Beranda Tiket Wisata

HUTAN PENGGARON Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Hutan Penggaron : Rp6.000Jam Buka: 08.00 - 18.00No. Telepon: -Alamat: Siroto, Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50516

Hutan Penggaron merupakan salah satu wisata hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perhutani Unit 1 Jawa Tengah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari olahraga sampai latihan untuk tim SAR.

Selain itu, di sini juga menjadi tempat pengamatan burung liar dengan jumlah spesies yang cukup banyak. Terdapat 97 spesies burung liar diantaranya yaitu burung elang ular bido, merak hijau, kadalan birah, dan kadalan kembang. Hutan ini juga merupakan jalur migrasi burung dari bumi bagian utara. Karena fenomena tersebut, hutan ini juga menjadi wilayah ekoeduwisata.

Pada pertengahan 2021, hutan ini juga dikembangkan menjadi taman wisata Jateng Valley. Nantinya, di sini akan dibuat beberapa bangunan ikonik. Pembangunan taman wisata ini bertujuan untuk meminimalkan penebangan pohon agar lingkungan hutan tetap terjaga.

Harga Tiket Masuk Hutan Penggaron

Biaya masuk Hutan Penggaron cukup terjangkau. Walaupun untuk menikmati wahana yang ada di dalamnya, pengunjung harus membayar biaya tambahan. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan berlaku biaya terpisah dari tiket masuk.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk Rp6.000/orang
Parkir motor/mobil Rp2.000/Rp3.000
Penginapan Rp120.000-Rp2.500.000/malam

Baca: Air Terjun Semirang Tiket Murah Ada Kolam Renang Alami

Jam Buka Hutan Penggaron

Hutan Penggaron buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00. Apabila ingin merasakan suasana yang teduh, pengunjung bisa datang pada saat pagi hari. Selain itu, agar bisa berjalan-jalan dengan nyaman, sebaiknya datang ketika cuaca cerah. Datang pada hari biasa dan akhir pekan akan sama-sama menyenangkan. Karena wilayah hutan sendiri sangat luas dan bisa menampung banyak wisatawan.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00-18.00

Suasana dan Pemandangan Alam Hutan Penggaron

rimbunnya pohon pinus di Hutan Penggaron
Hutan Penggaron memiliki pepohonan yang rimbun dengan dominasi pohon pinus dan mahoni. Foto: Google Map/Danu Kusuma

Daya tarik dari hutan ini yaitu pemandangan alamnya yang indah. Keindahan pemandangan ini didukung oleh suasana hutan yang asri. Selain itu udaranya yang sejuk dan kicauan burung yang bersahutan membuat pikiran menjadi rileks. Untuk menikmati suasana di sini pengunjung bisa melakukannya dengan beberapa cara.

Salah satu caranya yaitu berkemah. Pengelola telah menyediakan lapangan yang luas sebagai area berkemah. Bagi yang ingin berkemah memang harus membawa perlengkapan sendiri. Karena sejauh ini belum ada yang menyewakan peralatan berkemah.

Selama berkemah pemandangan di hutan dengan dominasi pohon pinus dan mahoni siap menghibur. Tak hanya itu, di sini bisa terlihat kawanan kerbau milik warga yang biasanya makan di padang rumput dekat hutan. Di area berkemah dari kejauhan bisa terlihat panorama bukit dan kabut. Pada sore hari, di sini juga bisa terlihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

Baca: Mawar Camp Tiket & Fasilitas Berkemah Lengkap

Beragam Aktivitas di Hutan Penggaron

Pengunjung yang bersepeda di Hutan Penggaron
Olahraga merupakan salah satu aktivitas menarik di Hutan Penggaron. Foto: Google Map/Yusuf Asari

Beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Hutan Penggaron. Salah satu aktivitas tersebut yaitu berolahraga dan piknik. Lokasi ini sangat cocok untuk berolahraga, seperti jogging atau bersepeda. Selain karena wilayahnya yang luas, udaranya juga sejuk dan bersih. Sedangkan bagi yang ingin berpiknik bisa membawa bekal sendiri. Karena di sekitar kawasan wisata belum ada penjaja makanan dan jajanan.

Di dalam hutan ini terdapat jalanan dengan topografi yang cukup menantang. Jalanan tersebut memang cocok sebagai medan untuk olahraga offroad dan trabas. Hal itu membuat hutan ini sering menjadi tempat untuk latihan SAR dan pramuka. Aktivitas lainnya yang patut dicoba di sini yaitu outbound dan jungle tracking.

Baca: GOA RONG Tiket & 5 Atraksi Menarik

Spot Foto Menarik

seorang pengunjung berfoto di padang ilalang pada Hutan Penggaron
Di sekitar hutan terdapat padang ilalang yang cocok sebagai lokasi berfoto. Foto: Google Maps/Wafa Fathurrahman

Lokasi hutan ini juga menarik bagi yang hobi fotografi atau berfoto.  Ambil foto dari belakang di jalan setapak di tengah hutan akan terlihat dramatis. Ditambah dengan latar pepohonan yang tinggi menjulang dan rimbun membuat foto terlihat menawan.

Di area berkemah juga terdapat pemandangan yang sayang jika terlewat. Pemandangan bukit yang hijau dan kabut yang terkadang menyelimuti bisa menjadi latar foto yang cantik.

Selain di dalam hutan, di sini juga terdapat hamparan rumput ilalang yang cukup tinggi. Di sini pun bisa menjadi spot foto yang estetik. Terutama di sela-sela di antara rerumputan dan alang-alang. Tidak hanya itu area padang rumput dengan ukuran rumput yang kecil.

Baca: SEMARANG ZOO: Tiket & Atraksi

Fasilitas

Di Hutan Penggaron tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, musala, dan area parkir kendaraan. Jika berminat untuk berkemah, di sini disediakan camping ground yang luas. Bagi yang ingin bermalam selain dengan berkemah, juga tersedia beberapa penginapan. Fasilitas menarik lain yang ada di sini yaitu lokasi outbound, area bermain anak, lokasi pengamatan burung, sampai lapangan golf.

Lokasi Hutan Penggaron

Hutan Penggaron berlokasi di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menempuh jarak 2 km jika berangkat dari Ungaran. Namun, jika berangkat dari wilayah selatan Semarang, jarak yang harus ditempuh yaitu sepanjang 18 km. Dari Semarang, jalan menuju Taman Unyil dan dari sana maju terus sampai ke Bappeda Kabupaten Semarang. Setelah menyeberangi jembatan Tol Semarang Solo, pengunjung bisa menemukan area wisata ini di sebelah kiri.

 

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 12

Berikan Rating