Beranda Tiket Wisata

GEOPARK GUNUNG SEWU Tiket & Daya Tarik - Mei 2022

0
Geopark Gunung SewuHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55862

Gunung Kidul yang berada di selatan Yogyakarta terkenal dengan alamnya yang indah. Selain pantai dan air terjun, daerah ini juga memiliki barisan bukit dan pegunungan. Salah satu gunung yang sangat terkenal akan keindahannya adalah Geopark Gunung Sewu. Letaknya sangat strategis karena gunung ini berlokasi di jalan utama perbatasan Gunung Kidul-Wonogiri-Pacitan.

Meski namanya gunung, tempat ini lebih mirip seperti bukit karena tidak terlalu tinggi. Keunikannya gunung ini tersusun dari batuan gamping dengan lekukannya yang cantik. Selain sebagai wisata alam, tempat ini juga menjadi wisata edukasi. Hal itu karena sudah dikukuhkan sebagai Geopark oleh UNESCO Global. Sehingga beragam penelitian kerap berlangsung di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Geopark Gunung Sewu

Untuk menikmati keindahan di Geopark Gunung Sewu wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk sangat murah. Dengan harga yang terjangkau wisatawan bisa menikmati segala keunikan yang ada.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000

Baca: DE MANGOL Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Geopark Gunung Sewu

Kawasan Geopark Gunung Sewu selalu buka selama 24 jam. Namun untuk area Tourist Information Center (TIC) buka saat jam kantor saja. Tourist Information Center (TIC) adalah ruang untuk belajar mengenai seluk beluk Gunung Sewu.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Barisan Pegunungan Karst Yang Jadi Warisan Dunia

Hijaunya kawasan Gunung Sewu
Gunung ini terbentuk dari batuan karst yang prosesnya terjadi jutaan tahun lalu. Foto: Gmaps/Agape Exalta

Sebenarnya Gunung Sewu tidak hanya berada di satu tempat. Namun membentang di wilayah Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan. Total 40 ribu perbukitan karst yang masuk ke dalam rangkaian Gunung Sewu. Hal inilah yang mendasari nama Gunung Sewu yang artinya adalah ‘seribu gunung’. Secara keseluruhan gunung ini memiliki luas mencapai 1.802 Km persegi.

Memiliki keindahan luar biasa dan kaya dengan flora fauna menjadi daya tarik utama. Tak heran jika UNESCO menetapkannya sebagai warisan dunia. Kepastian tersebut didapat dalam konferensi Asia Pasifik Geopark Global Network di Jepang pada tahun 2015. Setelah itu kawasan gunung semakin terkelola baik dan menjadi wisata unggulan. Salah satunya adalah adanya ruang TIC yang menjadi pusat mempelajari segala hal tentang Gunung Sewu.

Baca: PANTAI SIUNG Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Bentukan Jutaan Tahun

Menurut penelitian kawasan gunung ini sudah ada sejak 2 juta tahun yang lalu. Terbukti dengan banyaknya fosil hewan laut di kawasan Geopark. Dengan perkiraan dulunya gunung ini berada di dalam laut dengan kedalaman kurang lebih 40 meter. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari geopark.

Patahan dan retakan dari gunung ini terbentuk alami lewat proses ribuan tahun. Hal itu menciptakan keindahan sebuah ukiran alam. Kawasan gunung ini juga memiliki gua yang jumlahnya lebih dari 100 dengan stalagmit dan stalaktit yang eksotis. Yang menarik lagi gunung ini juga memiliki nilai historis yang tinggi.

Banyak ditemukan petilasan yang kemungkinan berasal dari kerajaan Majapahit dan Kesultanan Mataram. Sehingga selain untuk wisata alam maupun edukasi, Geopark Gunung Sewu juga bisa menjadi wisata sejarah.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Wisata Edukasi di Tourist Information Center (TIC)

Koleksi batuan di ruang TIC Gunung Sewu
Di dalam ruang pusat informasi wisatawan bisa melihat aneka batuan unik yang di kawasan gunung. Foto: Gmaps/Zahrotul Muhajidah

Untuk mempelajari berbagai hal tentang Gunung Sewu tersedia ruangan pusat informasi. Dalam ruangan berukuran 10×10 meter ini wisatawan bisa mencari tahu apa saja tentang warisan alam luar biasa ini. Di dalamnya terdapat gambar-gambar Gunung Sewu di setiap sisi lengkap dengan penjelasannya. Terdapat pula foto-foto penelitian yang dilakukan dari waktu ke waktu.

Tak hanya dari foto, tersedia juga layar besar dengan teknologi touchscreen. Dari layar tersebut terdapat berbagai informasi menarik. Mulai dari bentang alam pegunungan, kandungan air, flora fauna dan beragam pengetahuan lainnya.

Beragam fenomena geologi yang pernah terjadi dan fosil benda-benda lautan juga terpajang di ruang TIC. Setidaknya terpajang 20 jenis batuan Gunung Sewu. Jumlah tersebut belum mencakup keseluruhan dari yang ada di gunung ini. Hingga kini masih terus dilakukan penelusuran untuk menemukan batuan unik lain di kawasan gunung. Dengan beragam hal menarik di dalamnya membuat wisatawan akan merasa betah.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Bentang Alam Mengagumkan

Pemandangan dari puncak Gunung Sewu
Dari puncaknya wisatawan bisa menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Foto: Gmaps/Rose Kim

Sebagai kawasan yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia, keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan akan terkagum-kagum dengan lanskapnya. Batuan berusia jutaan tahun dengan ukiran terbentuk alami sangat memanjakan mata.

Selain itu jika ingin melihat bentang alam dari ketinggian bisa sedikit mendaki. Pendakian akan melewati Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan gunung api purba tersebut tidak jauh dari TIC. Puncaknya memang tak begitu tinggi, cukup mendaki selama kurang lebih satu jam saja. Dari atas puncak akan terlihat jelas rangkaian Gunung Sewu yang memanjang. Pemandangan hijau dengan angin yang berhembus sangat menyejukkan jiwa.

Di bawah gunung api purba terdapat juga sebuah air terjun. Tempat tersebut bernama Air Terjun Kedung Kandang. Namun air terjun tersebut hanya tampak cantik ketika musim hujan saja. Sebab ketika kemarau air tidak mengalir.

Baca: GUNUNG BUDHEG Tiket & Daya Tarik

Fasilitas Geopark Gunung Sewu

Kawasan wisata Gunung Sewu ini memiliki sarana dan prasarana yang sangat lengkap. Tersedia area parkir luas, toilet, mushola, pusat kuliner, ruang informasi serta akses yang baik. Sebagai wisata berstandar internasional fasilitas di tempat ini sangat terawat dan terjaga.

Lokasi Geopark Gunung Sewu

Tempat wisata ini beralamat di Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak sekitar 17 Km dari pusat kota Yogyakarta dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit berkendara.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 20

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini