Beranda Tiket Wisata

Pesona Wisata CURUG CIPARAY Bogor - Mei 2020

Curug Ciparay Pamijahan Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Gn. Sari,Pamijahan,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16810.

Bogor si kota hujan ternyata pantas menyandang penghargaan lain: Kota 1001 air terjun. Banyaknya air terjun yang tersembunyi di pegunungan dan hutannya membuat Bogor menjadi salah satu tujuan wisata alam terbaik. Mayoritas air terjun dikelola dengan baik sebagai destinasi wisata alam, salah satunya Curug Ciparay.

Jangan sampai tertukar dengan Curug Ciparay yang berlokasi di Tasikmalaya. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Keadaan alamnya yang masih sangat alami dan terjaga dengan baik, ditambah akses yang cukup menantang, membuat tempat wisata alam ini cocok bagi wisatawan yang menyukai petualangan kecil.

Tiket Masuk

Ada dua jenis tiket yang harus dibayar oleh pengunjung. Pertama, tiket masuk jalur perjalanan menuju curug. Kedua, tiket masuk kawasan wisata curug. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ada biaya retribusi parkir yang harus dibayar. Terdapat penginapan atau homestay di rumah warga sekitar yang harganya bervariasi.

Harga Tiket Masuk Curug Ciparay
Tiket Gerbang PertamaRp10.000
Tiket Pintu MasukRp10.000
Parkir motorRp5.000
Parkir mobilRp10.000
PenginapanRp50.000 – Rp75.000 per orang

Baca: 10+ Curug Keren di Bogor Sayang Yang Dilewatkan

Jam Operasional

Curug Ciparay buka setiap hari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah ketika musim kemarau. Saat musim hujan tiba, biasanya debit air bertambah dan arusnya meningkat. Temperatur suhu dan air pun terlalu dingin untuk sekadar bermain air.

Jam Buka
Setiap hari08.00 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Ciparay

Lanskap Curug Ciparay
Curug Ciparay memiliki ketinggian kurang-lebih 72 meter – Foto: Google Maps/Farhan Wahyudi

Curug Ciparay terletak di kawasan Gunung Salak Endah (GSE). Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 72 meter. Air yang mengalir ketika musim kemarau pun cenderung deras, sehingga tidak disarankan untuk berada terlalu dekat dengan air terjun.

Meski begitu, keindahan alam yang melingkupinya tidak bisa diremehkan. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan lebat dan hijau. Pemandangan hijau ini mempercantik air terjun yang termasuk dalam kawasan Desa Wisata Ciasihan tersebut.

Trekking menuju Curug Ciparay

Jembatan bambu menuju air terjun
Jembatan bambu untuk menyeberangi Sungai Ciparay – Foto: Google Maps/fifi alfianti sukma rani

Curug Ciparay Pamijahan sangat cocok untuk menjadi tujuan trekking. Lokasinya tidak bisa dicapai begitu saja menggunakan kendaraan. Pengunjung harus melalui jalan setapak dan barisan anak tangga untuk bisa sampai ke lokasi.

Perjalanan dimulai dari tempat parkir dengan estimasi waktu 30 menit. Jalur yang dilalui berupa sedikit tanjakan dan turunan yang berbatu. Ada juga beberapa bagian jalan yang berupa tanah merah. Jalan ini tentu akan sulit dilewati ketika musim hujan.

Baca: CURUG CILEMBER Bogor Tiket & Ragam Aktivitas Top

Jalan setapak yang harus dilalui wisatawan juga bersisian dengan tebing batu. Jalannya lumayan sempit, sehingga harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Ada juga jalur yang dihujani oleh tetesan air yang keluar dari tanaman-tanaman di tebing. Ini merupakan tetesan air bersih yang berasal dari mata air di celah bebatuan.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan hijau dari berbagai tanaman liar yang tumbuh di sekitar jalur yang dilalui. Jika jeli, pengunjung bisa menemukan tanaman yang bisa dijadikan lalapan hingga tanaman kopi liar. Namun, jangan lupa untuk tetap berhati-hati dengan jalur bebatuan yang licin dan berlumut.

Keindahan Curug Ciparay Pamijahan

keindahan air terjun ciparay pamijahan bogor
Air terjun yang diselimuti pepohonan dan tanaman hijau menyajikan keindahan pemandangan mengagumkan. Foto: Google Maps/FEBRI

Air terjun yang mengalir di tebing setinggi 50 meter menjadi daya tarik utama kawasan wisata alam ini. Curug Ciparay dikelilingi oleh bebatuan besar dan tumbuhan liar yang memenuhi tebing. Di musim kemarau, aliran air tidak terlalu deras sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas lekukan setiap bebatuan yang dilalui oleh air. Benar-benar panorama yang wajib untuk diabadikan.

Baca: Curug Seribu Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Kedalaman air terjun sekitar berkisar 1 hingga 3 meter. Ada bagian yang aman untuk jadi tempat bermain air dan berenang. Namun, disarankan untuk tetap berhati-hati agar tidak salah memilih pijakan.

Bebatuan besar banyak berserakan di sekitar curug. Pengunjung bisa menjadikannya pijakan untuk cliff jumping karena posisinya tidak terlalu tinggi. Kondisi air masih dalam keadaan bersih dan sangat jernih. Pengunjung bahkan bisa melihat ke dasar sungai dengan jelas.

Bebatuan Merah dan Telaga Biru

Telaga biru di Curug Ciparay
Telaga dengan air berwarna biru jernih di sekitar Curug Ciparay – Foto: Google Maps/Indra Nofriwal

Air dari Curug Ciparay mengalir ke tiga sungai, yaitu Sungai Cikuluwung, Sungai Cikelung, dan Sungai Ciparay dengan batu-batu besar yang berserakan. Sungai Cikelung bisa dikenali dengan ciri khas bebatuan berwarna kemerahan karena mengandung belerang yang mengalir dari Kawah Ratu. Sungai Ciparay merupakan sungai utama dengan air terjun setinggi 72 meter.

Tak jauh dari curug, terdapat sebuah telaga. Telaga ini memiliki air yang biru-kehijauan dengan gradasi merah-cokelat di bagian yang agak dangkal. Meski kelihatannya tenang, telaga ini memiliki pusaran air yang deras. Pengunjung dilarang untuk berenang di sini, namun tetap diperbolehkan menikmati keindahannya dengan mata.

Baca: CURUG BIDADARI Tiket & Aktivitas

Menikmati Kopi Ciputri

Di sekitar sungai, terdapat jembatan dan kios-kios dari bilik bambu. Kios-kios ini membuka saung yang bisa disewa oleh pengunjung dengan harga variatif. Sambil menikmati makanan seperti mie rebus, pengunjung bisa menikmati keindahan Curug Ciparay dari jauh.

Di tempat dengan suhu udara rendah, tak lengkap rasanya jika belum menikmati minuman hangat seperti kopi. Wisatawan yang tertarik dengan kopi bisa memesan menu Kopi Ciputri. Kopi ini merupakan kopi asli yang ditanam di Kampung Ciputri, Desa Asihan, Bogor. Jenisnya robusta dan arabika serta dipanen setiap bulan Juni hingga Juli.

Fasilitas Curug Ciparay

Meski lokasinya tidak mudah untuk dijangkau, namun Curug Ciparay memiliki fasilitas yang lengkap. Tempat parkit, toilet dan kamar mandi, mushola, serta kios-kios makanan tersedia di sini. Ada juga penginapan dan homestay di rumah warga setempat bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Akses Curug Ciparay

Curug ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Pengunjung dari Bogor Kota atau Stasiun Bogor bisa mengarahkan kendaraannya ke jalur Dramaga-Cibanteng-Cibungbulang-Cibatok hingga sampai Kantor Kecamatan Pamijahan.

Dari kantor kecamatan, lurus terus hingga pertigaan Pangkalan Gunung Picung dan lanjutkan ke jalur kanan (bawah). Sekitar 5 km kemudian, tiba di gerbang masuk pertama Curug Ciparay Pamijahan. Dari tempat parkir, wisatawan masih harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke area curug.

Lokasi Curug Ciparay

WIsata air terjun ini terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug ini merupakan bagian dari Desa Wisata Ciasihan yang juga terdapat di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini