Beranda Tiket Wisata

BUKIT ALAS BANDAWASA Tiket & Area Berkemah Seru Oktober 2021

Bukit Alas BandawasaHarga Tiket: Rp5.000 - Rp20.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Pasir Jaya, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16110

Bukit Alas Bandawasa adalah area berkemah di kaki Gunung Salak, Bogor. Objek wisata ini menempati sebuah bukit yang menyajikan pemandangan Gunung Gede-Pangrango nan eksotis.

Lokasinya tidak sulit karena akses jalan yang baik. Fasilitas pendukungnya pun sangat lengkap dan menambah kenyamanan kegiatan berkemah. Sebuah alternatif destinasi camping yang sempurna di Bogor, selain di Bukit Alesano atau Lingkung Gunung.

Harga Tiket Masuk Bukit Alas Bandawasa

Untuk tiket masuk, Bukit Alas Bandawasa memberlakukan tarif yang cukup terjangkau. Pengunjung yang tidak berkemah hanya dikenai biaya 5 ribu rupiah. Sementara tiket bagi wisatawan yang hendak berkemah sebesar 20 ribu rupiah. Kedua tarif ini belum termasuk dengan biaya parkir.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp5.000/orang
Tiket CampingRp20.000/orang
ParkirRp5.000 – Rp10.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Sebagai area berkemah, Bukit Alas Bandawasa selalu terbuka setiap hari. Jam operasional berlaku selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Berkemah di Bukit Alas Bandawasa

City lights di malam hari
hamparan lampu kota di malam hari yang cantik tampak dari lokasi Bukit Alas Bandawasa – Foto: Gmap/Em Yopik Rifai

Kegiatan berkemah selalu jadi pilihan menarik untuk rekreasi bagi banyak orang. Terlebih jika kegiatan ini dilaksanakan bersama keluarga atau teman-teman. Tidak perlu jauh-jauh membayangkan suasana berkemah di puncak gunung atau di dalam hutan. Camping sederhana di bukit saja sudah bisa membawa keceriaan.

Di Bogor, tak terhitung banyaknya lokasi perkemahan untuk wisata. Daerah ini memang menawarkan banyak pesona alam yang menarik untuk dinikmati melalui camping. Apalagi Bogor memiliki sejumlah gunung dan bukit.

Kawasan seperti ini selalu menjadi pilihan terbaik untuk menggelar acara camping ceria. Seperti yang ada di Bukit Alas Bandawasa di Kecamatan Cigombong. Tepat di kaki Gunung Salak, objek wisata ini menghadirkan area berkemah yang nyaman.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi selalu diselimuti udara segar. Ditambah dengan panorama Bogor dan Gunung Gede-Pangrango yang terhampar semakin memanjakan mata. Tanpa perlu jauh-jauh pergi dari kota, wisatawan bisa mendapatkan suasana alam yang asri.

Kaki Gunung Salak

Bukit Alas Bandawasa
Suasana berkemah di kawasan perbukitan yang berada di kaki Gunung Salak – Foto: Gmap/Camping ground bukit alas bandawasa

Bukit Alas Bandawasa adalah objek wisata yang usianya baru seumur jagung. Meski masih baru, namun namanya sudah mengundang perhatian banyak pecinta wisata. Foto-foto suasana alam sekitarnya yang memukau berhasil menarik wisatawan. Berbondong-bondong pengunjung datang untuk berkemah atau sekadar berburu foto.

Lokasinya berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Berjarak sekitar 30 kilometer saja ke arah selatan Kota Bogor. Bisa dijangkau dengan kendaraan mobil atau motor.

Medan jalan menuju lokasi terbilang cukup menanjak. Jalannya agak sempit meski cukup untuk dua mobil berukuran kecil. Meski sudah beralas beton, namun kemiringannya bisa membuat tipe city-car kewalahan. Jadi, pastikan menggunakan kendaraan dalam kondisi baik ya.

Jika jalan lancar, tak sampai 1 jam untuk mencapai objek wisata ini dari Kota Bogor. Lokasinya yang dekat dari kota-kota besar sangat strategis untuk berakhir pekan. Rute jalannya pun tidak terlalu sulit selain jalan yang menanjak.

Arena Berkemah Ceria

Menunggu sunrise
Suasana pagi hari – Foto: Gmap/ Em Yopik Rifai

Bukit Alas Bandawasa merupakan lahan luas yang berada di puncak bukit. Bukit ini masih menjadi bagian dari kawasan kaki Gunung Salak. Lokasinya menghadap ke arah dataran Bogor dan Gunung Gede-Pangrango.

Lahan ini berkontur landai dan berundak. Sehingga wisatawan bisa mendirikan tenda dengan nyaman di sini. Areanya pun sangat luas dan cukup untuk lebih dari 30 tenda. Tidak hanya cocok untuk acara camping keluarga, tetapi juga kegiatan rombongan dalam jumlah besar.

Meski berada di atas bukit, fasilitas penunjang sudah tersedia dengan lengkap. Mulai dari toilet, kamar mandi, musala, hingga warung makanan. Objek wisata ini juga membuka penyewaan perlengkapan untuk berkemah. Tempat ini bisa jadi opsi untuk mengenalkan anak-anak pada kegiatan berkemah.

Panorama Alam

Lautan awan di kaki Gunung Salak
Lautan awan menyelimuti kaki Gunung Gede tampak dari area bumi perkemahan ini – Foto: Gmap/FRS Chanell

Daya tarik utama yang ditawarkan Bukit Alas Bandawasa adalah panorama alam sekitarnya. Lanskap Gunung Gede-Pangrango tersaji dengan sempurna di hadapan area berkemah ini. Pemandangan ini tidak pernah membosankan untuk dinikmati kapan saja.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Wisatawan bisa dengan leluasa melihat pemandangan ini dari bukit ini. Biasanya ditambah dengan lautan awan yang menutupi dataran Kabupaten Bogor di bawahnya.

Menjelang malam, langit senja yang cantik akan menghiasi kawasan ini. Wisatawan memang tidak bisa menyaksikan sunset dengan sempurna di sini. Bukit ini menghadap ke arah timur sehingga lebih pas untuk berburu sunrise.

Namun, ada pesona lain yang hanya bisa terlihat di malam hari. Cantiknya hamparan lampu dari kawasan permukiman akan menambah kehangatan di sini. Gemerlap city lights tampak menghiasi kaki Gunung Gede-Pangrango. Menghadirkan nuansa hangat dan romantis yang takkan terlupakan.

Lahan Berburu Foto

Mengelilingi api unggun
Lokasi camping ceria untuk semua kalangan usia – Foto: Gmap/Firman Ghozali

Wisatawan yang tidak berkemah juga tetap bisa menikmati rekreasi alam di sini. Bukit Alas Bandawasa tidak terbatas hanya bagi pelancong yang ingin berkemah. Objek wisata ini juga terbuka untuk berburu foto.

Panorama alamnya yang menawan adalah buruan bagi para penggemar fotografi. Tidak sedikit juga wisatawan yang datang hanya untuk mencari latar selfie terbaik. Beberapa spot seperti gardu pandang disediakan untuk kegiatan ini. Pengunjung tidak akan kesulitan mencari spot Instagrammable di sini.

Fasilitas Bukit Alas Bandawasa

Fasilitas yang tersedia di bumi perkemahan Bukit Alas Bandawasa sangat lengkap dan memadai. Terdapat area parkir yang luas, toilet, musala, dan warung makan. Tempat ini juga menyediakan penyewaan peralatan camping seperti tenda, tikar, dan lain-lain.

Lokasi Bukit Alas Bandawasa

Area bumi perkemahan ini terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Lokasinya hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Rute dari Kota Bogor menuju selatan ke arah Bogor Mini Zoo. Melalui Jalan Raya Cijeruk, kemudian belok ke arah barat dan lurus terus ke atas.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 4

Kasi Bintang

1 KOMENTAR

  1. Mohon izin gan maaf mau tanya. Ada info semenjak pandemi bukit alas ditutup. Sekarang sudah buka atau belum ya? Mohon infonya tks 🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini