam pemancingan di Pulau Cinta
Yang menarik wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancing di kolam yang tersedia. Foto: Gmaps/Izoels Haq

Di tempat wisata ini juga terdapat kolam pemancingan yang besar. Uniknya kolam tersebut berada di tengah-tengah hutan Bakau. Maka dari itu suasana di sekitar kolam pancing sangat asri. Bagi penggemar aktivitas memancing, wajib untuk mencoba sensasi memancing di kolam ini.

Nikmati Aneka Olahan Seafood

Kolam pemancingan ini dikelilingi oleh 12 saung yang terbuat dari bambu. Saung ini adalah bagian dari tempat makan yang ada di Pulau Cinta. Di sini wisatawan bisa menikmati aneka olahan hidangan laut. Berbagai ikan laut, udang, kepiting, hingga cumi semua bisa ditemukan di tempat ini. Melahap nikmatnya seafodd ditemani hamparan hutan mangrove memberikan pengalaman yang berbeda.

Berbelanja Oleh-Oleh

Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di tempat ini banyak kios-kios yang menjual aneka makanan olahan hasil laut. Selain itu ada juga ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Wisatawan bisa membeli dengan harga yang lebih murah karena tanpa perantara.

Fasilitas Pulau Cinta

Meski belum terlalu populer namun tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, gazebo dan bangku taman di tepi pantai, warung kuliner hingga mushola.

Lokasi Pulau Cinta

Tempat ini beralamat di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Akses menuju tempat ini sudah bagus. Hanya saja jalannya tidak terlalu lebar karena kawasan pedesaan.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini