Beranda Tiket Wisata

EMBUNG KLECO Tiket Masuk Murah Pemdangan Mewah - Mei 2022

0
Embung KlecoHarga Tiket Masuk: Rp3.000Jam Buka: 05.00 WIB - 19.00 WIBNo Telp: -Alamat: Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55674

Daerah Istimewa Yogyakarta punya Embung Nglanggeran yang sudah sangat populer namanya. Namun selain itu ternyata masih ada banyak wisata embung lain yang tak kalah cantik. Salah satu ada Embung Kleco terletak di Kulon Progo. Keunikan dari embung ini adalah lokasinya yang berada di puncak perbukitan Menoreh.

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati keindahan waduk buatan yang cantik. Jika terlihat dari atas, embung ini punya bentuk yang sekilas mirip bumerang. Karena letaknya yang berada di ketinggian, pemandangan sekitar pun turut menambah pesonanya. Wisatawan akan diajak menikmati lanskap Kulon Progo yang hijau. Selain itu juga cocok sebagai tempat untuk melihat sunrise maupun sunset.

Harga Tiket Masuk Embung Kleco

Embung ini bisa menjadi rekomendasi wisata murah meriah di Kulon Progo. Untuk tiket sekaligus parkir wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang tak lebih dari Rp10.000. Dengan biaya yang murah wisatawan sudah bisa menikmati kemegahan kawasan Perbukitan Menoreh sepuasnya.

Harga Tiket Embung Kleco
Tiket MasukRp3.000
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: Wisata Waduk Sermo Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Embung Kleco

Tempat wisata ini punya jam operasional yang sangat panjang. Buka dari pagi buta hingga malam hari. Sehingga memungkinkan wisatawan untuk melihat sunrise maupun sunset. Datang pada saat cuaca cerah. Pada musim hujan aksesnya cukup licin karena berada di puncak bukit. Wisatawan juga bisa bermalam dengan berkemah di tempat ini.

Jam Buka Embung Kleco
Setiap Hari05.00 WIB – 19.00 WIB

Pesona Waduk Buatan di Puncak Perbukitan

Waduk buatan di puncak bukit
Lokasi wisata ini berada di puncak bukit dan menghadirkan pemandangan luar biasa di sekitarnya. Foto: Gmaps/Suprihatin Kompleh

Embung Kleco kawasan wisata yang terletak di salah satu puncak perbukitan Menoreh. Areanya belum terlalu populer sehingga suasananya masih relatif sepi. Namun hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta tempat sepi untuk menenangkan pikiran. Dari embung ini bisa disaksikan megahnya pesona alam kawasan Perbukitan Menoreh.

Memiliki luas setidaknya 20 hektar embung ini diresmikan pada tahun 2017 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono. Berfungsi sebagai pengairan lahan perkebunan dan pertanian di sekitarnya. Karena keindahannya akhirnya tempat ini juga berkembang menjadi sebuah tempat wisata. Berbagai hal menarik bisa ditemukan mulai dari flying fox, camp area hingga perkebunan durian.

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Medan Sulit Ke Lokasi

Karena letaknya yang berada di puncak bukit maka untuk mencapainya membutuhkan perjuangan lebih. Wisatawan harus melewati jalan pedesaan yang sempit, berliku dan terus menanjak. Kondisi jalannya hanya cor semen yang membentuk dua sisi. Disarankan untuk membawa motor karena jalurnya tidak terlalu lebar. Jika menggunakan mobil akan cukup repot ketika berpapasan dengan mobil lainnya.

Meski cukup menantang namun suguhan pemandangan alam pedesaan sangat memukau. Sawah terasering, perkebunan dan bukit menjulang begitu menyegarkan mata. Akan tetapi tidak boleh hilang fokus. Karena semakin naik akan melewati jalur yang kanan kirinya jurang. Sebagai tips pastikan kendaraan dalam kondisi prima terutama pada bagian rem.

Baca: TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket Masuk & Daya Tarik

Indahnya Perbukitan dari Embung Kleco

Indahnya kawasan Perbukitan Menoreh dari Embung Kleco
Berada di puncak perbukitan membuat tempat ini memungkinkan untuk menikmati keindahan kawasan Perbukitan Menoreh. Foto: Gmaps/Mas Yoyok Setyo

Berada di puncak bukit yang terbuka, keindahan luar biasa disuguhkan dari tempat ini. Kabupaten Kulon Progo dari berbagai sisi dapat dilihat dari Embung Kleco. Rangkaian hijaunya perbukitan Menoreh berpadu dengan langit biru tampak begitu cantik. Ketika cerah Gunung Merapi pun terlihat jelas gagah berdiri di sisi timur. Sudah tersedia juga gazebo-gazebo untuk bersantai ria dan menikmati sejuknya angin.

Memiliki luas kurang lebih 20 hektar wisatawan bisa menyusuri setiap sisi dari tempat ini. Berbentuk melengkung seperti bumerang, area di sekitar embung juga sudah dipercantik. Bunga warna-warni dan rerumputan segar semakin menambah kecantikannya. Warna air dari embungnya sendiri pun begitu cantik. Warna hijau jernih yang memantulkan gambaran langit biru di atasnya sangat indah.

Di dalam air embung ini hidup ikan-ikan dengan beragam warna dan ukuran. Wisatawan boleh memberi makan. Namun dilarang untuk memancing atau mengambil ikan-ikan tersebut.

Baca: Kebun Teh Nglinggo Wisata Perbukitan Hijau

Sunrise Maupun Sunset

Keindahan Embung Kleco saat pagi hari
Tempat ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunrise dan sunset terbaik di Kulon Progo. Foto: Gmaps/Dokter Ridho

Embung Kleco menjadi tempat yang tepat untuk menikmati momen sunrise maupun sunset. Karena tempatnya sangat terbuka momen-momen matahari terbit ataupun tenggelam terlihat sangat jelas. Bahkan ketika pagi awan akan berarak di bawah embung. Sehingga memberikan sensasi berada di atas awan.

Kabut yang sesekali menyelimuti tempat ini di kala pagi semakin menambah kesan romantis. Ketika sore dan langit cerah, warna jingga cakrawala membuat siapa pun dijamin akan terpana.

Baca: PANTAI GLAGAH Panorama Unik Tiket Terjangkau

Berkemah di Embung Kleco

Keindahan gunung dan lautan awan ketika pagi hari di Embung Kleco
Berkemah di tempat ini wisatawan berkesempatan melihat pemandangan pagi hari yang menakjubkan. Foto: Gmaps/Bahas Serba-serbi

Bagi penggemar kegiatan alam, kawasan Embung Kleco sangat cocok sebagai tujuan berkemah. Karena suasana alam sekitarnya yang masih alami. Pada saat malam pemandangan dari Embung Kleco pun tidak kalah mengagumkan. Wisatawan bisa melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota Kulon Progo dan juga ratusan gemintang di atas langit.

Bagi yang tidak ingin ketinggalan momen sunrise, berkemah bisa menjadi pilihan. Sudah tersedia banyak area berkemah yang nyaman.

Baca: PANTAI BUGEL Tiket & Ragam Aktivitas

Mencicipi Durian Dari Kebunnya Langsung

Di sekitar Embung terdapat lahan perkebunan dengan beragam varietas. Namun yang jadi unggulan dari tempat ini adalah buah duriannya. Terdapat banyak pohon durian yang tumbuh dengan jenis menoreh kuning dan jambon. Kedua jenis tersebut termasuk varian unggulan yang ada di Indonesia.

Ketika musim panen wisatawan bisa mencicipinya langsung di kebunnya. Ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas Embung Kleco

Fasilitas yang ada di tempat ini sudah cukup lengkap dan memadai. Tersedia area parkir, toilet, gazebo, mushola dan warung kuliner.

Lokasi Embung Kleco

Secara administratif tempat ini beralamat di Ngesong, Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 9km dan bisa dicapai dalam waktu sekitar setengah jam.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini