Beranda Tiket Wisata

Kebun Binatang Bandung Tiket & 5 Aktivitas Menarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung : Rp50.000Jam Buka: 10.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jalan Tamansari No.17 Lb Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40132

Kebun Binatang Bandung merupakan objek wisata yang mengusung tema edukasi tentang kehidupan alam liar. Di dalamnya menyimpan berbagai macam spesies binatang dari jenis mamalia sampai reptil. Jumlah koleksinya diperkirakan mencapai 800 ekor lebih. Seiring berjalannya waktu jumlahnya  terus mengalami peningkatan mengingat ada proses kelahiran setiap tahun.

Selain mengoleksi aneka macam jenis satwa, tersedia pula beberapa wahana dan pertunjukkan budaya. Kehadiran wahana ini memang membuat suasana kebun binatang semakin seru dan meriah. Belum lagi nuansa alamnya yang serba hijau dan banyak ditumbuhi pepohonan rindang.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Untuk memasuki dan menikmati berbagai hiburan di Kebun Binatang Bandung harga tiketnya masih tergolong terjangkau. Begitu juga untuk harga tiket berbagai aktivitas di dalamnya masih tergolong ramah di kantong.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung
Jenis Tiket Harga
Tiket masuk Rp50.000
Tiket rombongan umum Rp45.000
Tiket rombongan sekolah Rp40.000
Memberi makan jerapah Rp25.000
Memberi makan rusa, binturong, dan burung beo Rp10.000
Unta dan gajah tunggang Rp30.000
Kuda tunggang Rp20.000
Sewa stroller Rp25.000
Sewa scooter elektrik Rp25.000

Baca: Pineus Tilu Area Berkemah Tepi Sungai Harga Terjangkau

Jam Buka Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung beroperasi mulai dari pagi hingga sore hari, setiap harinya.

Jam Buka
Senin – Minggu    10.00 – 16.00 WIB

Berbagai Atraksi Di Kebun Binatang Bandung

Liburan ke Kebun Binatang Bandung tidak sekedar melihat satwa saja. Tetapi masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan wisatawan. Misalnya memberi makan hewan, outbound, naik perahu, melihat pertunjukan satwa, dan lain sebagainya.

1. Memberi Makan Hewan Secara Langsung

memberi makan jerapah di kebun binatang Bandung
Aktivitas memberi makan hewan dapat mengajarkan si kecil untuk selalu mencintai dan menyayangi binatang. Foto : Googlemap/tri sahita

Mengamati binatang di balik kandang sudah menjadi aktivitas yang biasa di taman satwa. Tapi yang luar biasa itu bisa memberinya makan langsung dari jarak dekat. Layanan seperti ini bisa wisatawan temukan di Kebun Binatang Bandung. Memang tidak semua satwa diizinkan untuk diberi makan, hanya sebagian saja.

Beberapa satwa yang bisa diberi makan adalah Binturong, Jerapah, Rusa, dan Burung Beo. Sementara  yang tidak diizinkan itu biasanya tergolong hewan buas dan sangat berbahaya. Misalnya Singa, Harimau, Sitatungga, dan Biawak. Keseluruhan hewan tersebut kurang bisa beradaptasi dengan manusia.

Kemudian untuk kegiatan memberi makan hewan terdapat biaya tambahan. Namun tenang saja tarifnya masih terjangkau. Biaya tersebut sudah termasuk pembelian makanannya.

Baca: KEBUN BINATANG Bandung Harga Tiket & Atraksi Satwa

2. Menjelajah Kebun Binatang Dengan Naik Perahu

Aktivitas menarik lainnya yang ada di Kebun Binatang Bandung adalah naik perahu di danau. Wahana ini bisa dinikmati secara gratis tanpa perlu membayar tiket tambahan. Bentuk perahunya lumayan besar dan bisa menampung 10 hingga 15 orang.

Tenang, wisatawan tidak akan mendayung perahunya sendiri. Pihak kebun binatang telah menugaskan seseorang untuk peran tersebut. Biasanya satu perahu hanya ada satu petugas dayung yang duduk di bagian belakang.

Melihat keindahan kebun binatang dari perahu merupakan pengalaman yang unik. Selama perjalanan wisatawan akan melihat rindangnya pepohonan serta hijaunya tanaman. Ditambah dengan cantiknya sekumpulan bunga warna-warni yang menghiasi kawasan tepi danau. Suasana seperti ini tentunya semakin membuat siapa pun betah berlama-lama naik perahu.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Tiket & 6 Spot Selfie Keren

3. Melihat Pertunjukan Satwa

pertunjukan satwa kebun binatang Bandung
Salah satu atraksi menarik berupa pertunjukan hewan yang seru sekaligus menegangkan. Foto : Googlemap/D Intan Marisa

Inilah aktivitas yang paling dinantikan semua pengunjung kebun binatang, khususnya anak-anak. Apalagi kalau bukan pertunjukan satwa burung kakak tua dan anjing poodle yang menggemaskan. Pertunjukan satwa tersebut biasanya dilaksanakan setiap hari pada Pukul 11.00 dan 15.00 WIB.  Selama beberapa menit atraksi ini akan menghibur dan mengocok perut para penonton.

Di sini para hewan tidak akan melakukan pertunjukan seorang diri. Melainkan ada pawang atau petugas yang memandu jalannya acara. Satu orang bertugas sebagai pembawa acara dan lainnya membantu para hewan melakukan atraksi.

Salah satu atraksi terbaik dari acara ini yaitu saat bagian burung kakak tua. Di mana hewan tersebut akan terbang dari panggung  menuju tangan penonton. Pertama-tama petugas akan menunjuk salah satu orang lalu menyuruhnya membentangkan tangan kanan. Dan dalam hitungan beberapa detik burung kakak tua terbang melesat ke arah tangan penonton.

Baca: DAGO DREAM PARK Tiket & 10 Wahana Terbaik

4. Melihat Dari Jarak Dekat

anak kecil mengamati hewan dari balik kandang
Berkunjung ke Kebun Binatang Bandung dapat menambah pengetahuan anak-anak mengenai dunia hewan beserta keindahan alam. Foto : Googlemap/Lia Nawati

Berkunjung ke kebun binatang Bandung tidak lengkap rasanya jika belum melihat sekumpulan faunanya. Diperkirakan satwa yang ada di kawasan ini berjumlah 800 ekor. Sebagian ada yang berasal dari jenis mamalia, reptil, dan ikan. Tetapi yang paling dominan adalah hewan mamalia.

Jalan-jalan santai sembari menyaksikan tingkah laku satwa adalah aktivitas favorit semua kalangan. Tak terkecuali anak-anak dan orang dewasa. Dari jarak dekat bisa melihat bagaimana wujud aslinya. Jika  wisatawan belum  tahu nama hewannya, pengunjung dapat melihatnya di bagian papan informasi.  Di situ tertulis jelas tentang asal-usul hewan tersebut.

Mulai dari nama, habitat aslinya, jenis makanannya, dan lain sebagainya. Semisal masih ada informasi yang kurang jelas bisa  bertanya kepada petugasnya langsung. Biasanya masing-masing kandang ada satu orang penjaga.

Baca: KAWAH PUTIH Tiket & Daya Tarik

5. Mencoba Aktivitas Outbound

Jika merasa bosan melihat-lihat binatang, cobalah mencari aktivitas lainnya yang  tidak membosankan. Salah satunya dengan menjajal wahana menantang seperti flying fox. Wisatawan akan terbang menggunakan tali pengaman yang dikaitkan pada lintasan khusus.

Tidak usah takut jatuh, karena wahana flying fox ini aman dan tidak berbahaya. Sebelum mencobanya pengunjung akan diminta menggunakan helm dan perlengkapan keamanan lainnya.

Setelah melakukan pengecekan dan dirasa aman. Selanjutnya petugas akan memberi aba-aba dan kegiatan flying fox pun dimulai. Dari atas akan terlihat nuansa serba hijau membentang dari segala penjuru. Rasanya itu seperti tengah berada di wilayah pegunungan.

Baca: NIMO HIGHLAND Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas Umum

Kebun Binatang Bandung adalah destinasi wisata yang ramah anak. Di sini terdapat tempat sewa stroller bagi pengunjung yang membawa anak. Kemudian untuk fasilitas pendukung lainnya ada toilet, pujasera, masjid, aula, dan tempat parkir. Jika lelah berjalan kaki bisa menyewa skuter listrik.

Lokasi Kebun Binatang Bandung

Kawasan wisata satu ini letaknya sangat strategis karena berdekatan dengan pusat kota. Perjalanannya bisa menggunakan mobil dengan perkiraan waktu kurang lebih sekitar 15 menit. Alamatnya sendiri berada di Jalan Tamansari No.17 Lb Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 36

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini