Beranda Tiket Wisata

TAMAN PANCASILA Karanganyar Alternatif Wisata Murah September 2021

Taman PancasilaHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jl. Lawu, Dompon, Karanganyar, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57711

Taman Pancasila Karanganyar dari dulu hingga sekarang merupakan pusat keramaian. Dulunya, tempat ini adalah pasar dan menjadi satu-satunya pasar di Karanganyar. Ada juga tempat pangkalan bemo yang kini menjadi pintu masuk rumah dinas Bupati Karanganyar. Ini adalah kondisi pada tahun 1970-an.

Tak berbeda dengan saat ini, dimana tempat ini juga masih menjadi pusat keramaian. Warga Karanganyar ataupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini akan mencari hiburan di tempat ini. Karena tidak hanya hari libur, tempat ini selalu ramai setiap harinya.

Harga Tiket Masuk Taman Pancasila Karanganyar

Objek wisata ini selain asyik, juga murah meriah. Untuk memasuki kawasan, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir dan rekreasi kuliner atau menikmati wahana saja.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 15 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar

Jam Buka

Objek wisata ini buka sepanjang hari setiap harinya. Namun, waktu terbaik untuk kunjungan pada pagi hingga sore hari jika ingin menikmati pemandangan sekitar atau berfoto. Sedangkan jika ingin menikmati pasar malam bisa datang saat hari mulai gelap.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Patung Garuda, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta Ikon Taman

Taman Pancasila di Siang Hari
Suasana di Taman Pancasila di Siang Hari. Foto: Gmap/Wiksa Duktak kids

Objek wisata ini sangat mudah dikenali, meskipun tidak membaca plang namanya. Karena, di sini terdapat Patung Garuda besar yang berdiri tinggi seukuran pohon. Tentu sangat menarik perhatian dan siapapun akan mengenalinya. Patung Garuda yang terbuat dari perunggu berwarna coklat kehitaman membuka lebar sayapnya.

Di bagian bawah patung Garuda, terdapat tulisan “Taman Pancasila” berwarna oranye. Menempel pada dua pilar membentuk gapura. Di bagian tengah, tepat di bawah Burung Garuda, terdapat patung Ir Soekarno dan Moh. Hatta. Keduanya berdiri memandang ke depan, dengan Bung Karno memegang tongkat komandonya.

Pada saat malam, burung Garuda ini tersorot lampu sehingga tampak menyala. Ditambah dengan latar belakang pepohonan yang juga tersorot lampu, turut membawa keindahan tersendiri. Di depan patung terdapat pelataran yang cukup luas dengan lantai keramik. Di sinilah sebagai pusat keramaian taman.

Baca: KEBUN TEH KEMUNING Karanganyar Tiket & Aktivitas Seru

Berbagai Wahana Bermain Anak

wahana permainan mobil-mobilan untuk anak-anak
Anak-anak bisa bermain berbagai wahana salah satunya mobil-mobilan. Foto: Google Maps/ fadila juni

Pelataran di depan patung ini cukup luas dan berlantaikan keramik, namun tidak licin. Wisatawan dapat berjalan santai di sini dan anak-anak juga bisa riang berlarian. Berjalan di sekitaran pelataran atau sekedar duduk santai bisa dilakukan untuk melepas lelah. Jika ingin bersantai datanglah pagi atau sore hari.

Pada saat sore hingga malam, pelataran ini akan ramai tidak hanya oleh wisatawan. Tapi juga para penjaja makanan serta persewaaan wahana permainan anak-anak. Anak-anak dapat puas bermain di sini. Wahana yang ditawarkan ada kereta mini, mobil-mobilan, hingga balon trampolin.

Bagian tengah sengaja dikosongkan untuk arena bermain mobil. Anak-anak dapat mengendarai mobil mini dengan atau tanpa kendali remote control. Tidak perlu khawatir karena laju mobil ini sangat pelan. Serta area ini pun cukup jauh dari jalan raya, dan orang tua dapat mengawasi langsung.

Baca: CANDI CETHO Tiket & 5 Daya Tarik Memukau

Pasar Malam hingga Aneka Kuliner

suasana ramai di pasar malam Taman Pancasila
Suasana ramai pada saat malam hari di sekitar taman. Foto: Google Maps/ Big Tofuse

Malam hari adalah waktu yang tepat jika ingin berbelanja dan berwisata kuliner. Saat malam, tempat ini tak ubahnya menjadi pasar malam. Berbagai penjual tumpah ruah di sini, mulai dari kuliner hingga baju. Dan tentunya, penyewaan mainan anak juga turut memeriahkan objek wisata ini.

Penjual kuliner ini berada di tepian kawasan pelataran. Dengan atap tenda atau payung dan booth portable. Berbagai minuman, jajanan, hingga makanan berat tersedia di sini. Mulai dari sosis bakar, es jeruk peras, hingga makanan unik seperti makanan khas Korea.

Para penjual baju pun ikut berjualan di area ini. Dengan tenda portable, serta gantungan untuk baju-baju dagangannya. Ada juga yang berjualan aksesoris atau produk untuk dijadikan oleh-oleh. Seperti topi, gelang, masker, dan lainnya.

Baca: Telaga Madirda Wisata Danau Lereng Gunung Lawu

Berfoto di Ikon Taman Pancasila

Monumen Patung Garuda Ikon Taman Pancasila
Monumen Patung Garuda Ikon Taman Pancasila. Foto: Google Maps/ fatimah aja

Sudah sampai di sini, tentu mengabadikan foto adalah hal yang wajib. Untuk menjadi memori indah ketika berkunjung ke Taman Pancasila Karanganyar. Obyek yang sering menjadi spot favorit adalah di depan patung Garuda. Dari sini, wisatawan dapat berdiri di area pelataran dan menjadikan patung Garuda sebagai latar belakangnya.

Waktu yang tepat jika ingin berfoto dengan latar belakang patung ini adalah saat pagi atau siang hari. Karena di waktu ini, pelataran masih sepi belum menjadi pasar malam. Sehingga wisatawan dapat berfoto dengan puas tanpa terganggu. Tentu, hasilnya akan lebih bagus dan bersih dari gangguan.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas Seru

Olahraga di Pelataran Taman

Tidak hanya berfoto, di pagi dan siang hari wisatawan juga dapat berolahraga di kawasan ini. Pelataran biasanya dijadikan sebagai tempat untuk istirahat para pesepeda. Beberapa anak-anak juga menjadikan pelataran sebagai tempat bermain skateboard atau sepatu roda. Beberapa ada yang membawa otopet untuk berkeliling santai.

Ada juga yang sedang melakukan pemanasan sebelum jogging santai di sekitar kawasan. Pemandangan ini tentu akan didapatkan jika berkunjung saat pagi hari.

Lokasi Taman Pancasila Karanganyar

Taman rekreasi ini berlokasi di Jalan Lawu, Dompon, Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Letaknya juga tak jauh dari alun-alun kota Karanganyar.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini