CURUG TOMO Tiket, Aktivitas dan Lokasi Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Tomo: Mulai dari Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Ramea, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Indonesia, 42261

Curug Tomo tujuan wisata air terjun alami di daerah Pandeglang. Airnya sangat jernih dengan menyegarkan sehingga cocok untuk relaksasi menghilangkan penat. Tumbuhan di sekitarnya rimbun dan menghijau sehingga menambah kesejukan. Sempurna untuk tempat menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama keluarga.

Nama Curug Tomo mungkin belum familiar di kalangan penikmat wisata alam. Mungkin karena akses menuju lokasi curug ini agak sulit dilalui bila menggunakan kendaraan. Namun keindahannya tidak kalah dari curug lain yang sudah lebih dulu populer. Panorama alam yang asri dijamin mampu membuat pengunjung kagum.

Harga Tiket Masuk Curug Tomo

Tiket masuk untuk ke Curug Tomo tidak terlalu mahal yaitu Rp10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir di objek wisata ini sebesar Rp10.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk semua kalangan pengunjung.

Baca: PANTAI BUGLE CAMARA Harga Tiket Masuk, Daya Tarik dan Lokasi

Jam Buka

Tempat wisata air terjun ini terbuka selama 24 jam setiap harinya. Tidak ada jam operasional yang berlaku di objek wisata tersebut. Area air terjun biasanya lebih ramai pengunjung ketika hari sabtu, minggu, serta libur nasional.

Daya Tarik Wisata Curug Tomo

Pemandangan di Curug Tomo begitu mempesona
Pemandangan sekitar ari terjun begitu mempesona. Foto: google maps/Kaffah El khudri

Curug Tomo adalah objek pariwisata yang masih sangat asri. Jauh dari polusi dan pencemaran sehingga kealamiannya terasa. Selain mandi dan berenang, wisatawan juga bisa piknik, berkemah, serta kuliner. Curug eksotis ini berada di dataran tinggi daerah pegunungan sehingga udaranya juga sejuk.

Keindahan Jalan Menuju Curug Tomo

Selama perjalanan untuk menuju ke curug, wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan alami. Sawah-sawah berundak khas pedesaan terhampar luas di kanan dan kiri jalan. Di samping itu terlihat perkebunan warga setempat yang subur serta rindang. Pemandangan tersebut sangat memanjakan mata.

Namun saat berkendara jangan terlalu terlena dengan pemandangan indah itu. Karena pengunjung juga akan menghadapi medan yang lumayan ekstrim. Pengunjung akan menemukan jalan tanjakan yang tinggi serta turunan yang curam. Kemudian ada jurang di sisi kanan dan kiri jalan sehingga wajib waspada.

Baca: CURUG PUTRI CARITA Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik

Trekking

Wisatawan bisa trekking untuk menuju ke Curug Tomo
Wisatawan bisa trekking untuk menuju ke area air terjun. Foto: google maps/Kaffah El khudri

Sekitar 700 meter sebelum mencapai air terjun, wisatawan akan menemukan jalan kecil dan sempit. Jalan itu tidak dapat dilalui oleh mobil sehingga wisatawan bisa beralih menggunakan sepeda motor. Opsi lain yaitu wisatawan dapat berjalan kaki atau trekking.

Jika berjalan kaki, waktu tempuh hingga sampai ke air terjun sekitar 10-20 menit saja. Medannya pun tidak begitu ekstrem dan tidak berbahaya. Malah jalannya mulus karena sudah beralas paving block. Kemudian sekitar 200 meter sebelum mencapai air terjun, wisatawan akan melewati jalan tanah.

Baca: PANTAI DAPLANGU Harga Tiket, Aktivitas, Fasilitas dan Lokasi

Air Terjun dan Telaga

Curug Tomo memiliki air terjun yang menyegarkan dan kolam dengan kedalaman bervariasi
Curug Tomo memiliki air terjun yang menyegarkan dan telaga dengan kedalaman bervariasi. Foto: google maps/Kaffah El khudri

Curug ini memiliki tiga tingkatan air terjun yaitu di atas, tengah serta areal bawah. Aliran airnya tak terlalu deras, sehingga aman untuk anak-anak yang ingin berenang. Telaga di bawah air terjun terlihat sangat jernih, bahkan bagian dasar kolamnya bisa terlihat.

Telaga di curug bagian paling atas serta kolam curug bagian tengah cenderung sempit. Sedangkan telaga di curug paling bawah adalah yang paling luas. Kedalaman kolam bervariasi mulai dari 50 cm, 100 cm, sampai lebih dari 1,5 m. Curug tingkatan bawah memiliki telaga paling dalam, sehingga anak-anak lebih baik berenang di curug atas.

Piknik dan Berkemah Curug Tomo

Wisatawan bisa berkemah di dekat Curug Tomo
Wisatawan bisa berkemah di area sekitar air terjun. Foto: instagram/curugtomopandeglang

Curug Tomo juga kerap menjadi pilihan sebagai tempat piknik serta berkemah. Karena suasananya yang sangat asri dan rindang. Banyaknya pepohonan yang tinggi membuat tempat ini menjadi teduh. Wisatawan bisa menggelar tikar dan piknik di dekat air terjun.

Pengunjung juga dapat mendirikan tenda di dekat curug ini. Sempurna untuk pengunjung yang ingin bermalam merasakan suasana hening pedesaan. Hanya suara air terjun dan riak air kolam yang terdengar. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau mencari rental tenda terdekat.

Kuliner

Terdapat warung sederhana yang menjual makanan serta minuman di areal curug. Sehingga wisatawan tidak perlu jauh-jauh keluar curug untuk mencari pedagang makanan. Setelah lelah berenang dan berendam, wisatawan bisa mengisi perut di sini. Hidangan yang dijual bervariasi, ada mie instan, nasi liwet, bahkan ikan bakar.

Penyewaan Pelampung

Pemandian alami Curug Tomo menawarkan pengalaman seru dan wisatawan wajib merasakan kesejukan airnya. Belum lengkap rasanya jika tidak berenang di pemandian ini. Pada objek wisata ini, pengunjung dapat menyewa baju pelampung untuk berenang. Penggunaan pelampung itu untuk alasan keselamatan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan adanya penyewaan pelampung, tentu saja keselamatan pengunjung akan terjamin. Terutama bagi pengunjung anak-anak yang baru belajar berenang. Selain itu di areal air terjun terdapat pengawas yang bertugas sebagai life guard. Jadi berenang di objek wisata Curug Tomo ini terbilang aman bagi semua kalangan umur.

Fasilitas

Fasilitas di tempat wisata Curug Tomo ini cukup lengkap. Sudah ada fasilitas kamar mandi dan toilet. Lalu terdapat mushola untuk wisatawan muslim yang menjalankan ibadah. Tersedia juga fasilitas gazebo di dekat curug.

Lokasi Curug Tomo

Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Ramea, Kec. Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dari Ibu Kota Kabupaten Pandeglang ke curug ini berjarak 28,1 km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan memerlukan waktu sekitar 1 jam 11 menit.

Ulasan Pembaca

4.7 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *