Beranda Tiket Wisata

Wisata Makam Bung Karno Tiket & Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Minggu, Januari 26, 2020
Makam Bung Karno Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: (0342) 801145 Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit,Sananwetan,Blitar,Jawa Timur,Indonesia,66133.

Berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah juga termasuk wisata sejarah. Apalagi, tempat tersebut merupakan tempat penting bagi tokoh yang begitu terkenal. Seperti Makam Bung Karno yang ada di Blitar, tempat peristirahatan terakhir Sang Proklamator.

Suasana Nasionalisme begitu terasa ketika menginjakkan kaki di kawasan Makam. Tak hanya di hari libur, di hari biasa pun tempat ini ramai dikunjungi. Sebagian besar orang ingin berziarah dan berkirim doa kepada Presiden Soekarno. Sembari berziarah, wisatawan juga menyempatkan waktu untuk berwisata sejarah di museum dan perpustakaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke area makam tidak dikenakan tarif. Pengunjung hanya diharuskan mengisi buku tamu saja. Sementara jika ingin masuk ke perpustakaan, dikenakan tarif yang sangat murah. Untuk tarif parkir mobil sendiri juga dikenakan biaya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Makam Bung KarnoGratis
Tiket masuk PerpustakaanRp3.000
Tarif Parkir
Parkir mobilRp10.000

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik Di Blitar

Jam Operasional

Wisatawan dapat berkunjung ke makan proklamator ini, dari pagi hingga sore hari. Dan hampir di sepanjang waktu, banyak peziarah yang datang, tempat ini tak pernah sepi.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-16.00 WIB

Berkunjung ke Tempat Peristirahatan Terakhir Bapak Proklamator

Peziarah di Makam Bung Karno
Peziarah di Makam Bung Karno. Foto: Gmap/OTNAY Kris

Baca: Sumber Udel Waterpark Blitar Tiket & Wahana

Berkunjung ke sini, wisatawan akan masuk ke sebuah gapura Agung. Gapura ini menjadi penanda masuk area makam serta ibu dan ayah Bung Karno. Gapura yang menghadap selatan ini berbentuk seperti Gapura Candi Bentar, bangunan khas Bali. Selain itu, Gapura ini juga berbentuk seperti gapura yang ada di Candi Wringin Agung Mojokerto.

Setelah melewati gapura, pengunjung akan melihat makam Bung Karno di dalam pendopo. Dulunya makam ini diberi dinding kaca sebagai sekat antara ruangan dengan peziarah. Kemudian, pada masa Presiden Abdurrahman Wahid, sekat kaca ini dibongkar total. Sehingga kini, pengunjung dapat datang mendekat ke makam, serta dapat menabur bunga juga.

Nisan makam terbuat dari batu pualam besar berwarna hitam. Di permukaan batu bertuliskan, “Di sini dimakamkan Bung Karno”. “Proklamator Kemerdekaan & Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat,” begitu lanjutannya. Di sebelah kanan batu terdapat Bendera Merah Putih, sementara di sebelah kiri terdapat Bendera Kuning.

Menyelami Sejarah di Museum Makam Bung Karno

Patung di Museum Makam Soekarno
Patung di Museum Makam Soekarno. Foto: Gmap/Eko Retmawan

Baca: Negeri Dongeng Blitar Tiket & Wahana

Dari museum ini, pengunjung dapat belajar mengenai sejarah, baik sejarah Bung Karno hingga sejarah Indonesia. Di sini, terdapat benda-benda sejarah Bung Karno. Banyak sekali koleksi foto Bung Karno, mulai dari aktivitas hingga peristiwa terkenal. Bahkan, ada juga foto ketika Bung Karno jatuh sakit sebelum wafat.

Ada juga koleksi lembaran uang rupiah yang bergambar Bung Karno. Ada juga uang Rp 1.000 tahun 1964 yang konon dapat menggulung sendiri di tangan orang tertentu. Ada juga koper tua milik Bung Karno yang merupakan produksi dari Jerman. Dulunya, beliau sering menggunakan koper ini, sekarang digunakan menyimpan replika keris kuno, Kiai Sekar Djagad.

Yang paling unik adalah lukisan berbingkai kayu berwarna emas berukuran 1,5 x 1,75 meter. Lukisan tersebut merupakan lukisan Sang Proklamator yang seolah mengawasi kemanapun pengunjung bergerak. Uniknya lagi, pada bagian dada lukisan Bung Karno ini, terlihat berdegup seperti jantung manusia. Inilah mengapa lukisan ini seolah hidup, yang membuatnya menjadi keunikan tersendiri.

Menonton Film Dokumenter di Perpustakaan Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno. Foto: Gmap/Steven Jonathan

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Tidak hanya museum, di kawasan Makam Bung Karno juga terdapat perpustakaan. Di sini terdapat banyak sekali buku sejarah serta perjuangan Bung Karno. Dengan arsitektur modern minimalis, membuat pengunjung betah membaca buku di sini.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan video dokumenter Bung Karno. Namun, video dokumenter ini hanya diputar di saat-saat tertentu saja.

Gong Perdamaian di Kawasan Makam Bung Karno

Gong Perdamaian di Makam Bung Karno
Gong Perdamaian sekitar area makam. Foto: Gmap/Gatra Mail

Baca: Kampung Afrika Blitar Tiket & Wahana

Berjalan di belakang museum dan perpustakaan, terdapat sebuah gong, tepatnya di pelataran kompleks. Gong ini merupakan Gong Perdamaian atau World Peace Gong. Dengan diameter 2,5 meter, gong ini merupakan sumbangan dari The World Peace Committee. Tujuannya untuk mengingatkan akan perdamaian dunia, tidak ada lagi perang, konflik SARA, dan lainnya.

Di permukaan gong terdapat sembilan simbol agama dan bendera. Bendera negara-negara di dunia ini berjumlah kurang lebih 202 negara. Selain di Makam Bung Karno, Gong perdamaian ini juga ada di Bali, Ambol, serta Palu.

Membeli Oleh-oleh di Deretan Toko Souvenir

Sebelum pulang ke rumah, sempatkan waktu untuk membeli souvenir di kawasan makam. Deretan toko souvenir ini berada searah dengan pintu keluar. Jadi, sembari berjalan ke pintu keluar, dapat sambil membeli oleh-oleh.

Baca: Pantai Gondo Mayit  Blitar Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Souvenir yang dijual beraneka macam. Mulai dari gantungan kunci, gelang, lukisan, foto, kaos, hingga patung Bung Karno. Tak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Jika beruntung, pengunjung akan mendapatkan potongan harga dari penjual.

Lokasi Makam Bung Karno

Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno No.152 Bondogerit. Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here