Beranda Tiket Wisata

Kampung Bali Garut Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Kampung Bali
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp380.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara No.17, Cibunar,Cibatu,Garut,Jawa Barat,Indonesia,44185.

Meski memiliki nama asli Wisata Budaya dan Alam Graha Liman Kencana, namun banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai Kampung Bali. Objek wisata ini menyajikan taman asri dengan dekorasi khas Bali serta museum yang memiliki ratusan koleksi bersejarah. Pengunjung dapat melakukan kegiatan rekreasi sekaligus belajar sejarah dan budaya Indonesia.

Tiket Masuk Kampung Bali

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kampung Bali dan menikmati suasana alamnya saja, cukup membayar tiket masuk sesuai golongan usia. Tiket yang berbeda dikenakan jika ingin melihat isi museum. Objek wisata ini juga menyediakan paket kegiatan outbond dan arung jeram.

Harga Tiket Masuk
Anak-AnakRp10.000
DewasaRp20.000
Tiket Widoro KandangRp25.000
Tiket Graha Liman KencanaRp50.000
Arung Jeram (min. 10 orang)Rp380.000

Baca: 11 Tempat Wisata Menarik di Garut

Jam Buka

Kampung Bali dapat dikunjungi setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Objek wisata ini biasa dijadikan kunjungan edukasi bagi sekolah-sekolah dan institusi pembelajar.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Kampung Bali

Graha Liman Kencana
Kampung Bali sebenarnya memiliki nama asli Kawasan Wisata Budaya dan Alam Graha Liman Kencana – Foto: Google Maps/Reki Yulinus Nurak

Baca: Curug Sanghyang Taraje Tiket & Daya Tarik

Kawasan Wisata Budaya dan Alam Graha Liman Kencana alias Kampung Bali merupakan salah satu objek wisata di Garut, Jawa Barat. Kawasan wisata ini berdiri di atas lahan seluas nyaris 3,3 ha yang dimiliki secara perseorangan. Lokasinya berupa taman dengan museum dan menghadap langsung ke aliran Sungai Cimanuk.

Pendirian Kampung Bali adalah inisiatif dari sang pemilik, Haji Derajat, yang mempunyai hubungan dekat dengan keluarga Keraton Surakarta. Hampir seluruh bangunan dan koleksi museum didatangkan langsung dari sana. Tidak heran jika tempat ini tidak hanya diminati karena suasananya, tetapi juga kekayaan budaya dan sejarah yang terjaga di museumnya.

Taman Nan Asri

Suasana a la Bali
Suasana khas Bali yang dimunculkan salah satunya melalui ornamen dan dekorasi yang ada – Foto: Google Maps/Kampung Bali Garut

Baca: Candi Cangkuang Garut Tiket & Ragam Daya Tarik

Memasuki lingkungan Kampung Bali, wisatawan mungkin sekilas akan lupa sedang berada di Jawa Barat. Hamparan rumput dilintasi oleh jalan setapak dari bebatuan yang mengarah ke museum dan gazebo. Di antara pepohonan yang menjulang tinggi, berbagai tanaman hias tumbuh dan menambah keindahan taman.

Di berbagai sudut, terdapat aneka patung dengan gaya dan bahan yang berbeda-beda. Kebanyakan menyajikan nuansa budaya Tionghoa dan Hindu-Buddha yang kental. Ada yang terbuat dari batu, logam, dan kayu. Di sudut lain, terdapat replika gapura dan pura khas yang biasa ditemui di daerah Bali.

Sejumlah patung di taman Kampung Bali
Beberapa di antara koleksi patung yang ada di taman – Foto: Google Maps/Anita Sari Nasution

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Ragam Aktivitas

Kampung Bali memiliki beberapa bangunan yang langsung didatangkan dari Keraton Surakarta. Sebut saja bangunan utama yang menjadi museum utama, Graha Liman Kencana, dengan dominasi unsur kayu yang menyusunnya. Setiap bangunan difungsikan sebagai fasilitas yang bisa digunakan pengunjung, seperti mushola.

Keindahan seni buatan tangan manusia juga tidak luput menghiasi bangunan yang ada di taman. Gazebo misalnya, tidak hanya terbuat dari lantai yang disangga empat pilar dan diberi atap. Meski memiliki atap gaya joglo, namun pilarya diberi ornamen naga yang detail.

Koleksi Bersejarah Asli

Sejumlah keris dan senjata tradisional
Koleksi museum terdiri dari berbagai artifak dan benda pusaka, salah satu jenisnya adalah keris dan sejata tradisional yang sudah berusia tua – Foto: Google Maps/rahmat barcelonista

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Berbagai Aktivitas

Sudah berada di sini, sayang jika hanya menikmati suasana alamnya saja. Dengan membayar tiket tambahan, pengunjung bisa memasuki museum yang ada di sini. Ada dua museum yang bisa dipilih, yaitu Pendopo Widoro Kandang dan Graha Liman Kencana.

Di Pendopo Widoro Kandang, pengunjung dapat melihat lebih dari 60 koleksi keris, termasuk keris milik Diponegoro. Selain itu, ada juga koleksi wayang golek dari masetro wayang golek, Asep Sunandar S. Benda-benda pusaka dan bersejarah lainnya seperti singgasana Sultan Pakubuwono VIII dapat dilihat langsung di sini.

Bagian dalam museum
Interior museum yang dihiasi furnitur kayu dan logam tua penuh ukiran serta barang-barang bersejarah lainnya – Foto: Google Maps/khalisa kamilani

Baca: Curug Orok Garut Tiket Dan Ragam Aktivitas Wisata

Di Graha Liman Kencana, pengunjung dapat menemukan sekitar 1000 koleksi keris. Beberapa di antaranya adalah milik Bung Karno serta Gajah Mada dari Majapahit. Al-Quran tulisan tangan, senjata tradisional, dan benda-benda pusaka lainnya pun ada di sini.

Penjaga Kampung Bali akan dengan senang hati menjadi pemandu dan menjelaskan kisah yang ada di balik setiap koleksi museum ini kepada wisatawan.

Rekreasi Alam

area bermain untuk anak
Salah satu fasilitas hiburan yang tersedia yaitu sudut permainan anak – Foto: Google Maps/Erlangga Putra

Baca: Pantai Santolo Garut Tiket & 9 Ragam Aktivitas

Selain wisata edukasi, Kampung Bali juga menyediakan fasilitas rekreasi yang cocok untuk keluarga. Pengunjung bisa datang dan piknik di kawasan ini secara cuma-cuma. Tersedia juga area bermain khusus anak yang teduh dan asri. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan dan buang sampah di tempatnya.

Di samping itu, ada juga paket outbond berupa arung jeram. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati ketenangan suara aliran Sungai Cimanuk, tetapi juga menyusurinya melalui kegiatan ini.

Fasilitas Kampung Bali

Fasilitas yang tersedia di Kampung Bali sudah sangat lengkap dan memadai. Terdapat area parkir, toilet, mushola, serta kantin untuk mengganjal rasa lapar.

Selain museum dan koleksi benda pusaka serta patungnya, Kampung Bali juga menyediakan paket arung jeram Sungai Cimanuk serta edukasi tambulampot (tanaman buah dalam pot). Untuk reservasi atau rencana kedatangan rombongan, hubungi nomor 081313635999 maksimal H-7.

Lokasi Kampung Bali

Kampung Bali berada di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 17, Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi ini bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Sekitar 20 kilometer dari Kota Garut, wisatawan bisa menggunakan angkot Garut – Cibatu atau Garut – Malangbong dan turun di Pasar CIbatu. Dari sini, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkot Cibatu – Limbangan atau ojek agar lebih cepat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini