Beranda Tiket Wisata

CURUG CIKULUWUNG Tiket & Ragam Pesona - April 2021

Curug Cikuluwung Harga Tiket: Rp30.000 Jam Buka: 08.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Kp. Suka asih, RT.01/RW.08, Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Tak seperti air terjun pada umumnya, Curug Cikuluwung memiliki air berwarna biru yang indah. Keindahannya mampu membuat siapapun berdecak kagum. Bahkan, ada yang menyebut bahwa tempat ini mirip Grand Canyon versi Indonesia dengan air mengalir. Hal ini dikarenakan adanya tebing batu indah yang ada di kanan kiri sepanjang aliran sungai.

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung Bogor

Keindahan alam ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk yang flat baik untuk hari biasa maupun hari libur. Ditambah dengan tarif parkir yang juga sangat terjangkau. Di sini juga ada sewa pelampung untuk bermain air di kolam dan sungai.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk CikuluwungRp30.000
Tarif Parkir
MobilRp10.000
MotorRp5.000

Harga tiket sudah termasuk sewa pelampung.

Baca: 20+ Obyek Wisata Curug Terbaik di Bogor

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun, ada waktu istirahat juga yang diterapkan di tengah hari. Sebaiknya, berkunjung di pagi atau siang sebelum dan setelah waktu istirahat.

Jam Operasional
Setiap Hari08:00 – 16:00 WIB

Indahnya Air Terjun Berkolam Biru dengan Tebing Batu

Keindahan Kolam Curug Cikuluwung
Keindahan Kolam Curug Cikuluwung. Foto: Gmap/Agus Setiawan

Biasanya, air terjun menawarkan pesona derasnya aliran air dari ujung atas ke kolam bawahnya. Yang paling menarik dari air terjun ini adalah batuan di kanan kiri sungai yang seolah menutupi area air terjun. Sehingga terkesan lebih eksklusif dan tentunya sangat estetik dijadikan objek untuk berfoto. Tak heran, sebelum berbasah ria, pengunjung menghabiskan waktu terlebih dahulu untuk berfoto.

Masuk ke kawasan air terjun, wisatawan akan melihat keindahan alam yang luar biasa. Dari kejauhan, tampak air terjun setinggi kurang lebih 10 meter, mengalir deras dan tampak bak tirai. Di bawahnya, terdapat kolam berair jernih, bahkan cenderung berwarna biru. Kolam ini mengalir di cekungan yang membentuk sungai, mengalir hingga jauh.

Baca: Curug Seribu Tiket & Aktivitas

Di kanan kiri kolam dan sungai, terdapat batuan dengan permukaan halus berwarna coklat muda. Warna coklat muda dari batuan sangat kontras dengan biru dan jernihnya air mengalir. Seolah, kawasan air terjun termasuk kolam dan sungai ini begitu pribadi, karena dilingkupi oleh tebing. Adanya semak yang menyembul dari balik batuan membuatnya tampak semakin estetik, meskipun tidak lebat.

Berenang di Kolam yang Biru

Kolam Curug Cikuluwung yang Berwarna Biru
Kolam Curug Cikuluwung yang Berwarna Biru. Foto: Gmap/chandar chan

Agenda utama ketika wisatawan berkunjung tentu adalah berenang. Membayangkan jernih dan birunya kolam saja sudah pasti tergoda. Apalagi, kolam di sini juga tidak terlalu dalam, jadi cukup aman. Dan disarankan jika ingin berenang, datang saat musim kemarau, karena debit air tidak terlalu tinggi.

Pengunjung juga dapat berenang mendekat dengan air terjun. Alirannya memang deras, namun ada ruang di belakang air terjun yang dapat dimasuki. Tempat di belakang air terjun ini berupa tebing batu yang memiliki ruang. Bisa diduduki dan tentu dapat menjadi tempat yang estetik untuk berfoto.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Satu lagi yang seru yaitu mengarungi sungai dengan pelampung. Inilah mengapa disediakan sewa pelampung, yaitu bagi wisatawan yang ingin mengarungi sungai tanpa khawatir tenggelam. Dan tentu sensasinya akan semakin seru, tidak sederas arung jeram, namun mengalir santai. Dan wisatawan akan dibawa mengarungi sungai yang kanan kirinya berupa tebing batu yang indah.

Spot Aesthetic untuk Berfoto

Foto Estetik di Area Batuan
Foto Estetik di Area Batuan. Foto: Gmap/Orin Hudjunior

Secara keseluruhan sebenarnya objek wisata ini memiliki spot foto yang begitu menarik. Di bagian air terjun, dimana wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah. Atau bagian dalam air terjun sehingga air terjun tampak bagaikan tirai air yang unik. Apalagi jika diambil dari sudut yang tepat, yang menampilkan keseluruhan area batuannya.

Sekelompok batuan besar memenuhi pinggiran kolam. Ada satu batu yang unik, dimana batu ini memiliki cekungan di bawahnya. Sehingga, jika dilihat dari satu sisi, cekungan ini mirip seperti mulut gua. Padahal, hanya batuan di pinggir kolam saja.

Baca: CURUG PANGERAN Tiket & Aktivitas Wisata

Perairan yang biru juga dapat menjadi spot foto yang instagenik. Apalagi jika diambil dari atas, maka pemandangan di bawah akan tampak menakjubkan. Dan memang seharusnya datang ke sini tidak hanya sendiri. Supaya ada yang dapat mengambil foto dari sudut yang pas.

Bersantai di Kawasan Wisata

Air Terjun Curug Cikuluwung
Air Terjun Curug Cikuluwung. Foto: Gmap/chandar chan

Di kawasan Curug Cikuluwung, terdapat warung makan yang dibuat bale – bale. Tempatnya begitu nyaman, apalagi udara sekitar masih sangat sejuk. Wisatawan dapat menikmati kuliner serta minuman hangat. Tentu sangat menyenangkan menikmati sejuknya udara sambil menyantap nikmatnya kuliner.

Baca: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Fasilitas di Curug Cikuluwung Bogor

Akses jalan menuju curug sudah terbuat dari semen dan tangga. Tempat parkir yang luas dan muat untuk wisatawan. Fasilitas toilet yang sekaligus menjadi kamar bilas juga tersedia dengan air yang bersih. Serta warung – warung yang berjajar rapi siap untuk mengenyangkan perut wisatawan yang lapar.

Lokasi Curug Cikuluwung Bogor

Curug ini berlokasi di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata air terjun ini cukup dekat dengan Ibukota Jakarta. Berjarak kurang lebih 80 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara. Sedangkan dari Kota Bogor hanya berjarak 30 Kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini