Beranda Tiket Wisata

Taman Tirto Agung Tiket Gratis Beragam Aktivitas September 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Tirto Agung : -Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Tirto Agung No 77, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50268

Taman kota termasuk salah satu dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memang tersedia untuk umum. Taman kota memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu luang atau saat liburan. Seperti halnya salah satu taman kota yang ada di Semarang yaitu Taman Tirto Agung.

Selain sebagai sarana penghijauan kota, taman ini juga menjadi sarana bermain untuk masyarakat. Di tempat ini menyediakan beragam fasilitas yang dibutuhkan oleh semua kalangan, baik itu olahraga, hiburan anak, kuliner hingga tempat nongkrong. Tak heran jika taman ini ramai kunjungan masyarakat Semarang, apalagi saat akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Taman Tirto

Taman Tirto Agung merupakan taman kota yang terbuka untuk umum. Jadi, siapa saja boleh datang ke taman ini. Sebagai sarana sosial dan komunikasi masyarakat, taman ini dibuka secara gratis. Tidak ada biaya sedikit pun untuk masuk ke taman ini.

Harga Tiket
Setiap HariGratis
Wahana PermainanRp10.000

Baca: SALOKA PARK Harga Tiket & 7 Wahana Seru

Jam Buka Taman Tirto Agung

Karena merupakan taman kota maka taman ini buka setiap hari. Terutama hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional, area taman selalu ramai pengunjung yang datang untuk tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin bersantai, berjalan-jalan, joging, piknik dengan keluarga hingga sekedar foto saja. Tidak ada larangan datang di jam berapa, namun biasanya taman ini ramai pengunjung pada sore hari menjelang malam.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Taman Tirto Agung

Taman Tirto Agung merupakan ruang terbuka hijau yang berada di Kota Semarang. Secara khusus, taman ini memiliki daya tarik yang khas sehingga pengunjung banyak yang datang ke sini, baik itu suasananya maupun sarana yang disediakan di taman ini.

Sarana Bermain Anak-anak

Permainan mobil remot di Taman Tirto Agung
Mobil remot kontrol termasuk salah satu permainan yang ada di sekitar taman. Foto: Google Maps/Ighfirliya Saidah Saddad

Taman Kota di mana pun berada pasti memiliki arena bermain. Tidak terkecuali Taman Tirto Agung. Di sekitar taman tersedia berbagai arena permainan, baik itu yang gratis maupun berbayar. Sarana permainan yang ada di Taman Tirto Agung kebanyakan untuk anak-anak kecil. Hal inilah yang membuat banyak keluarga datang ke tempat ini untuk menyenangkan hati sang anak.

Beberapa sarana permainan yang ada di taman ini seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga papan seluncur. Permainan-permainan itu dimainkan secara gratis. Adapun permainan yang berbayar seperti mobil-mobilan remot, mancing ikan, odong-odong, melukis, capit bola, istana balon hingga mandi bola.

Biasanya sarana permainan ini ramai pada saat sore hari, apalagi saat malam minggu. Tetapi, hari biasa pun juga ramai. Di samping itu, banyak pedagang yang menjual mainan, minuman dan makanan dengan harga murah. Biasanya, taman ini terdapat pertunjukan musik atau grup angklung yang hanya ada pada saat malam minggu.

Baca: DUSUN SEMILIR Tiket Masuk & 5 Wahana Seru

Ada Latihan Panjat Tebing Di Waktu Tertentu

Arena panjat tebing di Taman Tirto Agung
Pengunjung bisa bermain atau berlatih panjat tebing. Foto: Google Maps/Ade Imas

Selain arena bermain, pengunjung bisa melihat aktivitas orang-orang yang sedang latihan panjat tebing. Wall Climbing atau panjat tebing ini merupakan salah satu keunggulan Taman Tirto Agung.

Taman ini memiliki tiga tembok untuk panjat tebing. Satu untuk anak-anak dan dua untuk orang dewasa. Perbedaannya dari warna dan ketinggian. Untuk anak-anak, arena panjat tebing berwarna oranye yang ada di pinggir kanan dengan tempat pegangan yang rendah. Sedangkan untuk dewasa berwarna hitam (tengah dan pinggir kiri) dengan ketinggian yang sama.

Lokasi panjat tebing ini terletak di bagian belakang taman. Meskipun demikian, pengunjung tetap bisa melihat karena warna dari dinding itu cukup cerah dan mencolok. Biasanya latihan panjat tebing di taman ini setiap hari Selasa dan Sabtu sore. Latihan panjat tebing ini aman karena ada pelatih yang berpengalaman.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Memiliki Sarana Untuk Berolahraga

Orang-orang senam di Taman Tirta Agung
Area taman sering menjadi tempat untuk kegiatan senam pagi. Foto: Google Maps/Wakhid Santoso

Taman Tirto Agung menjadi ruang publik yang di dalamnya terjadi interaksi sosial. Pengunjung yang datang ke taman ini pastinya dengan tujuan yang berbeda-beda. Salah satunya berolahraga.

Selain untuk bermain, di taman ini juga tersedia sarana untuk berolahraga seperti lapangan tenis meja, lapangan bola voli, arena untuk bersepeda, hingga jalur untuk joging. Sarana ini bisa untuk semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Biasanya taman ini sering berlangsung kegiatan senam pagi bagi komunitas. Tempatnya di lapangan tenis. Pemandangan ibu-ibu komunitas yang sedang melakukan senam tersebut hanya ada di hari minggu pagi.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

Ada Perpustakaan Jalanan

Sarana ini mungkin tidak ada di taman lainnya karena hanya ada di Taman Tirto Agung. Selain untuk bermain dan berolahraga, taman ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya perpustakaan jalanan. Perpustakaan yang dikenal dengan nama Gerobak Batia ini hanya ada di hari Minggu pagi.

Perpustakaan ini menyediakan beragam buku semua usia. Namun, sasaran utama adanya sarana ini adalah anak-anak. Tujuan adanya perpustakaan jalanan ini sebagai alat untuk mengenalkan anak terhadap budaya membaca. Sarana ini bisa dinikmati masyarakat secara gratis, tanpa ada biaya.

Fasilitas

Sebagai tempat umum, Taman Tirto Agung juga menyediakan fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas tersebut seperti kamar mandi, tempat makan, tempat duduk, tempat cuci tangan dan parkir. Namun fasilitas parkir untuk mobil masih belum maksimal.

Alamat Taman Tirto Agung

Taman kota ini merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau yang berada di Semarang. Taman ini ramai dikunjungi oleh masyarakat karena letaknya yang cukup strategis yaitu dekat dengan pintu keluar Tol Tembalang-Ungaran. Lokasi taman ini tepatnya di Jalan Tirto Agung No 77, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 37

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini