Beranda Tiket Wisata

BANYU ANJLOK Malang Tiket & Pesona Air Terjun Tepi Pantai - Mei 2020

Banyu Anjlok Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Lenggoksono, Purwodadi,Tirto Yudo,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65182.

Setelah penat oleh kesibukan, liburan ke objek wisata alam tentu menyenangkan. Merasakan segarnya bermain air di air terjun atau menikmati deburan ombak di pantai yang tenang, siapa tidak suka? Di Kabupaten Malang, ada objek wisata yang menyajikan kedua pemandangan tersebut dalam satu tempat yaitu Banyu Anjlok.

Terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang, Banyu Anjlok merupakan objek wisata alam berupa pantai yang dilengkapi muara sungai. Uniknya, muara ini berbentuk air terjun cantik. Di samping itu, kondisi pantainya pun masih sangat terjaga. Tertarik merencanakan liburan kemari?

Tiket Masuk Banyu Anjlok

Tiket masuk untuk ke Banyu Anjlok tergolong cukup terjangkau. Jika pergi dari Pantai Lenggoksono, wisatawan harus menggunakan perahu dengan tarif tertentu.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
ParkirRp5.000
Tiket Masuk Pantai Lenggoksono Rp10.000
Perahu dari Lenggoksono (maksimal 8 orang)Rp50.000 per orang

Baca: 10 Pantai Terbaik di Malang

Jam Buka

Objek wisata air terjun tepi pantai ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Namun apabila memilih rute menyusuri bukit, lebih baik tidak pergi di malam hari karena jalan yang akan dilalui sempit dan bisa membahayakan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Pesona Banyu Anjlok

wisatawan berfoto berlatar air terjun di tepi pantai
Banyu Anjlok semakin digemari sebagai tujuan wisata meski lokasinya tidak terlalu mudah dicapai – FOto: Google Maps/Totok Orisa

Air terjun yang bermuara langsung di pantai bukan objek wisata alam yang asing di Indonesia. Air Terjun Toroan di Madura dan Banyu Tibo dan Paciran adalah beberapa di antaranya. Di Kabupaten Malang, terdapat objek wisata serupa tapi tak sama yang dinamakan Banyu Anjlok.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Malang Tiket & Aktivitas

Sesuai namanya yang berarti “air jatuh”, Banyu Anjlok merupakan air terjun yang meluncur di atas tebing rendah menyerupai batu berukuran besar. Debitnya yang tidak terlalu besar membuat air yang mengalir tampak seolah-olah ‘terjatuh’ begitu saja dan mengalir langsung ke pantai. Pantainya dilingkupi oleh bukit dan menjaganya tetap bersih serta cantik.

Dua Pilihan Rute

Untuk menuju ke Banyu Anjlok, ada dua rute yang bisa dipilih, Rute termudah dan cocok untuk wisatawan yang membawa kendaraan roda empat adalah rute laut. Rute ini berangkat dari Pantai Lenggoksono menggunakan perahu. Jaraknya tidak terlalu jauh, selain itu sepanjang perjalanan wisatawan bisa menikmati segarnya hembusan angin laut.

Baca: Eksotisme Pasir Hitam PANTAI LICIN Malang

Rute lainnya adalah jalur perbukitan yang bisa dibilang cukup menantang. Jalur ini hanya memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda dua karena ukurannya yang sempit. Namun, perjalanan melewati rute ini dijamin tidak akan membuat bosan karena ragam pemandangan yang akan didapatkan.

Jalur Perbukitan

jalur menuju banyu anjlok dengan pemandangan perbukitan
Pemandangan laut yang terlihat dari atas bukit di kawasan Banyu Anjlok – FOto: Google Maps/Mukhlis Banyuanjlok

Sebelum mencapai Pantai Lenggoksono, arahkan kendaraan ke kanan menuju perkampungan. Dari sini, wisatawan akan melalui area sawah, sungai, hingga hutan. Memasuki kawasan perbukitan, jalan akan semakin berkelok-kelok tajam. Tapi tenang saja, kondisi jalan sudah beraspal mulus dan nyaman untuk dilalui.

air terjun dengan ketinggian sedang dengan limpahan air yang deras
Air terjun yang meluncur di dinding tebing dengan bentuk menjari – FOto: Google Maps/Nia Meisiska

Jalan berkelok-kelok ini bersisian dengan jurang, jadi jangan sampai konsentrasi buyar saat berkendara. Pasalnya, posisi jalan yang berada di ketinggian bukit menghadirkan panorama langsung ke laut dan pantai. Sesekali berhenti untuk berfoto boleh saja, asal jangan sampai tidak memerhatikan jalan yang semakin sempit, ya.

Baca: Pantai Ngliyep Malang Spot Sunset Paling Asik

Menelusuri rute ini, pengunjung akan dibawa hingga ke area sungai. Sungai ini bermuara di pantai dalam bentuk air terjun, yaitu Banyu Anjlok. Untuk turun ke pantai, pengunjung harus menggunakan seutas tali yang tersedia dan turun secara rapelling. Bagian ini cukup menantang dan perlu perhatian ekstra bagi pemula dalam kegiatan luar ruangan.

Keindahan Air Terjun Tepi Pantai Banyu Anjlok

wisatawan bermain di air terjun tepi pantai banyu anjlok
Banyu Anjlok menghadirkan perpaduan air terjun dan pantai yang cantik – FOto: Google Maps/Totok Orisa

Banyu Anjlok merupakan air terjun yang mengalir dari atas bukit setinggi kurang lebih 8 meter. Air terjun ini meluncur di dinding tebing berbentuk tumpul dan melandai ke arah pantai. Air tawar yang jernih dari sungai ini kemudian mengalir kembali ke laut.

Garis pantainya tidak terlalu lebar, dengan diapit dinding-dinding bukit di kedua sisinya. Namun, karena masih belum terlalu terjamah orang, kebersihan dan keindahan alaminya masih sangat terjaga. Pasir pantainya putih bersih dan dihiasi tebaran batu-batu karang kecil yang mempercantik lanskap.

pengunjung bermain air
Bermain air di sungai bagian atas air terjun Banyu Anjlok – Foto: Google Maps/Fauzan Ojan

Posisi pantainya yang “terjepit” di antara dua bukit membuat angin laut agak terhalang. Sehingga, laut dan ombaknya cenderung tenang, sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai. Dihiasi hutan yang asri di sekitar bukitnya, Banyu Anjlok semakin menghadirkan panorama yang lengkap untuk relaksasi di waktu libur.

Baca: PANTAI GOA CINA Tiket & Ragam Aktivitas

Di atas air terjun, pengunjung dapat berendam atau bermain air. Bagian sungainya tidak terlalu dalam dan menyerupai telaga. Dari atas sini, pengunjung bisa melihat keindahan panorama Pantai Banyu Anjlok sambil bersantai menikmati segarnya air sungai.

Fasilitas

Di objek wisata ini sudah tersedia fasilitas umum yang cukup memadai. Area parkir, toilet, kamar mandi umum, serta warung-warung makanan sudah bisa ditemui dengan cukup mudah di sini.

Lokasi

Wisata pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Waktu tempuh yang diperlukan dari Kota Malang sekitar 2 – 3 jam hingga ke Pantai Lenggoksono, kemudian sekitar 1 jam hingga Banyu Anjlok. Tidak ada kendaraan umum yang melintasi kawasan ini, jadi sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi jika hendak kemari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini