Beranda Tiket Wisata

CURUG PUTRI CARITA Tiket Masuk & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Putri Carita : Rp15.000Jam Buka: 07.00 WIB - 17.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Pandeglang, Banten, Indonesia, 42264

Kabupaten Pandeglang memang mendapat berkah keindahan alam yang luar biasa. Dengan pesona bentang alam gunung, laut terhampar dari tempat ini. Di ujung barat Pandeglang terdapat destinasi wisata yang sedang hits yaitu Curug Putri Carita.

Air terjun yang kini menjadi tujuan wisata andalan baru di provinsi Banten. Karena memiliki pesona yang mirip seperti Green Canyon. Bedanya air terjun ini tidak terlalu besar sehingga tepat mendapat julukan sebagai “little Green Canyon”. Selama di sini wisatawan bisa menyusuri sungai dan merasakan kesegaran air alami.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Carita

Untuk menikmati keindahan di Curug Putri Carita wisatawan akan terdapat biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya masih terjangkau. Kemudian ada biaya tambahan untuk pemandu jika ingin menyusuri sungai. Biayanya pun juga masih terjangkau dan selama kegiatan akan mendapatkan jaket pelampung.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp15.000
Guide Susur Sungai Rp50.000

Baca: BATU QURAN Tiket Masuk, Kolam Jernih Berbalut Mitos

Jam Buka Curug Putri Carita

Air terjun ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun wisatawan tetap bisa bermalam karena tersedia camping area. Tips berkunjung datanglah ketika cuaca cerah. Sebab jika hujan maka air akan meluap sehingga tidak bisa dipakai untuk sensasi susur sungai.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 WIB – 17.00 WIB

Wisata Curug Dengan Tebing Ala Green Canyon

Keindahan curug yang mirip Green Canyon
Tebing dengan aliran sungai berwarna biru menjadi keistimewaan dari tempat ini. Foto: Gmaps/Marlina Farida

Curug Putri Carita masih berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) desa Sukarame. Letaknya persis di seberang pintu masuk Pantai Carita. Kawasannya menyajikan sensasi petualangan alam.

Hal itu karena areanya yang masih begitu alami. Tebing dan hutan yang lebat menjadi sajian khas dari destinasi wisata ini. airnya yang berwarna biru juga semakin menambah keeksotisannya.

Sementara air terjunnya sendiri hanya setinggi 3 meter saja. Namun yang menjadi keistimewaan yaitu barisan tebing-tebing coklat di sepanjang aliran sungai. Di bawahnya terdapat aliran sungai yang sangat bersih dan menyegarkan.

Dengan bentuk aliran berkelok-kelok sepanjang 50 meter. menyusuri sungai adalah aktivitas utama selama berada di sini. Letaknya yang berada di kawasan Perhutani juga membuat alam sekitarnya sangat terjaga.

Sebelum berfungsi sebagai obyek wisata, dulunya kawasan sekitarnya dianggap sebagai lokasi yang sakral. Kemudian oleh pihak Perhutani disulap menjadi tempat wisata menarik. Nuansa petualangan sangat terasa karena untuk menuju area air terjun wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Letaknya yang berada di lereng Gunung Pulosari dengan udara sekitar yang terasa sejuk dan menyegarkan.

Baca: PULAU PEUCANG Pandeglang Biaya & Ragam Aktivitas

Perjalanan Menuju Curug Putri Carita

wisatawan sedang melakukan trekking menuju Curug Putri Carita
Sebelum mencapai area air terjun wisatawan harus berjalan menyusuri hutan yang masih sangat alami. Foto: Gmaps/Reza Ganteng

Jika berkunjung ke Curug Putri wisatawan akan merasakan sensasi petualangan alam. Sebab sebelum dapat menikmati keindahan air terjun harus berjalan terlebih dahulu dengan jarak yang cukup panjang. Dari area parkir bisa melakukan trekking melewati kawasan hutan sejauh 2 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45-60 menit.

Selama di perjalanan suguhan keindahan hutan alami sangat terasa. Udara yang sejuk dengan suara dedaunan terkena tiupan angin akan menemani perjalanan. Jika beruntung bisa bertemu dengan aneka satwa penghuni asli hutan. Misalnya monyet yang bergelantungan hingga aneka burung warna-warni. Jika ingin ke sini lebih baik memakai sandal gunung atau sepatu gunung untuk memudahkan selama melakukan perjalanan.

Baca: PULAU LIWUNGAN Pandeglang Tiket & Ragam Aktivitas

Serunya Susur Sungai

Sensasi serunya menyusuri sungai dengan air yang jernih
Keseruan susur sungai dengan melewati celah-celah tebing. Foto: Gmaps/Curug Putri Carita

Aktivitas unggulan yang ada di Curug Putri Carita yaitu kegiatan susur sungai. Selama kegiatan wisatawan akan melewati aliran sungai berkelok-kelok dengan air yang jernih. Kegiatan ini sangat aman karena ditemani pemandu dan dilengkapi dengan jaket pelampung. Wisatawan akan melewati sungai dengan tebing di kanan kirinya. Kegiatan ini sangat seru dan dapat mengakrabkan satu sama lain.

Dengan panjang aliran sekitar 50 meter dijamin akan sangat puas menyusuri sungai di kawasan Curug Putri Carita. Celah celah tebing sepanjang aliran sungai bisa menjadi area foto yang sangat instagramable. Layaknya keindahan alam ala Green Canyon. Aliran sungainya terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama dengan lebar 5 sampai 7 meter, sementara di bagian kedua 10 hingga 15 meter.

Baca: PULAU UMANG Harga Tiket & Daya Tarik

Mandi Di Air Terjun

Setelah merasakan sensasi serunya susur sungai lanjutkan dengan mandi di bawah air terjun. Air terjunnya memang hanya setinggi 3 meter saja. Namun memiliki aliran air yang sangat deras dan jernih. Wisatawan bisa merasakan segarnya air di bawahnya.

Telaga di bawah air terjun sangat aman untuk bermain air karena kedalamannya hanya sekitar 1 meter saja. Ditambah dengan pepohonan rindang di kanan kirinya juga membuat area air terjun begitu eksotis.

Baca: PANTAI ANYER: Tiket, Aktivitas & Wahana

Bersantai di Tepi Sungai

Sungai dengan pesona alami
Suasana sungai dengan pepohonan rindang di sekitar membuarnya nampak asri dan cocok untuk bersantai. Foto: Gmaps/BRO BRI

Bagi yang malas bermain di air terjun bisa sekedar bersantai di tepi sungai dan menikmati keindahan alam yang ada. Duduk-duduk santai sambil menikmati deburan air terjun dan udara segar hutan pastinya bisa menyegarkan pikiran. Apalagi sambil ditemani secangkir kopi dan aneka minuman hangat di warung-warung yang tersedia. Selain itu tersedia berbagai aneka camilan yang menambah nikmati bersantai di Curug Putri Carita.

Fasilitas

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memanjakan. Di tempat ini tersedia area penitipan kendaraan, toilet dan kamar mandi, mushola, warung kuliner hingga mushol. Untuk kegiatan susur sungai akan disediakan tour guide, jaket pelampung hingga dokumentasi.

Alamat Curug Putri Carita

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang. Letaknya cukup jauh dari pusat kota karena berada di ujung barat provinsi Banten. Dari pusat kota Pandeglang berjarak sekitar 46 Km dan dapat ditempuh sekitar satu setengah jam. Lokasinya dekat dengan wisata Pantai Carita.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini