Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN KEDUNG KAYANG Magelang Tiket & Aktivitas - Juli 2020

Air Terjun Kedung Kayang Harga Tiket: Rp4.000 - Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Nagrong, Wonolelo,Sawangan,Magelang,Jawa Tengah,Indonesia,57363.

Air terjun menjadi destinasi wisata yang digemari di Indonesia. Letaknya yang berada di dalam hutan dan pegunungan membuat air terjun memiliki udara yang bersih. Selain itu juga masih sejuk dan cenderung dingin. Seperti Air Terjun Kedung Kayang yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Tidak hanya berada di dalam hutan, objek wisata ini bahkan dihimpit oleh dua gunung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas dan dari bawah air terjun. Tempatnya yang begitu asri sangat tepat untuk wisata penenang fikiran. Dan tentu sangat tepat bagi wisatawan pecinta alam dan senang dengan wisata adrenalin.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Objek wisata ini menerapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Meski pun terjangkau, objek wisata ini tetap dibuat aman untuk dikunjungi. Ditambah lagi adanya gardu pandang yang menjadi tempat berfoto favorit pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 4.000
Tarif Wahana
Gardu PandangRp 5.000
Tarif Parkir
Sepeda motorRp 2.000

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Magelang

Jam Operasional

Waktu yang tepat mengunjungi objek wisata ini adalah di hari terang. Terlebih saat cerah, karena jika mendung dan hujan akan sangat berbahaya. Selain licin, juga suasana menjadi gelap.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-17.00 WIB

Menikmati Air Terjun di Tengah Gunung

Pemandangan Air Terjun dari Atas
Pemandangan Air Terjun dari Atas. Foto: Gmap/Jake Bo

Air terjun selalu memiliki keindahan yang tidak ada penawarnya. Aliran air yang tinggi di balik bebatuan dan semak hijau, membuat pemandangan semakin sempurna. Apalagi, Kedung Kayang diapit oleh Gunung Merapi dan Merbabu. Yang membuat udara di sekitar semakin sejuk dan segar.

Keindahan Kedung Kayang dapat dinikmati dari atas maupun dari bawah air terjun. Dari atas, pengunjung bisa naik ke gardu pandang untuk mendapatkan pemandangan unik sekaligus uji adrenalin. Semantara dari bawah, pengunjung dapat trekking melalui batuan-batuan dan sungai yang mengalir. Tentu akan menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai air terjun ini.

Di bawah air terjun ini terdapat kolam dan batuan-batuan besar. Sebagian area batuan tertutup oleh lumut yang cukup tebal. Batuan besar ini dapat menghalau cipratan air terjun. Sehingga, pengunjung dapat bermain atau berfoto di balik batuan tanpa khawatir basah.

Baca: Air Terjun Sekar Langit Wisata Leganda Jaka Tarub

Bermain di bawah Air Terjun

Hijau Asrinya Air Terjun Kedung Kayang
Hijau Asrinya Air Terjun Kedung Kayang. Foto: Gmap/Atma Izzadin

Di bawah air terjun terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Kolam ini pun dipenuhi dengan batuan yang bertaburan. Ada yang ukurannya kecil hingga ukuran yang super besar. Batu-batu ini menjadi objek yang memperindah kolam di bawah air terjun.

Di batuan yang super besar ini, pengunjung juga dapat menaikinya. Namun, tetap harus berhati-hati supaya tidak terpeleset. Sebaiknya, menaiki batu dalam kondisi tubuh yang kering, sehingga tidak licin.

Dari atas batuan besar ini, pengunjung dapat berfoto dengan pemandangan air terjun yang sempurna. Air terjun akan terlihat indah dari atas hingga bawah. Dan tetaplah berhati-hati dengan cipratan air terjun ya.

Baca: WISATA POSONG Tiket & Aktivitas

Pemandangan Indah Sekitar Air Terjun

Pemandangan Gunung Merapi dari Gardu Pandang Kedung Kayang
Pemandangan Gunung Merapi dari Gardu Pandang Kedung Kayang. Foto: Gmap/sghmaulana

Air Terjun Kedung Kayang dapat dinikmati dari atas, jadi pengunjung tidak perlu trekking dari bawah. Menikmati air terjun dari atas memang tidak dapat bermain dan berenang di bawahnya. Namun, pengunjung akan menemukan pesona lain dari atas sini. Yang mana tidak dapat dinikmati dari bawah.

Di atas, tersedia gardu pandang dari kayu yang ditempatkan di pohon pinus. Gardu pandang ini ada dua, dengan posisi yang berbeda-beda. Satu gardu pandang berbentuk persegi yang dilengkapi pagar di sekelilingnya. Sementara yang satunya berbentuk segi delapan, dengan pinggirnya tidak dikelilingi oleh pagar.

Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun dari ujung atasnya. Dari atas sini, sosok Gunung Merapi tampak begitu agung. Menyembul menutupi matahari kala sore hari, sehingga dari gardu pandang hanya tampak sinar oranye. Gardu pandang ini cocok bagi pengunjung yang ingin berfoto memanfaatkan pemandangan sinar matahari.

Baca: HUTAN PINUS KRAGILAN Tiket & Spot Selfie

Trekking Menyeberangi Sungai Berarus

Aliran Air Sungai dari Air Terjun Kedung Kayang
Aliran Air Sungai dari Air Terjun Kedung Kayang. Foto: Gmap/Yudha Wira Pratama Abdillah

Bagi yang memilih menuju air terjun dari bawah, pengunjung harus melalui perjalanan yang memacu adrenalin. Diawali dengan jalan setapak menurun, dengan jalanan yang sudah di cor. Meskipun sudah di cor, kondisi jalannya cukup licin karena adanya lumut tipis di atasnya. Sehingga disarankan untuk mengenakan sepatu atau sandal gunung supaya tidak licin.

Kurang lebih 10 menit perjalanan, pengunjung akan sampai di tepi sungai. Sungai ini bersumber dari air terjun, yang alirannya cukup deras namun tidak berbahaya. Di sinilah tantangan dimulai, dimana pengunjung harus menyeberangi derasnya aliran sungai ini. Apalagi ketika musim hujan, debit air menjadi lebih deras.

Selain menceburkan diri ke sungai, pengunjung juga memiliki opsi lain untuk menyeberang. Yaitu dengan melompat dari satu batu ke batu lainnya. Karena di sungai ini ada banyak sekali batu yang ukurannya cukup besar. Sehingga dapat menjadi pijakan saat menyeberangi sungai.

Baca: Taman Naura Magelang Tiket & Aktivitas

Fasilitas Air Terjun Kedung Kayang

Objek wisata ini belum banyak menyediakan fasilitas umum. Hanya ada toilet yang dapat digunakan untuk berganti baju. Untuk perbekalan, pengunjung dapat membawa sendiri. Dan jangan lupa membawa serta sampah untuk dibuang di tempat sampah.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Berjarak tak jauh dari pusat kota Magelang, air terjun ini bisa ditempuh dalam waktu hanya 10 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini