Beranda Tiket Wisata

CURUG CIGUMAWANG Tiket & 4 Aktivitas Oke – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Cigumawang : Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Bugel, Padarincang, Serang, Banten, Indonesia, 42618

Lanskap Kabupaten Serang memang memiliki gugusan pegunungan. Tak heran jika terdapat banyak curug atau air terjun. Tepatnya di sebelah barat Serang ada air terjun yang menarik yaitu Curug Cigumawang.

Menarik karena areanya menawarkan sensasi wisata yang berbeda. Berada di dalam hutan dengan suasana air terjun ini masih sangat alami. Untuk mencapai air terjun wisatawan harus berjalan menyusuri hutan.

Selain karena keindahan air terjunnya, berbagai kegiatan alam bisa dilakukan di tempat ini. Salah satu yang menjadi keunggulan adalah aktivitas susur sungainya. Di bawah air terjunnya terdapat aliran sungai panjang yang berbatu. Airnya juga sangat bersih karena bersumber langsung dari mata air Gunung Buntu.

Harga Tiket Masuk Curug Cigumawang

Untuk menikmati keindahan di air terjun ini setiap wisatawan membayar tiket masuk. Harga tiketnya cukup terjangkau. Sedangkan untuk harga tiketnya berlaku berbeda sesuai usia.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp10.000
Anak-anak Rp5.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: Wisata BENDUNGAN SINDANGHEULA Serang

Jam Buka Curug Cigumawang

Tidak ada jam operasional yang berlaku di kawasan wisata air terjun. Curug Cigumawang selalu buka selama 24 jam. Namun idealnya aneka kegiatan akan berlangsung di siang hari. Jadi direkomendasikan datang pagi atau siang hari ketika cuaca cerah. Sementara untuk di malam hari kegiatan utamanya adalah berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Cerita Unik Di Balik Nama Curug Cigumawang

Air terjun yang masih sangat asri
Keindahan air terjun dengan tebing di kanan kirinya. Foto: Gmaps/Rahmat Irwansyah

Ternyata ada kisah unik yang melatarbelakangi nama air terjun ini. Konon sekitar tahun 70’an para penduduk setempat melihat debit air yang jatuh membentuk seperti bawang. Dalam bahasa Sunda bawang artinya adalah Cigumawang. Maka dari itulah air terjun ini kemudian bernama Curug Cigumawang.

Memiliki tinggi sekitar 40 meter, air curug ini dipercaya juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Airnya sangat jernih dan menyegarkan karena berasal dari mata air Gunung Buntu.

Sementara kawasannya masih sangat asri dan terjaga kealamiannya. Area sekitar air terjun terlihat eksotik dengan tebing-tebing yang mengelilinginya. Di tebing-tebing tumbuh pepohonan yang rindang sehingga membuat tempat ini terasa teduh. Selain itu beragam kegiatan alam bisa dilakukan mulai dari susur sungai, outbond, camping hingga panjat tebing.

Baca: PANTAI MARINA Serang Tiket Masuk & Wahana

Trekking ke Curug Cigumawang

Obyek wisata ini juga kental dengan nuansa petualangan. Sebab dari area parkir menuju ke air terjun harus berjalan menyusuri hutan. Namun tidak perlu khawatir karena rutenya tidak terlalu panjang. Wisatawan akan melewati jalan setapak sepanjang kurang lebih 1 Km. Dengan perjalanan sekitar 15-20 menit saja.

Jalur menuju air terjun pun terbilang sangat ramah dengan pemandangan yang memesona. Di sepanjang perjalanan sugahan keindahan hutan dengan udara yang sejuk siap menemani. Suara kicauan burung menambah kenikmatan dalam perjalanan. Tanda bahwa sudah dekat dengan air terjun adalah sebuah sungai kecil. Wisatawan harus menyeberangi sungai dengan jembatan kayu. Setelah itu keindahan Curug Cigumawang akan terlihat.

Baca: AQUALAND Serang Tiket & 5 Wahana

Susur Sungai

Sungai berbatu yang cocok untuk susur sungai
Wisatawan bisa merasakan keseruan dengan mencoba aktivitas susur sungai yang ada di tempat ini. Foto: Gmaps/Nuril Aswarno

Selama berada di air terjun jangan lewatkan aktivitas seru susur sungai. Sungai dengan arus cukup deras dan bebatuan besar memang sangat cocok untuk kegiatan ini. Rutenya tidak terlalu panjang namun bisa memberikan keseruan. Aktivitas ini sangat cocok untuk yang datang bersama rombongan. Karena semakin banyak pastinya akan semakin seru.

Mandi di Curug Cigumawang

Air terjun dengan air yang bersih dan menyegarkan
Air terjun dengan aliran air yang bersih dan jernih sangat menyegarkan untuk mandi. Foto: Gmaps/Muchtar 2910

Selain susur sungai aktivitas favorit lainnya yaitu mandi di bawah air terjun. Aliran yang langsung dari mata air Gunung Buntu membuatnya terasa sangat menyegarkan. Airnya juga sudah pasti sangat jernih dan bersih.

Dengan kedalaman telaganya yang bervariasi. Untuk area pinggir selutut hingga sepinggang orang dewasa. Sementara semakin menengah kedalamannya seperut hingga sedada orang dewasa.

Selain di bawah air terjun langsung, wisatawan juga bisa mandi di setiap aliran sungainya. Area aliran sungai di sekitar air terjun ini lebih ideal bagi yang mengajak anak-anak. Tak heran jika banyak yang berkunjung ke sini bersama keluarga

Baca: GUNUNG SANTRI Wisata Religi Makam Ulama Besar

Bersantai Dan Berfoto Ria

Air terjun dengan air yang jernih
Pesona air terjun yang sangat indah sangat cocok untuk menciptakan foto yang instagramable. Foto: Gmaps/Luckymitha Hayuningtyas

Tempat wisata ini juga cocok bagi yang sekedar ingin bersantai dan menikmati suasana alam. Wisatawan bisa melihat keindahan air terjun dari tempat duduk yang sudah tersedia. Area air terjun yang berada di tengah hutan membuat suasananya masih sangat asri. Pesona air terjun dengan tebing di kanan kirinya menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Bagi penggemar fotogarfi, tempat ini sangat cocok untuk berburu foto-foto estetik.

Berkemah Hingga Panjat Tebing

Curug Cigumawang ini juga menjadi tujuan favorit untuk berkemah. Dengan suasana yang masih alami dan berada di area hutan. Berkemah dengan sensasi deburan air yang jatuh di sepanjang malam pastinya memberikan pengalaman tersendiri.

Selain berkemah, bagi para pegiat olahraga panjat tebing area sekitar air terjun memang sangat cocok. Karena sekitar air terjun didominasi tebing-tebing tinggi. Sudut kemiringan tebing yang mencapai 90 derajat. Namun tentu saja kegiatan ini hanya untuk profesional yang sudah terlatih.

Baca: PULAU OAR Biaya Terjangkau Beragam Pesona

Fasilitas Curug Cigumawang

Fasilitas yang tersedia cukup memadai. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, gazebo hingga mushola. Terdapat pula warung makanan dan minuman, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan jika berada di tempat ini.

Lokasi Curug Cigumawang

Wisata air terjun ini beralamat di Desa Bugel, Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Berjarak sekitar 35 Km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam berkendara.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini