Beranda Tiket Wisata

Curug Walet Tiket Masuk & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Walet : Rp20.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Ciasihan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Air terjun alami yang berada di tengah kawasan hutan memang selalu menarik perhatian. Di Bogor ternyata ada tempat seperti itu bernama Curug Walet. Kawasannya memang belum banyak diketahui khalayak ramai karena letaknya yang tersembunyi. Lokasinya masih berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sehingga kealamiannya sudah pasti sangat terjaga.

Keunikan air terjun ini adalah memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki tinggi yang berbeda namun semua memiliki kolam di bawah air terjunnya. Airnya sangat jernih karena berasal langsung dari mata air Gunung Salak. Untuk mencapainya wisatawan harus melakukan perjalanan menyusuri hutan yang melelahkan.

Harga Tiket Masuk Curug Walet

Untuk harga tiket di destinasi wisata Curug Walet ini sangat murah meriah. Satu tiket berlaku juga untuk masuk ke air terjun lain yaitu Curug Payung. Keduanya berada dalam satu lokasi yang sama. Akan ada tambahan biaya untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Curug Walet
Tiket Masuk (sudah termasuk juga ke Curug Payung)Rp20.000
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000

Baca: 7 Destinasi Wisata Curug Terbaik di Bogor

Jam Buka Curug Walet

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke air terjun ini. Karena kawasan wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Mengingat dari parkiran harus trekking lagi menuju air terjun maka datanglah saat pagi. Agar wisatawan lebih leluasa dan lebih panjang waktunya untuk menikmati keindahannya. Satu hal yang perlu diperhatikan, setelah hujan akses menjadi sangat licin dan berbahaya.

Jam Buka Curug Walet
Setiap Hari24 Jam

Curug Walet Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Salak

Air terjun dengan dua tingakatan yang menawan
Dengan keindahan yang dimilinya air terjun ini dijamin mampu menyihir siapapun yang melihatnya. Foto: Gmaps/Bocah Dekil

Bagi penggemar wisata petualangan destinasi wisata Curug Walet bisa menjadi pilihan tepat. Letaknya yang tersembunyi di tengah hutan menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan harus melewati sawah, kebun dan hutan untuk dapat mencapai tempat ini. Hutannya masih sangat alami karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Ternyata ada alasan yang mendasari kenapa tempat ini dinamai Curug Walet. Salah satunya karena di sekitar air terjun terdapat banyak sekali sarang burung walet. Air terjunnya terdiri dari tiga tingkatan dan semuanya mengalirkan air yang sangat deras. Lokasinya juga berada masih satu kawasan dengan air terjun lainnya yaitu Curug Payung.

Baca: CURUG CIHERANG Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Trekking Menuju Curug Walet

Jalur trekking menuju Curug Walet

Sesampainya di lokasi wisata, wisatawan harus memarkir kendaraan dan melanjutkan dengan berjalan kaki. Wisatawan akan melewati jalan setapak khas pedesaan. Di awal perjalanan jalur masih terbuka dengan sawah di kanan kiri. Di sini masih akan ditemui banyak warga sekitar yang berlalu lalang.

Tak lama setelah itu akan memasuki jalur hutan dengan jalur yang cukup curam. Namun sudah tersedia jalur berundak-undak seperti sebuah tangga. Jalannya tidak terlalu lebar dan sering kali akan menemui jurang di kanan kirinya. Karena jalurnya cukup ekstrem maka gunakan sepatu atau sandal gunung.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Berhenti Sejenak di Curug Payung

Tampilan Curug Payung
Di tengah perjalanan menuju air terjun utama wisatawan akan menemui air terjun lain bernama Curug Payung. Foto: Gmaps/R Ramadhan

Sebelum mencapai Curug Walet, wisatawan akan terlebih dahulu menemui Curug Payung. Air terjun ini tidak terlalu besar namun memiliki pesona yang menawan. Biasanya tempat ini digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan air terjun. Wisatawan dapat sejenak berfoto-foto dan mengabadikan momen.

Dari Curug Payung perjalanan masih berlanjut lagi.  Jalurnya semakin curam dengan akses anak tangga. Areanya cukup ekstrem karena wisatawan harus melewati sisi tebing. Meski begitu pemandangan yang terlihat sangat luar biasa. Hamparan hutan hijau terasa sangat menyejukkan. Ketika cuaca cerah dan tidak kabut kegagahan Gunung Salak juga dapat terlihat.

Dari area tebing tersebut suara deburan air terjun sudah terdengar dengan jelas. Cukup menuruni tebing sedikit maka wisatawan sudah sampai di area Curug Walet.

Baca: CURUG CILEMBER Tiket Masuk & Aktivitas Top

Melihat Dari Dekat Pesona Curug Walet

Keindahan Curug Walet
Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan dan terlihat sangat indah. Foto: Gmaps/Opick Hidayat

Sesampainya di air terjun rasa lelah berjalan selama kurang lebih 30 menit akan terbayar. Keindahan alam yang asri berpadu dengan udara yang bersih menyejukkan. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan. Untuk yang paling tinggi berada di area paling atas. Untuk naik ke yang paling atas disediakan akses berupa tangga. Wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan bersantai ataupun berfoto ria.

Bermain di Air Terjun

Wisatawan juga dapat bermain air di air terjun ini. air yang jernih seakan menggoda siapa saja untuk bermain-main di dalamnya. Wisatawan dapat memilih ingin berenang di bagian mana. Hal itu karena di setiap tingkatan air terjun terdapat kolam di bawahnya. Airnya sangat jernih sebening kaca dan tentunya menyegarkan.

Berenang area air terjun terbilang cukup aman. kedalamannya sekitar sedada orang dewasa. Namun untuk air terjun terbesar jangan bermain air tepat di bawah air terjunnya. Aliran air yang deras dari atas tentu sangat berbahaya.

Baca: CURUG CIPAMINGKIS Tiket Masuk & Aktivitas

Berkemah di Curug Walet

Bagi yang ingin berlama-lama di tempat ini bisa mencoba untuk bermalam. Tempat ini juga sangat cocok untuk berkemah. Terdapat beberapa area di sekitar air terjun yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Dengan berkemah wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan pesona tempat ini ketika pagi hari. kabut tipis yang menyelimuti dan sinar matahari yang baru terbit pastinya punya daya tarik tersendiri.

Fasilitas

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, gazebo, musala dan warung kuliner.

Lokasi Curug Walet

Air terjun ini beralamat di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota berjarak sekitar 38 Km. Untuk mencapainya dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini