Curug Seribu salah satu air terjun terbesar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dengan ketinggian air terjun sekitar 100 meter menjadikannya sebagai curug tertinggi di Bogor. Air terjun ini memiliki pemandangan menakjubkan dengan pohon-pohon besar memenuhi sekelilingnya.

Air terjun ini berada di ketinggian antara 750-1.050 mdpl. Dinamakan Curug Seribu dikarenakan dinding batu air terjun dikellingi sangat banyak air terjun kecil. Sumber airnya berasal dari Gunung Salak dan mengalir mengikuti arah Sungai Cikuluwung.

Harga Tiket Masuk Curug Seribu

Air terjun ini berlokasi kawasan Taman Nasional Gunung Salak Endah. Pengunjung yang ingin berwisata ke air terjun ini terlebih dahulu akan dikenakan tiket masuk TNGSE.

Harga tiket masuk Curug Seribu
Tiket Taman NasionalRp15.000
Senin – MingguRp7.000

Baca: CURUG NANGKA Bogor Tiket, Aktivitas & Rute

Jam Buka

Kawasan wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Dengan jam buka dari pagi sampai sore hari. Sedangkan untuk kawasan Gunung Salak Endah sendiri bisa dimasuki 24 Jam.

Waktu operasional
Senin – Minggu08.00 – 16.00

Ragam Aktivitas Wisata di Curug Seribu

Beberapa asumsi muncul tentang penamaan air terjun ini. Pendapat paling umum adalah karena kawasan ini memiliki banyak curug kecil lainnya.

Namun pendapat lain menyebutkan nama ‘seribu’ diambil dari jarak lokasi sekitar 1000 meter dari pintu masuk. Atau karena wisatawan harus menuruni sekitar 1000 anak tangga untuk mencapai lokasi tersebut.

Baca: Curug Pangeran Bogor Tiket & Aktivitas Wisata

Trekking

Jalur treking menuju air terjun menyajikan panorama hutan
Jalur treking menuju Curug Seribu Bogor menyajikan panorama hutan. Foto : Instagram/retno4691

Curug Seribu terletak di lembah dalam, di antara dua punggungan bukit. Untuk mencapainya, wisatawan harus berjalan kaki sejauh tiga km dari tempat parkir menuruni lembah. Perjalanan sekitar 60 menit menuju lokasi air terjun cukup menantang.

Meski harus menempuh perjalanan terjal, namun panorama hutan di sekitar jalur luar biasa indah. Jalurnya berupa jalan setapak yang mulanya masih bagus hingga jalan berbatu yang terjal. Di perjalanan wisatawan akan menemui beberapa mata air segar dan sangat jernih yang dapat langsung diminum.

Baca: Curug Ngumpet Bogor Tiket & Pesona

Seringkali terlihat segerombolan kera hutan yang bergelantungan di sepanjang perjalanan. Suara serangga dan burung-burung turut mewarnai suasana. Setelah jalan bebatuan makin terjal, akan terdengar gemuruh suara air terjun.

Menikmati Pemandangan Air Terjun

Curug Seribu dengan ketinggian 100 meter merupakan air terjun tertinggi di Bogor
Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 100 meter merupakan air terjun tertinggi di Bogor. Foto : Instagram/quadcopter_cibinong

Sesampainya di air terjun, wisatawan akan melihat air terjun dengan ketinggian 100 meter. Curug Seribu begitu besar dan dikelilingi lembah yang sangat terjal. Suara arusnya bergemuruh menghujam aliran sungai di bawahnya.

Dengan jarak yang belum terlalu dekat, wisatawan sudah dapat merasakan hempasan anginnya. Angin tersebut membawa percikan air terjun dan membuat tingginya kelembaban tempat tersebut.

Baca: Curug Leuwi Hejo Tiket & Aktivitas

Air terjun ini berada di tengah kepungan pepohonan besar, membuatnya terlihat tersembunyi. Pepohonan rimbun di sisi kanan, kiri dan atas areanya memberikan sebuah kesan mistis. Kerimbunan tersebut juga sekaligus membuat suasana sekitar air terjun terasa sangat teduh dan bersuhu dingin.

Berenang dan Bermain Air

Pengunjung sedang bermain air di curug seribu
Pengunjung sedang bermain air dan merasakan kesegaran sekitar kawasan wisata air terjun seribu. Foto: Google Maps/Harry-Muurling

Aliran air Curug Seribu bersumber dari Gunung Salak. Itulah mengapa airnya sangat dingin. Namun air tersebut juga memiliki kesegaran yang membuat wisatawan rela berbasah-basahan.

Wisatawan tidak disarankan untuk berenang langsung di bawah air terjun. Air terjun ini memiliki arus yang sangat deras. Aktivitas seperti berenang atau bermain air dapat dilakukan di tempat yang agak jauh dari curahan air terjun.

Baca: Curug Bidadari Tiket & Aktivitas

Pengelola telah memasang penanda sebagai peringatan batasan area untuk aktivitas rekreasi. Sebuah tali panjang dibentangkan sebagai tanda wisatawan tidak boleh melewati batas tersebut.

Berfoto

Menikmati keindahan air terjun yang begitu segar dan dingin dengan tidak melanggar batas peringatan
Berfoto dengan latar keindahan Curg Seribu Bogor yang begitu segar dan dingin dengan tidak melanggar batas peringatan. Foto : Instagram/bogorkotahijau

Selama perjalanan menuju air terjun banyak spot-spot yang menarik untuk berfoto bagi wisatawan. Pemandangan yang asri dimulai dari pepohonan pinus di kiri kanan jalan awal jalur. Semakin mendekati air terjun, latar foto menarik selanjutnya adalah panorama hutan dan perbukitan.

Sesampainya di air terjun, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang aliran air deras yang dikelilingi pepohonan. Banyak pengunjung membuat fose sedramatis mungkin dengan suasana mistis Curug Seribu. Air terjun ini sangat indah dan terlihat bagaikan jatuh dari langit karena ketinggiannya.

Wisatawan juga bisa berfoto di bagian sungai yang dangkal. Bebatuan yang berada di sekitar air terjun memiliki bentuk unik, sehingga cocok dijadikan latar berswafoto. Setiap sudutnya menampilkan suasana air terjun yang sangat alami layaknya belum terjamah.

Fasilitas

Di obyek wisata Curug Seribu terdapat beberapa fasilitas yang tersedia bagi wisatawan. Antara lain MCK, shelter, dan tempat makan.

Demi alasan keamanan, di sekitar air terjun juga dibangun pos jaga. Fungsinya sebagai tempat pemantauan debit aliran air.

Area parkir tersedia dengan kapasitas puluhan motor. Sekitar 100 meter dari lokasi parkir, terdapat deretan penjual makanan dan minuman.

Lokasi Curug Seribu

Wisata air terjun ini berada di dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Atau sekitar 1,5 Jam berkendara dari kota Bogor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.