Beranda Tiket Wisata

Kawah Candradimuka Tiket Murah Pemandangan Indah - Mei 2022

0
Kawah CandradimukaHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53456

Kawah Candradimuka adalah salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Merupakan satu dari sekian banyak kawah yang masih aktif di Dataran Tinggi Dieng. Meski namanya belum seterkenal Kawah Sikidang, namun tempat ini punya pesona tersendiri. Keunikan dari Kawah Candradimuka adalah warnanya yang sering berubah-ubah. Kadang terlihat berwarna biru, kemudian berubah abu-abu, terkadang juga bisa berwarna putih. Pemandangan di area sekitar kawah pun juga cantik berupa tebing-tebing tinggi.

Di sini wisatawan juga bisa melihat dari dekat lubang Kawah Candradimuka. Bagi para pecinta petualangan, tempat wisata ini akan memberikan kepuasan tersendiri. Karena jalur trekking menuju ke lubang kawah cukup menantang dengan batu-batuan besar. Jika naik ke atas tebing wisatawan dapat menikmati hamparan perbukitan hijau yang memanjakan mata. Jika sedang berada di Banjarnegara, khususnya daerah Dieng, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Candradimuka

Untuk menikmati keindahan panorama alam di Kawah Candradimuka, wisatawan  perlu membayar biaya masuk yang sangat murah. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan atau hari libur. Dengan harga yang terjangkau wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. 

Harga Tiket Masuk Kawah Candradimuka
Tiket masukRp5.000

Baca: BUKIT SIKUNIR Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kawah Candradimuka

Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun datanglah ketika kondisi cuaca sedang cerah. Ketika hujan jalur menuju kawah akan berbahaya karena licin. Selain itu pemandangan pun tidak akan begitu terlihat jika hujan.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Pesona Kawah Candradrimuka Berbalut Cerita Legenda

Kawah dengan sumber mata air
Pemandangan uap dari kawah menyelimuti area perbukitan. Foto: Gmaps/Seiji ITO

Selain memiliki keindahan yang luar biasa, tempat wisata ini juga kental dengan balutan cerita legenda. Dalam kisah pewayangan, Kawah Candradimuka adalah tempat di mana Gatotkaca mendapat tempaan dan akhirnya mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Kawah yang berada di tempat tersebut bukanlah dari gunung berapi. Semua lubang-lubang yang ada adalah hasil rekahan tanah yang secara aktif menghasilkan solfatara dan  memiliki suhu panas yang luar biasa.

Di tempat ini ada 3 sumber air panas yang menurut kepercayaan memiliki beragam khasiat. Uniknya lagi juga ada sumber mata air yang segar dan bisa langsung diminum oleh wisatawan. Bagi penggemar wisata petualangan, tempat ini bisa menjadi pilihan menarik. Sensasi ketika turun ke lubang kawah dengan trek batuan memberikan pengalaman yang luar biasa. Selain ramai wisatawan, obyek wisata Kawah Candradimuka juga kerap mendapat kunjungan para peziarah.

Baca: TELAGA MENJER Dieng : Tiket & Pesona

Turun ke Lubang Kawah

Trek menuju lubang kawah
Wisatawan bisa turun mendekat ke lubang kawah dengan trek yang cukup menantang. Foto: Gmaps/Robi Yanto

Aktivitas favorit wisatawan di tempat ini yaitu mendekat ke lubang kawah. Untuk turun menuju ke lubang kawah harus melewati trek berupa anak tangga dengan kemiringan yang cukup curam. Setelah anak tangga selesai, wisatawan harus melewati area batu-batuan besar yang tajam dan cukup licin. Pada saat melewatinya perlu ekstra hati-hati.

Perjuangan turun akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di sini. Tebing batuan di kanan kiri dengan asap yang mengepul di tengahnya memberikan sensasi yang luar biasa. Disarankan untuk mengenakan masker untuk melindungi dari  bau menyengat belerang.

Baca: Gardu Pandang Tieng Tiket & Aktivitas

Keindahan Dari Atas Perbukitan

perbukitan hijau di sekitar Kawah Candradimuka
Pemandangan dari atas dengan perbukitan hijau yang memanjakan mata. Foto: Gmaps/Galeri Gombloh dot com

Jika ragu untuk turun ke bawah, maka wisatawan juga bisa melihat Kawah Candradimuka dari atas tebing. Pesona dari atas pun juga tak kalah cantik. Asap yang menyembul keluar dari celah-celah bebatuan besar menjadi pesona yang sangat menakjubkan.

Selain itu jika dari atas juga terlihat barisan perbukitan di sekitar area wisata. Bukit-bukit hijau khas Dataran Tinggi Dieng pastinya sangat bisa memanjakan mata. 

Baca: TELAGA WARNA Dieng Tiket & Pesona

Berkunjung ke Sumber Air Panas

Sumber mata air panas di Kawah Candradimuka
Sumber air panas menjadi salah satu spot favorit. selain indah, airnya dipercaya memiliki banyak khasiat. Foto: Gmaps/Who is

Hal unik yang ada di obyek wisata ini adalah adanya sumber air panas yang berada di dekat kawah. Terdapat tiga sumber mata air panas yang konon memiliki beragam khasiat. Tak jarang para wisatawan mengambil air di tempat tersebut untuk obat segala penyakit. Namun harus juga berhati-hati jika berada di sumber air panas ini.

Jangan langsung buru-buru mencelupkan tangan atau membasuh muka dengan air ini. Hal itu karena air panas tersebut bisa mencapai suhu hingga 100 derajat Celsius.

Baca: SURYA YUDHA PARK Banjarnegara Tiket &Aktivitas

Rasakan Kesegaran Mata Air Kawah Candradimuka

Selain sumber air panas, di sini ini juga ada sumber mata air yang sangat menyegarkan. Membasuh muka dan meneguk airnya setelah berkeliling area kawah tentu sangat menyegarkan. Air yang jernih dan dingin khas pegunungan membuat diri ingin berlama-lama di sumber mata air tersebut. 

Nikmati Pemandangan Sekitar Dari Gardu Pandang

Di obyek wisata Kawah Candradimuka ini juga terdapat dua gardu pandang. Wisatawan bisa mencoba naik ke atas untuk melihat pemandangan perbukitan yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Ketika cuaca cerah panorama akan terlihat begitu luar biasa. Gunung Sindoro, Gunung Sumbing hingga Gunung Prau akan terlihat begitu jelas. Area perkebunan dan rumah-rumah warga pun menjadi pesona yang memanjakan mata.

Fasilitas di Kawah Candradimuka

Meski secara fasilitas masih minim, namun beberapa yang sudah tersedia mampu menunjang kebutuhan wisatawan. di tempat wisata ini tersedia area parkir, toilet, warung kuliner hingga mushola.

Lokasi Kawah Candradimuka

Tempat wisata ini beralamat di Desa Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Banjarnegara. Dari pusat kota ke Kawah Candradimuka berjarak sekitar 43 km dan dapat ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Karena berada di area pegunungan, akses menuju tempat ini jalannya berkelok-kelok dengan medan yang cukup curam.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 19

Berikan Rating