Beranda Tiket Wisata

LINGKUNG GUNUNG Bogor Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Lingkung GunungHarga Tiket: Rp300.000-Rp450.000Jam Buka: 09.00 - 20.00No Telp: +622518291453Alamat: Cimande, Caringin, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16730

Lingkung Gunung adalah destinasi camping dan staycation yang berada di Bogor. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Gede-Pangrango dengan ketinggian 850 mdpl. Udara sejuk serta pemandangannya mampu menyegarkan mata dan pikiran.

Di samping menyediakan area berkemah dan menginap, terdapat beragam kegiatan rekreasi yang ditawarkan. Beberapa di antaranya adalah berkuda dan outbond. Wisatawan juga bisa menikmati nongkrong asyik di Elji Cafe serta narsis ria di spot foto yang Instagramable.

Harga Tiket Masuk Lingkung Gunung

Wisatawan tidak dikenai tiket untuk masuk ke area Lingkung Gunung. Begitu juga pengunjung yang ingin datang ke Elji Cafe. Pengunjung hanya perlu membayar biaya jika mau kemping, menginap, atau mencoba aktivitas rekreasi yang ada.

Harga Tiket Masuk
Villa SunsetMulai Dari Rp350.000
GlampcampMulai Dari Rp450.000
Camping Site Mulai Dari Rp30.000
Camping CeriaMulai Dari Rp300.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka Lingkung Gunung

Lingkung Gunung buka setiap hari. Wisatawan bisa melakukan reservasi langsung atau online sesuai jam operasional. Sementara Elji Cafe memiliki jam buka yang berbeda untuk weekend dan weekday.

Jam Operasional
Lingkung Gunung 09.00 – 20.00 WIB
Elji Cafe Weekday 09.00 – 19.00 WIB 
Weekend 09.00 – 21.00 WIB

Wisata Lingkung Gunung

Lingkung Gunung Adventure Camp
Lingkung Gunung Adventure Camp, menghadirkan campground di ketinggian 850 mdpl yang sejuk dan asri – Foto: Google Maps/Lanna dLanna

Berkemah di alam bebas adalah kegiatan wisata yang banyak digemari untuk keluarga. Terlebih bagi warga perkotaan seperti Jabodetabek. Namun, opsi wisata alam biasanya tak jauh dari Puncak yang terkenal karena kemacetannya. Lingkung Gunung adalah destinasi wisata alam yang hadir sebagai alternatif.

Area wisata ini berada di selatan Kota Bogor, tepatnya di kaki Gunung Gede-Pangrango. Kawasan ini belum seramai Puncak, sehingga lebih mudah dan nyaman menjangkaunya. Daya tarik yang ditawarkan yaitu area berkemah dan staycation di dataran tinggi. Pemandangan puncak Gunung Salak jadi salah satu highlight utama di sini.

Akomodasi menginapnya cukup bervariasi dan nyaman untuk liburan keluarga. Fasilitasnya lengkap, mulai dari sarana pendukung hingga wahana rekreasi. Selain itu, Lingkung Gunung juga punya Elji Cafe yang cocok sebagai spot nongkrong anak muda.

Baca Juga: CIBALUNG HAPPY LAND Tiket & Wahana

Camping Ceria

Campground area
Area untuk Camping Ceria – Foto: Google Maps/Taufik Saptono Aji

Camping Ceria adalah fasilitas untuk menikmati berkemah di alam terbuka tanpa repot. Pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan berkemah. Dengan paket kemping yang ada, wisatawan sudah mendapatkan tenda berkapasitas maksimal 4 orang. Cocok untuk keluarga atau bersama teman-teman.

Tarif berkemah sudah termasuk sleeping bag, matras, kasur lantai, serta lampu dalam tenda. Wisatawan juga akan mendapatkan sarapan untuk dua hingga empat orang. Selain itu, juga mendapat akses untuk berenang di kolam renang sepuasnya. Dengan fasilitas selengkap ini, Camping Ceria di Lingkung Gunung tentu layak menjadi ajang berlibur bersama keluarga.

Baca Juga: HUTAN PINUS Sentul Tiket & Aktivitas

Glamping & Villa

Pemandangan dari glamping area
Pemandangan yang tersaji dari area glamping – Foto: Google Maps/Imas Thamrin

Akomodasi lain yang tersedia untuk bermalam yaitu glamping dan villa. Tenda glamping berupa bangunan semi-permanen berbentuk segitiga. Bangunan unik ini memiliki jendela lebar dengan sirkulasi udara yang baik.

Terdapat tempat tidur lesehan lengkap dengan bantal dan selimut serta lemari kabinet. Paket glamping ini juga sudah termasuk sarapan. Wisatawan juga mendapat akses berenang serta menikmati api unggun.

Sementara itu, Villa Sunset adalah opsi bagi mereka yang ingin bermalam dengan lebih nyaman. Villa Sunset memiliki desain rumah panggung yang lengkap dengan balkon. Baik villa maupun glamping menyajikan pemandangan langsung ke Kota Bogor dan puncak Gunung Salak. Dinamai ‘sunset’ karena wisatawan dapat menikmati panorama matahari terbenam langsung dari balkonnya.

Memang untuk fasilitas villanya lebih lengkap dan eksklusif. Wisatawan memiliki kamar mandi dalam yang lebih privat. Ditambah dengan tempat tidur lesehan, bantal-selimut, termos pemanas air, serta televisi. Tentu saja fasilitas ini termasuk sarapan, berenang, dan shuttle car.

Baca Juga: LEMBAH TEPUS Bogor tiket & pesona air terjun bertingkat

Rekreasi Alam

Meluncur dengan flying fox
Salah satu wahana rekreasi yang bisa dicoba di Lingkung Gunung – Foto: Google Maps/Lingkung Gunung Adventure Camp

Melengkapi keseruan berkemah di Lingkung Gunung, tersedia juga sejumlah aktivitas rekreasi menarik. Semuanya merupakan kegiatan hiburan di alam bebas yang cocok untuk semua umur. Ada kuda tunggang, panahan, flying fox, hingga paintball dan arung jeram.

Lingkung Gunung juga menawarkan sejumlah fasilitas training dan paket outbond. Paket mencakup fasilitas camping dan aneka kegiatan yang melatih kekompakan dan kepemimpinan. Peserta akan dibimbing oleh fasilitator berpengalaman selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga: GUNUNG BUNDER Bogor Tiket & Ragam Aktivitas

Elji Cafe

Elji Cafe yang sejuk
Nongkrong di Elji Cafe, kafe dengan suasana pegunungan yang asri – Foto: Google Maps/Nugroho

Bagi pengunjung yang tidak berniat untuk menginap, Elji Cafe adalah opsi yang tepat. Kafe ini mengusung konsep outdoor yang sejuk. Panorama kota dan perbukitan merupakan pemandangan yang utama ketika bersantap di sini. Sementara untuk suasana lebih dramatis datanglah menjelang malam hari. Karena suasananya terkesan lebih romantis dengan temaram lampu-lampu hias.

Menu yang disajikan sangat beragam. Pengunjung bisa memilih makanan berat, makanan ringan, serta aneka jenis minuman. Ada nasi goreng, ayam, pasta, hingga pisang goreng dan lumpia. Jangan lupa mencicipi berbagai varian kopi, teh, dan milkshake-nya.

Berteman menu yang lezat dan pemandangan memukau, pengunjung akan betah berlama-lama. Ditambah dengan beberapa spot foto yang kece untuk dipajang di media sosial. Selain berfoto di gardu pandangnya, jangan lupa menangkap suasana hangat Elji Cafe di malam hari.

Baca Juga: Curug CIPUTRI Bogor Tiket & Aktivitas

Fasilitas Lingkung Gunung

Fasilitas pendukung di Lingkung Gunung dimulai dari area parkir, toilet, musala, hingga aula. Kemudian tersedia kafe, restoran, spot foto, dan gazebo santai. Selanjutnya ada pula beragam aktivitas rekreasi serta paket leadership training hingga bertani organik.

Alamat & Rute Lingkung Gunung

Objek wisata ini terletak di Jalan Veteran nomor 88, Kampung Ciherang Satim, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor. Hanya sekitar 30 menit dari Gerbang Tol Ciawi atau Tol Bocimi. Medan jalan berupa jalan berbatu yang sebagian tertutup aspal. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan seperti mini bus.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 6

Kasi Bintang