Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Karanganyar Wisata Murah Tengah Kota - April 2021

Alun-alun Karanganyar Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Karanganyar, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57791.

Alun-alun Karanganyar objek wisata sekaligus pusat keramaian di Kabupaten Karanganyar. Alun-alun yang berada di daerah yang sejuk ini memiliki daya tarik yang memikat wisatawan. Hamparan hijau rerumputan menyegarkan mata siapa pun yang memandang. Ditambah dengan suasana sekeliling alun-alun juga banyak tumbuh pepohonan yang rindang.

Banyak aktivitas yang tersedia di kawasan wisata ini. Mulai dari wisata kuliner hingga wahana bermain anak-anak. Soal harga juga masih cukup terjangkau baik untuk kulineran atau bermain wahana. Suasana ramai serta berbagai aktivitas berbalut kesejukan inilah yang membuat wisatawan semakin betah berada di sini.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Karanganyar

Sebagai kawasan terbuka umum, objek wisata ini tidak mematok tarif untuk masuk. Wisatawan hanya dikenakan tarif parkir bagi yang membawa kendaraan. Di beberapa sudut alun-alun, terdapat tukang parkir yang siap mengatur kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 14 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar

Jam Operasional

Objek wisata ini terbuka sepanjang hari. Dari pagi hingga malam, ada saja pengunjung yang datang. Namun kini, wisatawan tidak bisa terlalu malam berkunjung di tempat ini. Karena adanya pembatasan dari pemerintah terkait pencegahan covid-19.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Berkeliling Menikmati Indahnya Alun-alun Karanganyar

Alun-alun Karanganyar
Alun-alun Karanganyar. Foto: Gmap/Ysf Channel

Objek wisata ini memiliki kawasan hijau berupa hamparan rumput yang luas. Berbentuk persegi dengan batas paving block dan lantai untuk pejalan kaki. Pengunjung juga bisa memanfaatkan area ini untuk melakukan olahraga seperti lari-lari kecil atau jogging. Alternatif lain yaitu berjalan santai sambil menikmati pemandangan sekitar alun-alun.

Pepohonan berbagai jenis juga tampak mengelilingi kawasan alun-alun ini. Ada beringin, serta pepohonan berkayu besar dan tampak usia sudah puluhan tahun. Keberadaan pepohonan ini menambah rindangnya kawasan alun-alun. Suasana akan semakin nyaman karena Karanganyar termasuk memiliki suhu udara yang sejuk.

Di sekitar kawasan wisata, pengunjung akan menjumpai para pedagang makanan. Ada yang berjualan makanan berat seperti nasi, hingga makanan ringan. Wisatawan sering kali datang di sore hari sengaja untuk jajan dan menikmati alun-alun. Sambil mencuci mata menyaksikan hijaunya hamparan rumput yang menyejukkan.

Baca: KEBUN TEH KEMUNING Karanganyar Tiket & Aktivitas

Keberadaan Monumen Gerakan Sayang Ibu

Monumen Gerakan Sayang Ibu
Monumen Gerakan Sayang Ibu. Foto: Gmap/DR57 oʇuɐɯɥɐɹ ʞıpıp

Keunikan dari objek wisata ini berbeda dari alun-alun di tempat lain adalah adanya sebuah monumen unik. Monumen ini yaitu berupa sebuah batu yang terletak di dalam pendopo terbuka. Di atas batu ini terdapat patung seorang ibu yang tengah menggendong anaknya. Monumen ini bernama Monumen GSI (Gerakan Sayang Ibu).

Keberadaan Monumen GSI memang menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Tak sedikit wisatawan yang memanfaatkan spot ini untuk berfoto. Pendopo yang melindungi patung ini juga sangat menarik dengan ornamen tambahannya. Bahkan, pendopo ini juga sudah lengkap dengan lampu sorot modern di bagian lantainya.

Baca: CANDI CETHO Tiket & 5 Daya Tarik Memukau

Menyaksikan Air Mancur Menari

Air mancur menari warna-warni
Meskipun kecil air mancur warna-warni ini cukup menarik minat pengunjung. Foto: Google Maps/ cucu suryani

Ada keunikan lain di Alun-alun Karanganyar ini. Tepatnya berada di Taman Gajah yang lokasinya masih berada di kawasan alun-alun. Di Taman Gajah, terdapat sebuah air mancur bernama Wings of Time. Tentunya tidak sebesar Wings of Time di Singapura, namun konsepnya sama dengan air mancur tersebut.

Pada saat malam hari, pertunjukan air mancur ini akan berlangsung. Kolam yang berkeliling taman hijau siap untuk menunjukkan aksinya. Air mancur keluar dari pipa-pipa instalasi di dalam kolam. Kemudian menyembul ke atas dan menari-nari mengikuti alunan musik.

Air mancur ini berlenggak-lenggok begitu indah. Apalagi ditambah dengan sinar warna-warna yang cantik. Dari hijau, ungu, merah, kuning hingga berbagai warna unik lainnya. Banyak wisatawan yang datang menyaksikan sambil mengabadikan dengan kamera handphone.

Baca: Telaga Madirda Wisata Danau Lereng Gunung Lawu

Wisata Malam di Alun-alun Karanganyar

Sepeda kayuh berbentuk mobil
Wahana unik sepeda kayuh berbentuk mobil dengan lampu hias warna-warni yang ada pada saat malam hari. Foto: Google Maps/Rochma latifa Tora

Malam hari adalah waktu berwisata di sini. Pasalnya, banyak sekali hiburan dan kuliner yang tersedia di sepanjang jalan. Tenda-tenda penjual warung sudah mulai berjualan sejak sore hari. Serta booth yang menjual makanan kecil pun turut meramaikan wisata pada saat malam.

Wahana permainan anak-anak pun turut hadir. Ada motor kecil, mobil-mobilan hingga wahana balon kegemaran anak-anak. Tak ketinggalan ada juga kereta mini untuk anak-anak yang berputar di lintasan kecil.

Wahana permainan tidak hanya untuk anak-anak saja. Ada juga permainan untuk orang dewasa. Permainan tersebut yaitu wahana sepeda kayuh. Berbeda dari sepeda pada umumnya, sepeda kayuh di sini memiliki bentuk mobil. Kapasitasnya dapat terisi oleh empat orang. Selanjutnya semua penumpangnya bisa ikut mengayuh sepeda ini berkeliling alun-alun.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Lapangan Terbuka Olahraga

Alun-alun Karanganyar juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk berolahraga. Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk datang berolahraga. Wisatawan dapat jogging atau bersepeda mengitari alun-alun. Jogging track di sini begitu nyaman sehingga membuat olahraga pun lebih menyenangkan.

Area rerumputan alun-alun juga sering kali digunakan anak-anak untuk bermain bola. Dengan gawang seadanya, anak-anak tampak riang bermain bola.

Berbagai Acara Besar

Dari upacara hingga acara kebudayaan sering berlangsung di alun-alun ini. Jika beruntung, wisatawan dapat datang bertepatan dengan perayaan besar tersebut. Tentu akan semakin menarik dan mengesankan. Bahkan, tempat ini pernah menjadi lokasi terselenggaranya Open X-Sports Championship (IOXC) 2019.

Open X-Sports Championship (IOXC) adalah kejuaraan olahraga ekstrim yang diikuti oleh berbagai negara. Pada tahun 2019 lalu, Alun-alun Karanganyar terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Alun-alun disulap menjadi arena olahraga ekstrem, sesuai dengan yang cabang pertandingan. Berapa diantaranya Aggressive Inline, Basket Freestyle, BMX, Freestyle Soccer, B-boy, hingga Skateboard.

Lokasi Alun-alun Karanganyar

Berlokasi di pusat kota Karanganyar tepatnya berada di Jalan Lau, Badran Asri, Cangakan, Kecamatan Karanganyar.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini