Kampung Afrika Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08:00 - 17:00 No. Telepon: - Alamat: Santren, Tanggung,Kepanjenkidul,Blitar,Jawa Timur,Indonesia,66115.

Tak perlu pergi jauh ke benua Afrika untuk merasakan suasana seperti di sana. Blitar memiliki wisata tempat terbuka bernama Kampung Afrika. Suasana di tempat wisata ini unik dengan tema nuansa pemukiman tradisional suku Afrika.

Tempat ini merupakan wisata keluarga sekaligus sarana edukasi, bermain, dan bersantai. Kampung Afrika berdiri di atas lahan seluas dua hektar. Dibuka Juni 2018, letaknya strategis sekitar lima menit dari makam proklamator Bung Karno.

Harga Tiket Masuk Kampung Afrika Blitar

Untuk merasakan suasana pedesaan afrika ini pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup murah. Dibagi menjadi 2 jenis tiket yaitu tiket anak dan dewasa.

Harga tiket masuk Kampung Afrika
Dewasa Rp10.000
Anak-anak Rp5.000
Wahana Rp5.000 – Rp10.000

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Wisata Kampung Afrika

Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Senin – Minggu 08.00 – 17.00

Wahana Rekreasi Kampung Afrika Blitar

Pintu Masuk Kampung Afrika Blitar Jawa Timur
Pintu Masuk Kampung Afrika Blitar. Foto : Instagram/kampungafrikablitar

Meski bertemakan nuansa tradisional Afrika, area wisata ini cukup teduh. Pepohonan dan taman aneka bunga membingkai rangkaian pesona adat Afrika yang coba ditampilkan. Pengelola juga memberi latar ‘afro-music’, sehingga wisatawan bisa berimajinasi seolah sedang berada di Afrika.

Kampung Afrika merupakan tempat rekreasi bersama keluarga. Tempat wisata ini juga cocok untuk melatih keberanian anak karena disertai banyak wahana permainan.

1. Rumah Tradisional Afrika

Rumah Khas Tradisional suku Afrika di Kampung Afrika Blitar Jawa Timur
Rumah Khas Tradisional suku Afrika di Kampung Afrika Blitar.
Foto : Googlemap/Amanda Farz

Begitu memasuki area wisata, mata pengunjung langsung disambut bangunan rumah tradisional suku Afrika. Model bangunannya berupa rumah bundar dengan ciri khas atap berbentuk kerucut. Bagian atapnya menggunakan anyaman daun tebu kering atau biasa disebut ‘welit’.

Bangunan rumah tradisional Afrika ditata berjajar rapi dalam petak-petak. Setiap petaknya memiliki satu bangunan rumah suku Afrika lengkap dengan halaman dan pagar. Halaman rumah juga dihiasi dengan aneka tanaman bunga yang berwarna-warni.

Wisatawan biasanya berfoto dengan latar bangunan rumah tradisional suku Afrika. Pihak pengelola menyediakan tikar di dalam rumah. Pengunjung dapat masuk ke dalamnya untuk beristirahat sambil makan-makan di dalam rumah.

Baca: FISH GARDEN Blitar Tiket & 7 Wahana Sip

2. Pertunjukan Tari

Pertunjukan Tari biasa digelar akhir pekan dan hari libur nasonal di Kampung Afrika Blitar Jawa Timur
Pertunjukan Tari biasa digelar akhir pekan dan hari libur nasonal di Kampung Afrika Blitar. Foto : Instagram/kampungafrikablitar

Di bagian tengah taman terdapat tempat pertunjukan yang bentuknya melingkar. Tempat ini biasa digunakan untuk menampilkan tari-tarian suku Afrika.

Pertunjukan biasa digelar pada akhir pekan dan hari libur nasional. Wisatawan pun dapat ikut menari di tempat pertunjukan tersebut bersama para penari.

3. Kendang Jimbe

Kendang Jimbe merupakan salah satu suvenir Kampung Afrika Blitar Jawa Timur
Kendang Jimbe merupakan salah satu suvenir yang bisa dibeli di sini. Foto : Isntagram/kampungafrikablitar

Wisata Kampung Afrika ini adalah milik H. Tohari, perajin Kendang Jimbe di lingkungan Santren. Tohari memilih membuat tempat wisata sekaligus untuk promosi kerajinan Kendang Jimbe.

Selama ini, lingkungan Santren terkenal sebagai sentral kerajinan Kendang Jimbe. Tohari juga mengekspor kerajinan kendang Jimbe ke Afrika. Dari situlah ide membuat tempat wisata ala Afrika ini.

Pengelola turut  mempromosikan Kendang Jimbe di tempat wisata ini. Jika ada wisatawan yang tertarik bisa beli langsung di lokasi.

Baca: BUKIT TELETUBBIES Blitar Tiket & 7 Spot Foto Cantik

4. Gazebo

Kampung Afrika merupakan tempat wisata yang cukup bersih dan terawat. Disediakan banyak dudukan gazebo yang teduh untuk istirahat bagi wisatawan. Selain beristirahat, wisatawan juga menjadikan gazebo-gazebo yang ada sebagai salah satu spot foto.

5. Kostum Ala Penduduk Afrika

tersedia sewa kostum di Kampung AFrika Blitar Jawa Tengah
Tersedia sewa kostum ala orang afrika. Foto : Instagram/kampungafrikablitar

Di tempat wisata ini, wisatawan bisa menyewa topi khas suku afrika seharga 5.000 rupiah untuk topi kecil dan 10.000 rupiah untuk topi yg besar.

6. Taman Bunga

Selain menampilkan rumah tradisional dan orname ala Afrika, di sini juga terdapat taman bunga yang menarik. Adanya pepohonan besar dan aneka bunga dan tanaman lainnya memberikan kesan teduh bagi tempat ini.

Jadi, wisatawan tak perlu khawatir akan berpanas-panasan di sini. Meksipun tema yang diangkat adalah tradisional Afrika, tempat ini bukanlah gurun yang terik.

Baca: SUMBER UDEL Waterpark Blitar Tiket & 6 Wahana Asyik

7. Spot Foto Menarik

Kampung Afrika menyediakan cukup banyak spot foto yang menarik. Spot foto yang disediakan sangat mengena dengan konsep tempat wisata. Berbagai ornamen khas tradisional suku Afrika seperti patung batu banyak tersedia di sini. Spot foto favorit wisatawan adalah spot dengan tulisan-tulisan seperti Afrika Land dan Afrika van de Java.

8. Flying Fox dan Mini ATV

Wahana Flying Fox anak-anak
Wahana Flying Fox di Kampung Afrika Blitar. Foto : Instagram/kampungafrikablitar

Ada juga aneka wahana permainan ketangkasan untuk anak-anak. Di sini tersedia Flying Fox, mini ATV, penyewaan perahu di kolam kecil  dan lainnya. Untuk wahana Flying fox tersedia petugas pendamping yang dapat ikut meluncur bersama anak-anak.

Untuk wahana Flying Fox dan mini ATV, wisatawan cukup membayar Rp. 10.000. Sedangkan permainan pasir dan perahu seharga Rp. 5.000.

9. Playground dan Outbond

wahana perahu anak
Wahana Perahu anak. Foto : Instgaram/
kampungafrikablitar

Bagi wisatawan dengan anak, tersedia arena permainan anak. Letaknya di sebelah timur area wisata. Arena  playground dan outbond  disediakan gratis. Sedangkan untuk outbond kelompok, tersedia berbagai paket pilihan tersendiri.

Wisatawan dapat bersantai sambil berbaring di tempat tidur gantung atau hammock di sekitar arena bermain anak. Tempat ini cocok untuk melepas penat dan piknik keluarga.

Permainan tradisional juga banyak tersedia, salah satunya Egrang. Untuk selanjutnya, akan dibuka juga wahana kolam renang.

Fasilitas Kampung Afrika Blitar

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Mushola dan toilet terjaga kebersihannya untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Café juga tersedia bagi wisatawan yang ingin makan dan minum. Ada juga toko suvenir dan gerai oleh-oleh yang menjual cinderamata khas Kampung Afrika.

Area parkir pun cukup luas, bus berukuran besar juga dapat tertampung. Lahan parkir dibuat terpisah antara roda dua dan roda empat.

Lokasi Kampung Afrika

Taman rekreasi pedesaan ala afrika ini berlokasi di Santren, Tanggung, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66115. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Instagram @kampungafrikablitar

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here