Beranda Tiket Wisata

CURUG SUMBA Purbalingga Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Sumba : Rp5.000Jam Buka: 07.00 WIB - 16.30 WIBNo. Telepon: -Alamat: Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53357

Purbalingga yang wilayahnya di kawasan pegunungan dan perbukitan membuatnya memiliki potensi alam yang cantik. Aneka keindahan di lereng Gunung Slamet membuat tempat ini kaya akan obyek wisata salah satunya air terjun. Beragam curug atau air terjun tersebar di beberapa titik, salah satu yang menarik adalah Curug Sumba. Salah satu keindahan tersembunyi yang masih belum dikenal luas. Padahal tempat ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Lokasi Curug Sumba berada di desa terpelosok dengan dominasi hutan serta pepohonan. Namun itulah yang justru menjadi daya tarik dari tempat ini. Suasana yang asri dan masih alami sangat cocok bagi para pecinta wisata petualangan.

Selain itu yang menarik lagi adalah jika dilihat dari kejauhan air di air terjun ini berwarna hijau kebiruan. Namun ketika semakin dekat airnya terlihat sangat jernih dan sebening kaca. Nikmati deburan air terjun dengan suara-suara alam dari hutan membuat tempat ini sangat cocok bagi yang mencari ketenangan.

Harga Tiket Masuk Curug Sumba

Untuk dapat menikmati keindahan di wisata air terjun ini setiap wisatawan membayar tiket masuk. Harga tiketnya murah meriah dan terjangkau. Cukup sekali bayar wisatawan bisa sepuasnya menikmati pemandangan. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: OWABONG Water Park Tiket & Wahana

Jam Buka Curug Sumba

Curug Sumba buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Hindari berkunjung pada saat hujan karena cukup berbahaya.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 WIB – 16.30 WIB

Wisata Air Terjun di Pelosok Desa

Air terjun dengan keindahan asri hutan
Ketika debit air tinggi aliran di air terjun ini bisa menjadi dua dan bahkan tiga. Foto: Gmaps/Teguh Siswanto

Terletak di Desa Tlahab, Curug Sumba adalah sebuah tempat wisata yang letaknya bisa tergolong sangat tersembunyi. Jauh dari hiruk pikuk kota dan memiliki suasana hutan yang asri menjadi keunggulan dari tempat ini.

Berada di area lereng gunung menyebabkan udaranya terasa sejuk dan menyegarkan. Yang menarik adalah di bawah air terjun ada sebuah telaga yang cukup besar. Telaga sering digunakan untuk mandi dan bermain air.

Air di curug ini sangat jernih karena langsung bersumber dari pegunungan. Siapapun yang datang pasti tergoda untuk segera merasakan kesegaran airnya. Berbagai aktivitas tersedia. Selain mandi di bawah air terjun, bisa bersantai menikmati pemandangan. Suara deburan air berpadu dengan suara hutan yang asri menjadi perpaduan yang mampu menentramkan jiwa.

Baca: Taman Bunga Kutabawa Purbalingga

Menuruni Puluhan Anak Tangga

Sebelum mencapai air terjun harus berjalan terlebih dahulu dari parkiran kendaraan. Kemudian akan menuruni puluhan anak tangga untuk bisa mendekat ke air terjun. Dari anak tangga sudah bisa melihat pesona air terjun dari kejauhan.

Karena letaknya lebih tinggi membuat pemandangan hutan yang berada di atas air terjun pun juga akan terlihat. Di kanan kiri anak tangga juga berhiaskan aneka bunga warna-warni yang menambah kecantikan dari tempat ini.

Baca: Golaga Goa Lawa Tiket & Aktivitas

Taman Bunga Yang Indah

Taman Bunga di dekat curug sumba
Menariknya di obyek wisata ini adalah taman dengan koleksi bunga dan tanaman yang cantik. Foto: Gmaps/Junianto Anggi Ramaputra

Selain air terjun, obyek wisata Curug Sumba juga memiliki area taman yang luas. Area rerumputan dan hamparan bunga warna-warni membuat area taman ini sangat cocok untuk bersantai. Ditambah dengan beberapa bangunan gazebo sebagai tempat beristirahat .

Kawasan taman ini terlihat sangat rapi dengan adanya jalan berupa paving blok. Berjalan-jalan melihat koleksi bunga dan tanaman hias juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran.

Baca: SANGGALURI PARK Tiket & Wahana

Mandi di Air Yang Jernih

Air terjun dengan air berwarna hijau di bawahnya
Airnya yang sangat menyegarkan membuat siapa saja pasti tergoda untuk bermain air di tempat ini. Foto: Gmaps/Lie Sungkang87

Aktivitas favrorit di obyek wisata ini tentu saja adalah mandi di bawah air terjun. Terdapat telaga yang luas serta aliran sungai yang bisa dipakai untuk bermain air. Air yang jernih dan segar membuat wisatawan pasti sangat betah mandi di tempat ini.

Kedalaman dari kolam di bawah air terjun juga bervariasi. Untuk yang tepat berada di bawah jatuhnya air memiliki kedalaman sekitar 170-200 cm. sementara untuk bagian sisinya sekitar 150cm.

Baca: Pemandian SITU TIRTA MARTA Tiket & Wahana

Gua Kecil di Sekitar Curug Sumba

Gua kecil di sekitar curug sumba
Di tempat ini ada sebuah gua kecil dengan air terjun kecil dan aliran di bawahnya. Foto: Gmaps/D. Aditya Putra

Di salah satu sudut air terjun terdapat semacam terowongan kecil yang memiliki bentuk seperti gua. Area ini sering tergenang air dan memiliki air terjun kecil. Wisatawan bisa bermain air di area gua ini. Batuan di atasnya sangat rendah sehingga untuk masuk ke sini wisatawan harus membungkuk.

Beragam Keindahan Yang Cocok Untuk Berfoto

Pesona bukit hijau yang sangat memanjakan mata di pintu masuk curug sumba
Tak hanya air terjun saja, tempat ini juga memiliki beragam keindahan yang lainnya. Foto: Gmaps/Haruko Kogioso

Bagi penggemar fotografi, Curug Sumba ini memiliki banyak keindahan yang cocok sebagai objek foto. Air terjun dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan jika terlihat dari kejauhan menjadi salah satu obyek foto favorit.

Namun selain air terjunnya, tempat ini memang sangat indah di setiap sisinya. Baru sampai di parkiran wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menjulang. Pemandangan bukit ditambah dengan area sawah dan perkebunan di bawahnya yang semakin menambah eksotis.

Baca: Alun-alun Purbalingga: Taman Kota Penuh Wahana

Fasilitas di Curug Sumba

Obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Di tempat ini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, kolam renang anak, warung kuliner, gazebo hingga mushola.

Alamat Curug Sumba

Air terjun ini beralamat di Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Dari pusat kota tempat ini berjarak sekitar 16km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam saja.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating