Beranda Tiket Wisata

Taman Fathan Alesano Bogor Kuliner Asik Panorama Gn. Salak September 2021

Taman Fathan AlesanoHarga Tiket: Rp5.000 - Rp18.000Jam Buka: 11.00 - 20.00No Telp: 083811299939Alamat: Cijeruk, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16740

Nama Taman Fathan Alesano tentu akan terdengar familiar bagi warga Bogor dan sekitarnya. Kafe dengan spot foto di kawasan Bukit Alesano ini baru saja dibuka Desember 2020 lalu. Tempat wisata ini masih ‘saudara’ dengan Taman Fathan Hambalang yang berada di Citeureup.

Suasana yang ditawarkan di kedua tempat ini tidak jauh berbeda. Kafe yang bertetangga dengan Bukit Alesano campground ini berada di kawasan kaki Gunung Salak. Daya tarik utamanya apalagi kalau bukan panorama alam Bogor yang menawan.

Tiket Masuk Taman Fathan Alesano

Mengunjungi Taman Fathan Alesano tidak membutuhkan biaya mahal. Cukup siapkan 5 ribu rupiah untuk tiket masuknya. Kisaran harga menu makanan dan minumannya pun tidak ada yang lebih dari 20 ribu rupiah.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp5.000/orang
Harga MakananRp5.000 – Rp18.000
Harga MinumanRp5.000 – Rp7.000
ParkirRp5.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Sedangkan untuk jam operasional mulai dari pagi hingga malam hari. Direkomendasikan untuk berkunjung ketika menjelang malam hari. Selain menghindari terik matahari, pemandangannya pun tidak begitu ciamik.

Jam Operasional
Senin-Jumat11.00 – 20.00 WIB
Sabtu-Minggu09.00 – 20.00 WIB

Nongkrong di Taman Fathan Alesano

Taman Fathan Alesano, Cijeruk, Bogor
Lanskap area wisata Taman Fathan Alesano yang terletak di Cijeruk, Bogor – Foto: Google Maps/Taman Fathan Alesano

Sudah pernah nongkrong di Taman Fathan Hambalang yang ada di Citeureup, Bogor? Tentu ingat bagaimana serunya suasana di sana. Kafe yang menyediakan tempat nongkrong dengan pemandangan Gunung Gede-Pangrango. Jangan lupa dengan menu makanannya yang murah-meriah dan enak.

Masih 11-12, kafe ini menyajikan pemandangan Gunung Gede-Pangrango dan Kota Bogor. Sama-sama cantik dan romantis baik siang maupun malam hari. Apalagi diabadikan sebagai latar foto untuk stok pajangan di media sosial.

Baca Juga: BUKIT ALESANO: Tiket & Aktivitas

Santai Menikmati Gunung Salak

Suasana ketika udara berkabut di Taman Fathan Alesano
Pilih tempat duduk favorit yang nyaman dengan pemandangan terbaik – Foto: Google Maps/dokter yandera

Kawasan Taman Fathan Alesano berada tak jauh dari tempat wisata Bukit Alesano. Lokasinya berada di dataran tinggi kaki Gunung Salak. Tidak heran jika udara yang menyelimuti pun sangat sejuk. Bahkan seringkali kafe wisata ini berselimut kabut tipis dengan suhu udara dingin usai hujan.

Jika butuh mencari udara segar, bisa coba sambangi kafe satu ini. Tapi jangan salah, meski berada di dataran tinggi tapi bukan berarti bebas panas terik. Karena lahannya terbuka dan minim pohon, tempat ini kurang nyaman pada saat siang bolong. Pastikan cuaca berawan dan teduh jika ingin kemari siang-siang, ya.

Pemandangan yang hadir menyambut pengunjung adalah panorama Gunung Gede-Pangrango. Gunung megah ini bisa terlihat jika kondisi cuaca cerah dan bersih dari kabut awan. Selain itu, semburat cahaya lampu Kota Bogor jadi penghias di malam hari.

Baca Juga: PARADESA PARK Cibinong Bisa Ngafe Sambil Berenang

Area Cafe di Perbukitan

Malam hari di Taman Fathan Alesano
Romantisnya area cafe di malam hari – Foto: Google Maps/Taman Fathan Alesano

Seperti di Hambalang, cafe di sini juga berdiri di area lembah. Sehingga, area duduk pun berkonsep terasering yang bertingkat-tingkat. Dengan dekorasi lampu hias yang membuat suasana lebih romantis menjelang malam hari. Ditambah dengan hamparan city lights Bogor, acara malam Minggu pasti semakin hangat.

Hampir seluruh tempat duduk berada di udara terbuka tanpa atap pelindung. Tapi, tersedia juga gazebo yang nyaman pada saat siang maupun ketika hujan. Bagi yang menghindari tempat terbuka, bisa juga memilih dekat area pesan makanan. Ada beberapa tempat duduk untuk dua hingga empat orang di sini.

Di area paling bawah, terdapat spot foto unik yang sayang jika terlewat. Spot ini beberapa gardu pandang melayang. Setiap gardu terhubung dengan jembatan kayu. Desainnya yang cantik membuat spot ini semakin melengkapi kegiatan selfie ria di sini.

Baca Juga: CIMORY DAIRYLAND Puncak Tiket & Wahana

Taman Hewan Ternak

Pengunjung anak-anak memberi makan kambing di TAman Fathan Alesano
Berinteraksi dengan hewan-hewan ternak lucu dan jinak – Foto: Google Maps/Andi Nugroho

Satu hal yang membedakan cabang Alesano dengan Hambalang adalah adanya taman hewan. Melewati area loket dan pintu masuk, pengunjung akan disambut beberapa kandang hewan ternak. Setiap kandang dibuat terbuka dengan batas pagar rendah agar pengunjung bisa berinteraksi dengan mudah. Pengunjung juga boleh masuk ke kandang dengan syarat tidak boleh mengganggu hewan-hewan tersebut.

Hewan yang ada yaitu kambing, kalkun, ayam, dan burung. Semuanya jinak dan terpelihara dengan baik, lho. Area ini jadi favorit bagi pengunjung terutama dari kalangan anak-anak. Sambil menunggu pesanan, anak-anak bisa diajak berinteraksi melalui kegiatan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Baca Juga: CIMORY RIVERSIDE Puncak Bogor Tiket & Aktivitas

Menu Taman Fathan Alesano Yang Ramah di Kantong

Nongkrong di kaki Gunung Salak
Tempat nongkrong adem dan murah-meriah dengan pemandangan mempesona – Foto: Google Maps/Puji Suprayitno

Keunggulan Taman Fathan sebagai tempat nongkrong di Bogor yaitu harga menu yang disajikan. Harga yang ditawarkan dijamin tidak menguras isi dompet. Menunya pun tidak asing, misalnya nasi ayam geprek dan gado-gado. Aneka gorengan hingga mie instan khas warkop pun ada.

Bicara soal nongkrong, tentu tidak lepas dari ngopi. Pengunjung bisa memesan aneka minuman seperti kopi dan soda. Meski sederhana, tapi pemandangan alam yang menyertai membuat rasanya lebih istimewa, kan?

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Taman Fathan Alesano yaitu area parkir, toilet, dan musala. Sedangkan untuk fasilitas utamanya adalah kafe, taman hewan ternak, dan spot foto. Sayangnya lokasi yang berundak membuat tempat ini memiliki banyak tangga. Akan cukup menyulitkan mobilitas pengguna kursi roda atau stroller.

Lokasi Taman Fathan Alesano

Tempat wisata Taman Fathan Alesano berlokasi di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Bisa ditempuh dari Bogor ke arah Cijeruk melalui Jalan Raya Cihideung, kemudian belok ke Jalan Pasir Pogor Raya. Lokasinya tepat sebelum campground Bukit Alesano. Jalannya cukup mulus meski sempit dan didominasi tanjakan.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini