Beranda Tiket Wisata

CURUG GOMBLANG Tiket & Daya Tarik Desember 2021

Curug GomblangHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: No Telp: -Alamat: Dusun III, Kalisalak, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, -

Curug Gomblang  merupakan salah satu air terjun wisata yang berada di Kabupaten Banyumas. Air terjun ini masih termasuk dalam area lereng Gunung Slamet. Namanya baru beberapa tahun terakhir semakin populer sebagai tujuan wisata.

Berada di kaki Gunung Slamet Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Lokasinya dekat dari pusat Kota Purwokerto dengan akses jalan yang baik. Sebagai tempat wisata, air terjun ini memiliki penataan kawasan yang sangat baik. Tidak heran jika pengunjung ke curug inipun semakin bertambah setiap harinya.

Tiket Masuk Curug Gomblang

Untuk menikmati keindahan Curug Gomblang, wisatawan tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan sepuluh ribu rupiah pengunjung sudah bisa rekreasi di air terjun wisata ini. Ada juga tiket terpisah bagi yang ingin berfoto di dek selfie.

Tiket Masuk
Tiket Masuk / per orangRp10.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000
Selfie Deck / per orangRp2.500

Baca: 14 Destinasi Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Buka

Kawasan wisata air terjun alami ini dibuka untuk umum setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau. Kondisi airnya jernih dan debit serta arusnya aman.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Kecantikan Curug Gomblang

Curug Gomblang di Kabupaten Banyumas
Curug Gomblang terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah – Foto: Google Maps / Setyo Budi Utomo

Salah satu kegiatan rekreasi di hari libur adalah rekreasi di alam bebas. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang mendukung untuk aktivitas tersebut. Tidak terhitung jumlahnya kawasan wisata pegunungan, hutan, hingga air terjun. Satu di antaranya berada di Kabupaten Banyumas, yaitu Curug Gomblang.

Air terjun ini merupakan satu dari sekian banyak air terjun yang ada di daerah Banyumas. Air terjun ini menyajikan air terjun spektakuler dan suasana alam yang masih asri. Berada di lereng Gunung Slamet, keberadaannya bagaikan permata tersembunyi. Enaknya, untuk mencapai air terjun cukup mudah baik oleh orang dewasa maupun anak.

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Fasilitas Nyaman

penunjuk area parkir mobil dan motor di kawasan Curug Gomblang
Untuk menuju lokasi Curug Gomblang, pengunjung harus melakukan trekking sejauh kurang – lebih 200 meter – Foto: Google Maps / Untung Setyo Aji

Biasanya, rekreasi ke alam bebas memerlukan sedikit pengorbanan fisik. Jika ingin mendapatkan suasana alam yang masih asli, wisatawan memang harus mengeluarkan ‘perjuangan’ berlebih. Dalam hal air terjun, kebanyakan keberadaannya agak sulit untuk dijangkau. Entah itu di tengah lembah atau di dalam hutan rimbun.

Agak lain halnya dengan Curug Gomblang. Air terjun ini berada di tengah lingkungan hutan konservasi yang terawat. Pengunjung tidak akan sulit menemukan fasilitas umum di sini. Dari area parkir, toilet dan mushola sudah tersedia. Begitu juga kedai penjaja makanan dan gazebo peristirahatan yang luas dan nyaman.

Jalan masuk ke kawasan wisata ini-pun sudah sangat memadai. Jalannya beraspal dan nyaman untuk dilalui motor maupun mobil. Seluruh kenyamanan yang tersedia ini jadi alasan meningkatnya pengunjung yang datang ke sini. Destinasi wisata ini cocok untuk dinikmati oleh keluarga dan berbagai kalangan lainnya.

Baca: HUTAN PINUS LIMPAKUWUS Banyumas Tiket & Aktivitas

Sejuk dan Asri

suasana hutan di sepanjang jalan trekking
Curug Gomblang berada di kawasan konservasi hutan lindung sehingga memiliki suasana alam yang masih asri – Foto: Google Maps / Untung Setyo Aji

Di gerbang masuk, pengunjung sudah disambut oleh sejuknya hutan damar. Di beberapa titik, terdapat pohon pinus dan jati yang tak kalah meneduhkan. Pepohonan yang menjulang menghiasi jalan hingga area parkir.

Dari area parkir, pengunjung diajak untuk menyusuri jalur trekking. Tidak perlu khawatir karena jalur ini hanya berjarak sekitar 200 meter. Cukup 5 atau 10 menit berjalan kaki. Tidak perlu buru-buru, karena beragam flora menemani di sepanjang jalan.

Jalur trekking ini juga dijamin tidak akan merepotkan. Jalurnya berupa tangga yang cukup landai dengan pegangan kayu. Setiap anak tangga dilapisi batu alam sehingga aman untuk anak-anak hingga orang dewasa. Hati-hati saat berkunjung di musim hujan karena tangga ini agak licin.

Baca: Curug Cipendok Banyumas Menyajikan Keasrian Alami

Tempat Swafoto Hits

suasana di area swafoto yang tertata rapi
Wisatawan bisa mengabadikan kunjungan ke Curug Gomblang di area swafoto yang telah disediakan – Foto: Google Maps / Untung Setyo Aji

Di tengah perjalanan, terdapat area untuk beristirahat. Tempat istirahat ini dilengkapi dengan bangku-bangku dari batu. Sekelilingnya dilindungi pagar kayu agar tetap rapi dan aman.

Di sini, terdapat dek swafoto alias selfie deck yang jadi favorit pengunjung. Dek swafoto ini sengaja dibuat di lokasi di mana Curug Gomblang bisa terlihat dari jauh. Spot ini memang cocok untuk mendapatkan panorama komplit air terjun sekaligus alam sekitarnya.

Di sudut lain, terdapat kabin kayu kecil yang menarik perhatian. Rumah kecil ini merupakan ornamen foto lainnya yang tak kalah unik. Jika dek swafoto sedang ramai, pengunjung bisa berfoto di spot ini.

Baca: Dreamland Water Park Banyumas Tiket & Wahana

Keindahan Alami

kawasan sungai di sekitar Curug Gomblang
Curug Gomblang meluncur dari ketinggian kurang lebih 10 meter. Pengunjung bisa bermain air di kolam sekitar air terjun – Foto: Google Maps / Karim Jonosisworo

Trekking berlanjut ke bawah area foto. Dari sini, air terjun sudah tampak jelas meski sesekali tertutup pepohonan. Namun, suara debur airnya sudah bisa terdengar meski dari kejauhan.

Salah satu ciri khas Curug Gomblang ialah debit dan arus airnya yang tinggi. Pengunjung bahkan bisa merasakan sejuknya air yang mengalir dari jarak jauh. Titik-titik air tampak seperti asap karena terbawa oleh angin.

Karena arus yang deras ini, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di dekat lokasi. Namun, wisatawan tetap bisa merasakan segarnya aliran air curug ini di sungainya. Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan kejernihan airnya. Sempatkan untuk bermain air di sini ditemani pemandangan Curug Gomblang yang eksotis.

Baca: CURUG BAYAN Banyumas Tiket & Aktivitas

Fasilitas Curug Gomblang

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Gomblang sendiri sangat lengkap dan memadai. Ini karena pengelolaan yang baik hasil kerjasama Perhutani dan masyarakat desa sekitar. Selain area parkir untuk mobil dan motor, tersedia toilet, mushola, serta warung makanan dan minuman. Wahana wisata yang disediakan yaitu area berkemah, area swafoto kreatif, dan gazebo serbaguna.

Lokasi Curug Gomblang

Air terjun ini terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Loket kawasan wisata Curug Gomblang dari pusat Kota Purwokerto berjarak sekitar 19 kilometer. Jarak ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama kurang – lebih 40 menit.

Akses menuju kawasan wisata Curug Gomblang sudah sangat baik. Jalannya beraspal dan bagus meskipun cukup sempit untuk bus berukuran besar. Dari area parkir, pengunjung masih harus trekking melalui jalan setapak. Jalan ini berupa tangga batu yang tersusun rapi, lengkap dengan railing yang aman.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang