CURUG SUBANG: 7 Air Terjun Berpagar Teduhnya Hutan

Kesegaran aliran air dari ketinggian selalu mampu menyuguhkan nuansa tenang untuk melepas kepenatan. Itulah mengapa destinasi wisata air terjun selalu ramai diminati para wisatawan, terlebih lagi di Subang. Dengan banyak wilayah yang memiliki air terjun, Kota Nanas ini juga terkenal dengan sebutan ‘daerah dengan seribu air terjun’. Berikut daftar 7 destinasi wisata curug yang dapat menjadi referensi liburan di Subang:

1. Curug Cijalu Subang

Curug Cijalu Subang.
Curug Cijalu Subang. Foto: Instagram/asepya_

Curug Cijalu menyajikan air terjun yang melimpah dari tebing Gunung Sunda dengan tinggi setidaknya 70 meter. Lokasinya termasuk wilayah cagar alam Gunung Burangrang pada ketinggian 1.300 mdpl. Sementara dari dataran tinggi tersebut, destinasi ini turut menyajikan hamparan Kota Subang dan panorama Waduk Jatiluhur.

Wisata Curug Cijalu telah populer di kalangan wisatawan Subang pada khususnya sejak resmi buka pada tahun 1984. Akses jalur trekking-nya melalui perkebunan teh dan area dengan anak tangga. Selama perjalanan menuju Curug Cijalu, wisatawan akan melewati Curug Cibuntu atau Curug Putri.

Dengan suhu 18-26ยบ C, kawasan air terjun terasa menyegarkan dan teduh. Percikan airnya yang dapat dirasakan dari jauh turut menambah kesejukannya. Menikmati suasana alami lebih dekat, wisatawan dapat berkemah pada camping ground di dekat air terjun. Kawasan air terjun in juga telah dilengkapi Cijalu Resort dengan kolam renang, restoran hingga outbond.

Baca: AIR PANAS CIATER Subang Tiket & Aktivitas

2. Curug Cibareubeuy Subang

Curug Cibareubeuy Subang.
Curug Cibareubeuy Subang. Foto: Instagram/muf_mr

Curug Cibareubeuy menyajikan wisata air terjun yang ramping dengan banyak kelok aliran. Curahannya airnya dari ketinggian setidaknya 40 meter membelah tebing Gunung Karamat, Subang.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, wisatawan terlebih dulu akan disambut suasana pedesaan asri. Sejauh ini terdapat 2 jalur yaitu rute gunung untuk para pendaki serta rute jalan setapak untuk umum. Melewati rute kedua, wisatawan akan melewati hamparan persawahan hijau dan menyusuri sungai. Kemudian di dekat air terjun di punggung bukit terdapat menara foto dengan laatar air terjun di kejauhan.

Di sekitar Curug Cibareubeuy, ada Kampung Senyum yang merupakan kawasan peristirahatan. Di sini, wisatawan dapat menemukan penginapan bersaung ijuk sekaligus wisata budaya tradisional Sunda.

Baca: 7 Destinasi Wisata Curug Terbaik di Bogor

3. Curug Sadim Subang

Curug Sadim Subang.
Curug Sadim Subang. Foto: GMap/Ricky Mulyana

Curug Sadim memiliki aliran air yang jernih dengan tebing dan pepohonan hijau mengelilingi lokasinya. Tampilannya bagai tirai putih yang tak terputus di tengah area teduh di sekitarnya. Memiliki curahan dengan tinggi sekitar 10 meter, debit airnya cukup deras di antara bebatuan hitam.

Sementara akses menuju Curug Sadim merupakan jalur di tengah PT Perkebunan Teh Nusantara VIII. Sebelum merasakan kesegaran air terjun, wisatawan dapat menikmati sejuknya udara perkebunan teh.

Melihat Curug Sadim, seolah merupakan model nyata dari lukisan alam yang sering terpajang. Kemudian telaga di bawah air terjun memiliki beberapa undakan dengan jarak cukup jauh. Menghiasi areanya, terdapat taman dengan bebatuan indah, jembatan bambu, rerumputan, hingga bunga kecubung.

Baca: 7 Wisata Curug Eksotis di Majalengka

4. Curug Ciangin Subang

Air terjun dan telaga hijau di Curug Ciangin
Curug Ciangin Subang. Foto:GMap/menoshewhite

Curug Ciangin menawarkan wisata air terjun seluas setidaknya 2 hektar di daerah Kampung Neglasari, Ciater, Subang. Terbuka untuk umum sejak 2015, lokasinya berada di antara areal persawahan dengan pepohonan rindang yang mengelilingi. Nama Ciangin diberikan sebab jatuhnya arus air terjun menghasilkan hempasan angin yang menyejukkan sekitarnya. Sumber airnya berasal dari aliran Sungai Cibareubeuy. Dengan 2 undakan di ketinggian sekitar 9 meter.

Jalur treking menuju air terjun melewati pematang sawah, menuruni tangga beton, kemudian melintasi jembatan. Sebelum mencapai Curug Ciangin, wisatawan dapat menemukan Curug Nangka Bongkok dengan ketinggia 4 meter.

Kolam alami di bawah curahan Curug Ciangin berukuran cukup lebar cocok untuk aktivitas berenang. Memiliki kedalaman hingga 5 meter, wisatawan bisa menggunakan pelampung untuk merasakan kesegaran airnya. Di depan air terjun merupakan aliran sungai dengan bebatuan alami yang menjadi tempat bermain air. Untuk dapat berenang lebih leluasa, wisatawan dapat mencoba Di Kolam Renang Muara Bambu.

Dari ketinggian tebing 9 meter pada sisi teratas Curug Ciangin, wisatawan dapat mencoba body jumping. Sedangkan area tepian sungai dengan lahan yang cukup luas merupakan area untuk berkemah.

Baca: CURUG Cianjur : 7 Destinasi Spektakuler

5. Curug Koleangkak

Curug Koleangkak lebih dikenal dengan Curug Biru Subang.
Curug Koleangkak lebih dikenal dengan Curug Biru Subang. Foto: GMap/Ngubek Ngubek Indonesia

Curug Koleangkak terkenal juga dengan sebutan Curug Biru karena mempunyai kolam alami dengan air berwarna kebiruan. Limpahan deras air yang jatuh dari ketinggian 6 meter membentuk kolam alami sedalam hingga 2 meter. Warna airnya yang jernih biru toska diketahui bukanlah hasil pantulan langit maupun dasar kolam.

Berlokasi di Kecamatan Ciater, Curug Koleangkak berada tidak jauh dari pemandian air panas Sari Ater. Hal tersebut menjadi faktor pendukung ramainya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke destinasi ini. Area sekitar air terjun berpagar pepohonan hijau yang rindang sehingga kawasannya pun terasa teduh. Selain itu di lokasi juga menyediakan area untuk perkemahan bagi wisatawan.

Baca: PLANET WATERBOOM Subang Tiket & Wahana

6. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak Subang menyimpan pesona goa di balik tirai air terjun.
Curug Goa Badak Subang menyimpan pesona goa di balik tirai air terjun. Foto: GMap/Raka Cepi Pangestu

Wisata alam Curug Goa Badak Subang memiliki ciri khas yang tersemat pada namanya. Destinasi ini menyimpan sebuah goa yang berukuran cukup besar di balik derasnya tirai air terjun.

Berada di ketinggian dengan pepohonan rindang, wilayahnya masih termasuk dalam Kampung Panaruban, Sagalaherang, Kabupaten Subang. Kemudian dari Curug Goa Badak, wisatawan dapat menyaksikan  hamparan perbukitan hijau berselimutkan sejuknya angin khas pegunungan.

Wisata Curug Goa Badak merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup bersahabat. Spot-spot foto menarik bertebaran di sekitar kawasannya. Ditambah dengan area sisi sungai juga menjadi lokasi piknik santai bersama sambil menikmati nuansa alami yang tersaji. Kawasan Curug Goa Badak juga menyediakan beberapa blok camping area sebagai tempat berkemah.

Baca: 7 Destinasi Wisata Subang Bukan Hanya Air Panas

7. Curug Cileat

Curug Cileat merupakan air terjun tertinggi di Subang.
Curug Cileat merupakan air terjun tertinggi di Subang. Foto: GMap/Muhammad Fadil

Wisatawan yang menyukai wisata dengan sensasi petualangan harus memasukkan Curug Cileat dalam daftar destinasi liburan. Air terjun setinggi 100 meter dengan arus deras ini merupakan yang tertinggi di Subang. Berada di tengah rimbunnya hutan Gunung Canggah, destinasi ini memberikan tantangan hiking tersendiri.

Jalur menuju Curug Cileat melewati rute pegunungan dengan jalan tanah sempit yang konturnya beragam. Pilihan rute lainnya yaitu melalui persawahan milik warga setempat yang aksesnya lebih cepat. Membutuhkan waktu setidaknya 2 jam trekking melewati hamparan terasering sawah dan menembus hijaunya hutan asri.

Selama hiking, wisatawan dapat menemukan beberapa area peristirahatan dan aliran sungai. Kemudian dapat pula menemukan curug lain yaitu Curug Cimuncang, Curug Citorok, dan Curug Cimuncang Pasir. Di sekitar area tersebut merupakan camping area yang digunakan wisatawan untuk bermalam sekaligus beristirahat.

Bagikan Konten ke: