Beranda Tiket Wisata

Rekreasi Alun-Alun Blitar Yang Bersejarah - Juli 2021

Alun-alun Blitar Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Jl. Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66117.

Berbagai objek wisata sejarah dapat ditemui di Blitar. Kota yang merupakan bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Kota ini terkenal sebagai kota kelahiran presiden pertama Indonesia, Bung Karno. Namun, jika ingin menikmati Kota Blitar dari sisi lain, Alun-Alun Blitar adalah jawabanya.

Alun-Alun Blitar merupakan salah satu bagian terpenting bagi kota kecil tersebut. Lapangan luas di pusat kota itu sudah lama menjadi pusat kegiatan sekaligus landmark kota. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Blitar sepertinya wajib untuk mengunjungi tempat ini. Di sinilah hiruk-pikuk dari berbagai elemen masyarakat yang menarik.

Tiket Masuk

Tidak ada biaya khusus untuk masuk ke area alun-alun ini. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang ada secara gratis. Cukup siapkan uang jika ingin berwisata kuliner di kawasan PKL yang ada di sekitar lapangan.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 15 Tempat Wisata Terbaik di Blitar

Jam Buka

Alun-Alun Blitar terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Artinya, pengunjung dapat berkegiatan di tempat ini kapan saja. Biasanya pada saat pagi ramai oleh masyarakat yang berolahraga dan mencari sarapan. Sementara sore hingga malam hari oleh wisatawan yang mencari kuliner dan hiburan keluarga.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Sejarah Alun-Alun Blitar

Gerbang Alun-Alun Kota Blitar
Alun-Alun Blitar merupakan landmark, pusat aktivitas, serta objek wisata Kota Blitar – Foto: Google Maps/Tonny Yohannes

Alun-Alun Blitar terkenal juga sebagai Aloon-Aloon Kota Blitar. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang penting. Lapangan seluas setidaknya 3 Hektare ini sudah ada sejak abad ke-19 ketika Belanda masih memerintah. Pembangunannya terlaksana bersamaan dengan berdirinya rumah bupati.

Dalam tatanan pemerintahan dahulu, alun-alun ini memiliki fungsinya sendiri. Ia tidak lain merupakan lokasi berlangsungnya berbagai acara sakral dan penting. Hingga saat ini, alun-alun masih jadi pusat kegiatan masyarakat Blitar. Alun-alun ini sekarang jadi salah satu destinasi rekreasi andalan penduduk Blitar dan sekitarnya.

Konstruksi alun-alun terdiri dari lapangan luas yang penuh dengan jejeran pohon beringin. Di bagian tengah, terdapat sebuah pohon beringin lainnya. Dahulu, tempat itu merupakan tempat tumbuhnya pohon beringin kembar. Sepasang pohon ini merupakan simbol alun-alun yang sekarang sudah mati dan berganti dengan yang baru.

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Lokasi Olahraga Warga Kota

Jalur jogging alun-alun
Alun-alun juga dijadikan lokasi berolahraga bagian banyak masyarakat Kota Blitar – Foto: Google Maps/Alun-Alun Kota Blitar

Di bagian dalam, terdapat jalur pedestrian sekaligus trek jogging yang mengelilinginya. Jalur ini melintasi lapangan menuju pohon beringin di bagian tengah. Di sisi utara, terdapat sejumlah gazebo atau pendopo.

Jalur pedestrian merupakan salah satu sarana yang banyak dituju pengunjung alun-alun. Jalur ini berguna juga untuk jogging. Menariknya, sebagian besar permukaan jalan ini memiliki hiasan motif ubin yang cantik.

Selain itu, di sepanjang jalur ini berderet barisan pohon beringin dan pohon palem. Vegetasi inilah yang membuatnya menjadi sejuk untuk berolahraga. Baik anak-anak maupun lansia dapat beraktivitas dengan nyaman di sini.

Jogging track ini memiliki bagian yang tertutup batu kali sehingga bermanfaat sebagai jalur refleksi kaki. Di area lainnya, terdapat beberapa alat fitness outdoor permanen. Pengunjung pun dapat menikmati variasi aktivitas berolahraga yang berbeda di sini.

Baca: PANTAI SERANG Tiket & Pesona

Sarana Rekreasi

Pengunjung beraktivitas di sekitar pohon beringin di tengah lapangan
Pohon beringin yang ada di tengah lapangan alun-alun saat ini merupakan pohon baru yang menggantikan beringin kembar Alun-Alun Blitar – Foto: Google Maps/Maria Ratna 1996

Di sudut lain alun-alun, terdapat area untuk anak-anak. Playground ini berisi aneka wahana permainan. Pengunjung dapat menggunakannya secara cuma-cuma.

Selain fasilitas permainan gratis, ada juga permainan berbayar. Jasa sewa mobil atau sepeda listrik berseliweran di sekitar alun-alun. Penyewaan wahana ini disediakan oleh para PKL dengan biaya yang terjangkau.

Sebatang pohon beringin berukuran sedang berdiri tepat di tengah lapangan. Tempat itu merupakan bekas tumbuhnya pohon beringin kembar yang menjadi simbol alun-alun ini. Saking sakralnya, dibangunlah pagar yang mengelilingi pohon tersebut. Spot ini tidak pernah gagal menarik perhatian pengunjung untuk berfoto di sekitarnya.

Setelah asyik berkeliling, pengunjung dapat berwisata kuliner di sekitar alun-alun. Para PKL membuka lapak yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman. Wisatawan dapat mencicipi aneka kuliner khas Blitar seperti soto daging atau pecel.

Baca Juga: Fish Garden Blitar Tiket & Wahana

Acara-Acara Besar

Jajaran tumpeng di acara Grebeg Pancasila
Peringatan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila rutin dilaksanakan di Alun-Alun Blitar – Foto: Google Maps/DuaTuju Production

Alun-Alun Blitar memang sudah lepas sedikit demi sedikit dari fungsi sakralnya. Dulu, lapangan ini berguna sebagai tempat perhelatan berbagai acara penting bagi pemerintahan. Sebut saja acara upacara keagamaan hingga penobatan pejabat selalu berlangsung di sini.

Kini, lapangan alun-alun tetap jadi lokasi utama gelaran acara besar. Beberapa kegiatan yang tidak pernah absen digelar di sini adalah Grebeg Pancasila. Acara ini merupakan salah satu rangkaian menyambut Bulan Bung Karno. Seperti diketahui, Bung Karno merupakan putra daerah yang amat dibanggakan oleh Blitar.

Acara-acara besar lainnya juga berlangsung di alun-alun. Misalnya pesta rakyat atau festival, acara tahun baru. Lapangannya yang luas memang bermanfaat untuk menampung banyak orang.

Baca Juga: TAMAN KEBON ROJO Blitar Tiket & Atraksi Wisata

Taman Pecut

Taman Pecut dan air mancurnya
Air mancur di kolam Taman Pecut, taman yang ada di seberang alun-alun – Foto: Google Maps/tonilung channel

Di sekitar alun-alun, terdapat sejumlah objek wisata menarik. Salah satunya yaitu Taman Pecut yang berada tepat di seberang alun-alun. Lokasi tepatnya berada di sudut pertigaan Jalan Merdeka dan Jalan Kenanga.

Taman Pecut terkenal dengan monumen patung tangan yang tengah menggenggam pecut. Taman ini ditata rapi dan sangat nyaman untuk bersantai. Atraksi utamanya adalah pertunjukan air mancur berwarna-warni. Pertunjukan singkat ini berlangsung pada saat malam Minggu, waktu ketika alun-alun sangat padat wisatawan.

Baca Juga: PANTAI PANGI Tiket & Aktivitas

Fasilitas Alun-Alun Blitar

Alun-Alun Blitar memiliki fasilitas berupa pendopo untuk beristirahat dan area bermain anak-anak. Pendopo juga sudah lengkap dengan sumber listrik dan jaringan wi-fi untuk publik. Area bermain anak-anak menyajikan wahana seperti ayunan dan seluncuran yang disediakan secara gratis. Area parkir terdapat di kawasan sekitar gerbang. Jika memerlukan toilet atau tempat ibadah, pengunjung bisa ke Masjid Agung Kota Blitar yang ada di seberang alun-alun.

Lokasi Alun-Alun Blitar

Gerbang Alun-Alun Blitar dapat diakses melalui Jalan Merdeka atau Jalan Semeru, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur. Berada di pusat kota membuat lokasinya sangat mudah dijangkau. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum atau online.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini