Beranda Tiket Wisata

LEUWI MANGROD Air Terjun Berkolam Jernih Kebiruan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Leuwi Mangrod : Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Kampung Cikala, Desa Cibojong, Padarincang, Serang, Banten, Indonesia, 42168

Leuwi Mangrod salah satu air terjun di Serang Banten yang belakangan populer. Salah satu sebabnya karena kawasannya menawarkan pemandangan eksotis dengan alamnya yang masih asri. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun airnya jernih menjadi keunggulan tersendiri.

Salah satu area favorit selama berada di tempat wisata ini yaitu kolam yang ada di bawah air terjun. Kolam ini terbentuk alami memiliki luas sekitar 200 meter persegi. Biasanya wisatawan menghabiskan waktu dengan mandi di kolam tersebut. Airnya sangat jernih dan menyegarkan karena berasal langsung dari mata air pegunungan. Akses menuju ke tempat ini juga sangat mudah karena masih satu kawasan dengan agrowisata Bukit Waruwangi.

Harga Tiket Masuk Leuwi Mangrod

Jika berkunjung ke air terjun ini, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk. Untuk harga tiket masuk masih cukup murah. Namun ada perbedaan harga antara hari biasa dengan akhir pekan atau hari libur nasional.

Harga Tiket Masuk
Hari Biasa Rp5.000
Akhir Pekan/Hari Libur Nasional Rp10.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: PANTAI KARANG BOLONG Tiket & Eksotisme

Jam Buka Leuwi Mangrod

Sementara itu untuk jam operasionalnya tempat ini selalu buka selama 24 jam. Jadi tidak perlu bingung menentukan waktu untuk berkunjung.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Serang

Kolam di bawah air terjun dengan airnya yang menyegarkan
Pesona air terjun yang unik dengan kolam yang airnya berwarna biru. Foto: Gmaps/Bitet

Air Terjun ini sangat cocok sebagai pelarian sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Alam yang asri dan tenang menjadi lokasi yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Berada di kaki bukit Waruwangi, Daya tarik utamanya yaitu airnya yang sejernih kaca. Jika terlihat dari kejauhan tampak berwarna biru. Perpaduan warna biru dari air dan hijaunya pepohonan di sekelilingnya menciptakan pesona yang luar biasa.

Selain itu di sekitar kawasan air terjun terdapat aliran sungai sepanjang kurang lebih 3 Km. Biasanya wisatawan bermain di air di area sungai atau kolam di bawah air terjun. Bagi penggemar kegiatan fotografi, kawasannya juga sangat cantik sebagai objek foto. Tempatnya yang masih alami memberikan suasana serasa tempat terpencil. Namun meski begitu akses menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit.

Baca: Taman Wisata MBS Tiket, Wahana & Aktivitas

Trekking Menuju Air Terjun

Menyusuri hutan untuk mencapai air terjun
Sebelum mencapai air terjun wisatawan akan melewati perkebunan dan hutan yang sangat asri. Foto: Gmaps/Saifun Nuha

Karena letaknya di tengah hutan maka wisatawan harus melakukan trekking menyusuri hutan untuk mencapai air terjun. Setelah memarkir kendaraan di tempat parkir yang tersedia, selanjutnya wisatawan memasuki area hutan. Dulunya hutan di kawasan wisata ini sangat lebat kemudian dibuat jalan agar lebih nyaman.

Akses menuju area air terjun berupa jalan setapak dengan lebar kurang lebih satu meter. Di kanan kirinya penuh dengan pepohonan yang tinggi. Sehingga suasana terasa sangat teduh meski di siang hari yang terik sekalipun. Pemandangan khas pedesaan akan menemani sepanjang perjalanan. Hijaunya Bukit Waruwangi yang tidak jauh dari air terjun juga tampak jelas. Untuk sampai ke air terjun perjalanannya tidak terlalu lama hanya sekitar 15-20 menit saja.

Baca: CURUG CIGUMAWANG Tiket & 4 Aktivitas Oke

Kolam Di Bawah Air Terjun

Bermain di kolam bawah air terjun leuwi mangrod
Kolam yang terbentuk alami di bawah air terjun menjadi spot favorit untuk bermain air. Foto: Gmaps/Ruslan Abdoel Gani

Air terjun Leuwi Mangrod memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2-3 meter saja. Namun yang jadi daya tarik adalah kolam di bawahnya dengan air yang sangat jernih. Biasanya wisatawan menghabiskan waktu untuk berenang di kolam tersebut. Airnya yang menyegarkan khas air pegunungan membuat wisatawan betah berlama-lama.

Bermain air di kolam tersebut relatif aman karena tidak terlalu dalam. Kedalamannya hanya seperut orang dewasa. Sehingga bagi yang tidak bisa berenang pun tetap aman. Sementara bagi anak-anak sudah tersedia tempat penyewaan pelampung dan ban.

Baca: Pemandian Air Panas Gunung Torong Tiket & Aktivitas

Menyusuri Sungai

Air terjun dengan sungai yang bersih
Sungai dengan airnya yang bersih juga bisa menjadi pilihan untuk bermain air. Foto: Gmaps/Aurelyon Nixem

Di sekitar air terjun terdapat aliran sungai yang panjang. Selain bermain air di bawah air terjun, banyak yang menghabiskan waktu berenang di sungai. Wisatawan bisa mengikuti arus dengan airnya yang jernih dan segar. Pada beberapa bagian sungai di sisi kanan kirinya terdapat bebatuan yang tinggi. Area tersebut biasa dipakai wisatawan untuk atraksi terjun dari atas batu. Ketinggiannya sekitar 5-6 meter.

Pemandangan Indah Di Sekitar Air Terjun

Jernihnya aliran sungai di Leuwi Mangrod Serang
Selain air terjunnya, pemandangan alam pedesaan di sekitar tempat wisata ini juga sangat cantik. Foto: Gmaps/Fahrurahman Alhijri

Selain berenang di airnya yang jernih, wisatawan juga bisa sekedar bersantai di tepi sungai. Tersedia gazebo untuk duduk-duduk bersantai. Sambil bersantai bisa memesan aneka makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung sekitar. Pemandangan alam di sekitar air terjun ini sanggatlah memukau. Sawah, perkebunan dan deretan pohon kelapa menciptakan suasana pedesaan yang begitu kental.

Baca: CURUG PUTRI CARITA Tiket Masuk & Daya Tarik

Berkemah di Leuwi Mangrod

Karena alamnya yang masih asri, Leuwi Mangrod bisa jadi pilihan untuk aktivitas camping. Saat ini sudah tersedia beberapa titik camping area. Wisatawan bisa mendirikan tenda di tepi-tepi sungai atau di dekat air terjunnya. Nikmati heningnya malam berteman suara air terjun dan aliran air tentu bisa menenangkan pikiran.

Fasilitas

Meski terbilang masih baru namun sarana dan prasarana yang tersedia sudah sangat memadai. Misalnya area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, gazebo, warung kuliner, tempat penyewaan ban dan pelampung serta mushola.

Lokasi Leuwi Mangrod

Tempat wisata ini beralamat di Kampung Cikala,  Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Lokasinya berada di pedesaan dan jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 39 Km dari pusat kota Serang dan membutuhkan perjalanan kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 30

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini