Beranda Tiket Wisata

PANTAI PANGI Blitar Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2020

Pantai Pangi Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Krajan, Tumpakkepuh,Bakung,Blitar,Jawa Timur,Indonesia,66163.

Salah satu primadona pantai di Blitar adalah Pantai Pangi. Pantai ini berhadapan dengan Samudra Hindia, termasuk jajaran pantai selatan pulau Jawa. Oleh karena itu ombaknya termasuk besar.

Namun pantai ini berada di cekungan, yang diapit oleh dua batu karang yang berbentuk seperti pintu gerbang. Hal inilah yang membuat besarnya gelombang laut ke pantai ini menjadi lebih teredam.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Pangi termasuk murah. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung juga perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai
Tiket masukRp8.000
Biaya parkir kendaraan roda duaRp3.000
Biaya parkir kendaraan roda empatRp5.000

Baca: 12 Tempat Wisata Menarik di Blitar

Jam Buka Pantai

Pantai ini dibuka untuk umum dari pagi hingga malam hari. Namun petugas yang menarik biaya tiket masuk hanya di pagi hingga siang hari.

Daya Tarik Utama Pantai Pangi

hijaunya hutan bakau di sekitar pantai. Foto: Google Maps / Ian Strees
Hijaunya Hutan Bakau di sekitar pantai. Foto: Google Maps / Ian Strees

Walaupun termasuk dalam pantai selatan, Pantai Pangi ini memiliki pasir berwarna putih yang cantik. Hal ini karena pantai ini dilindungi oleh batu karang di sekitarnya. Jika berkunjung ke pantai ini, pengunjung juga bisa sekaligus bermain ke tempat wisata ke sekitarnya, diantaranya adalah Pantai Tambak Rejo dan Goa Embultuk

Menikmati Pemandangan Pantai yang Cantik

Pengunjung Menikmati Suasana Pantai Pangi. Foto: Google Maps / Wibisone
Pengunjung Menikmati Suasana pantai. Foto: Google Maps / Wibisone

Walaupun sudah cukup dikenal, Pantai Pangi masih terbilang sepi pengunjung. Hal ini menyebabkan kebersihan pantai ini masih terjaga. Di sekitar pantai ini banyak ditumbuhi berbagai tanaman hijau yang rimbun.

Dipadu dengan pasir putih sepanjang bibir pantai, air laut yang biru, serpta batu karang yang kecoklatan, pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis. Tidak akan sulit bagi pengunjung untuk menemukan spot foto menarik di pantai ini.

Baca: Pantai Gondo Mayit Blitar Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Jika sudah puas berjalan menyisir bibir pantai, pengunjung bisa beristirahat sejenak di bawah pepohonan. Sembari berteduh di jajaran pohon pinus udang di tepi pantai, pengunjung juga bisa membuka tikar sambil menikmati perbekalan dan bercengkerama dengan keluarga. Pengunjung juga bisa membeli ikan bakar segar yang dijual penduduk sekitar.

Bermain Air di Tepi Pantai

bermain air dengan deburan ombak tepi pantai
Serunya Bermain Air di Pantai Pangi Blitar. Foto: Google Maps / Aris Habibahh

Menikmati segarnya air laut yang menyambut kaki adalah hal wajib yang dilakukan pengunjung di pantai manapun. Termasuk di Pantai Pangi ini. Namun perlu diingat agar pengunjung jangan bermain air terlalu jauh, karena ombak selatan bisa jadi cukup ganas. Di pantai ini juga ada papan peringatan agar wisatawan tidak jauh-jauh dari tepi pantai.

Baca: Kampung Afrika Blitar Tiket & Wahana

Asrinya Telaga di Dekat Pantai

memancing di telaga pantai
Telaga di Tepian Pantai Pangi Blitar. Foto: Google Maps / Muniroh

Ada satu keunikan Pantai Pangi yang membuat pantai ini lebih istimewa daripada pantai kebanyakan. Keunikan tersebut adalah keberadaan telaga di dekat tepi pantai. Telaga yang juga menjadi muara sungai ini memiliki air kehijauan yang tenang. Sekitar telaga tumbuh subur tumbuhan bakau dengan akar gantung yang menjulang.

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Tak hanya menikmati pemandangan telaga, pengunjung juga bisa berenang dan bilas dengan air telaga ini. Telaga ini berisi air tawar sedikit agak payau. Penduduk sekitar juga menawarkan jasa sewa kapal jika pengunjung ingin menjelajahi muara sungai lebih jauh.

Berkemah di Tepi Pantai

Bagi pengunjung yang ingin berkemah di tepi pantai tapi masih bisa menikmati fasilitas yang cukup, maka Pantai Pangi adalah jawabannya. Karena di pantai ini memiliki pasokan air tawar yang melimpah, yang bisa didapat dari telaga tepi pantai. Selain itu, di pantai ini juga telah tersedia kamar mandi dan musholla. Pengunjung bisa mendirikan tenda di area datar yang cukup luas di pantai ini.

Fasilitas

Pantai Pangi memiliki faslitas dasar seperti kamar mandi, tempat bilasan juga musala. Penduduk sekitar juga membuka beberapa warung di sekitar pantai sehingga pengunjung tidak perlu kelaparan selama berada di pantai ini.

Rute ke Pantai Pangi

Dari kota Blitar, wisatawan bisa menuju arah selatan menuju Kademangan. Tetap ambil arah selatan, yang mana jalur ini sama dengan jalur menuju Pantai Tambakrejo. Sampai di pertigaan kecil dengan tanda Goa Umbultuk, belok kanan sampai bertemu dengan perempatan kantor desa Tumpakkepuh.

Lurus terus ke arah selatan sampai di area parkir Pantai Pangi. Setelah sampai di pintu masuk, pegunjung perlu berjalan kaki sejauh 100 meter melewati perkebunan penduduk.

Lokasi Pantai Pangi

Objek wisata pantai ini berada di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Tepatnya 45 km ke arah barat dari kota Blitar, dengan waktu tempuh selama 90 menit. Belum ada transportasi umum ke Pantai Pangi. Jika membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan prima karena jalannya cukup menantang, terutama saat musim penghujan. Jalan yang naik turun tidak memungkinkan mobil ceper untuk berjalan ke pantai ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini