Beranda Tiket Wisata

Curug Cikaracak Tiket Murah Suasana Sangat Alami – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Cikaracak : Rp8.500Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Cinagara, Caringin, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16730

Keindahan Gunung Gede Pangrango yang ada di Kota Bogor tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya di puncaknya, di kaki gunungnya pun menyimpan keindahan yang luar biasa. Di lereng sebelah barat ada satu surga tersembunyi bernama Curug Cikaracak. Letaknya memang masih tersembunyi di tengah hutan yang lebat.

Memiliki tinggi kurang lebih 40 meter, Curug Cikaracak menghadirkan pesona yang luar biasa. Air terjun ini sangat cocok bagi penggemar wisata petualangan. Karena untuk mencapainya wisatawan harus trekking sepanjang lebih dari 2 Km. Deburan air yang jernih berpadu dengan hijaunya alam sekitarnya menjadi suguhan utama yang menakjubkan. Tempatnya sangat pas sebgai area berkemah karena masih “perawan”.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaracak

Untuk wisata air terjun ini sudah ada penarikan retribusi. Namun tidak perlu khawatir karena tiket masuknya masih murah. Kemudian akan ada biaya tambahan untuk parkir/penitipan kendaraan.

Harga Tiket Curug Cikaracak
Tiket Masuk Rp8.500
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: CURUG LOVE Bogor Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Curug Cikaracak

Untuk jam bukanya sendiri air terjun ini belum memberlakukan jam buka resmi. Jadi wisatawan bisa berkunjung kapan untuk menikmati air terjun. Namun idealnya bisa datang saat hari masih pagi. Mengingat wisatawan masih harus berjalan jauh untuk mencapai kawasan air terjun.

Jam Buka Curug Cikaracak
Setiap Hari 24 Jam

Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Gede Pangrango

Keindahan air terjun yang berada di tengah hutan
Air terjun ini masih sangat alami dengan tumbuhan lebat di sekitarnya. Foto: Gmaps/Budi Supriyadi

Bogor memiliki banyak sekali wisata air terjun. Namun untuk yang satu ini mungkin masih cukup asing di telinga. Curug Cikaracak adalah air terjun yang tersembunyi di tengah hutan rimba. Letaknya berada di lereng Gunung Gede Pangrango sebelah barat. Meski tingginya tak terlalu menjulang namun pesonanya tidak bisa disepelekan.

Untuk mencapai tempat ini membutuhkan perjuangan ekstra. Sebab wisatawan harus trekking sepanjang kurang lebih 2,5 Km. Air jernih yang bersumber langsung dari pegunungan terasa begitu menyegarkan. Tepat di bawah air terjunnya terdapat sebuah kolam. Biasanya wisatawan akan bermain air di area kolam tersebut untuk melepas lelah.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Perjalanan Panjang Mencapai Air Terjun

Pemandangan alam pedesaan di kaki gunung
Di awal perjalanan wisatawan akan melewati persawahan yang sangat indah. Foto: Gmaps/Wisata Jabodetabek

Secara administratif wisata air terjun ini berada di Dusun Cibeling. Namun wisatawan tidak akan langsung bisa menikmati air terjun sesampainya di dusun. Dari tempat parkir kendaraan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak dari area parkir ke lokasi air terjun sekitar 2,5 Km. Membutuhkan perjalanan selama kurang lebih satu jam.

Maka dari itu penting untuk mempersiapkan stamina sebelum berkunjung. Pastikan tubuh dalam kondisi fit karena medan yang dilewati cukup berat. Di awal perjalanan wisatawan akan melewati hamparan sawah penduduk. Di depannya dua bukit besar seakan mengapit area persawahan. Aliran air sungai kecil yang jernih menambah keindahannya.

Wisatawan jelas akan terpukau dengan pemandangan alam di Dusun Cibeling ini. Hamparan sawah dan perbukitan akan terlihat lebih cantik ketika pagi hari.

Baca: CURUG CIHERANG Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Memasuki Area Hutan

Hutan yang asri di Curug Cikaracak
Berkunjung ke air terjun ini wisatawan akan melewati area hutan yang masih sangat alami. Foto: Gmaps/Doddy Rachman

Setelah melewati area persawahan, jalur akan berganti menjadi hutan yang lebat. Jalanannya semakin sempit berupa jalan setapak tanah. Disarankan untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung. Pepohonan tinggi tumbuh cukup rapat sehingga membuat area hutan terasa teduh. Di dalam hutan ini wisatawan akan menemui beragam tumbuhan dan bunga yang cantik.

Pesona bukit yang mengapit tempat ini masih jelas terlihat. Ketika hampir sampai akan ditandai dengan seru deru air yang deras. Selain itu terdapat aliran air sungai yang cukup besar. airnya sangat jernih dan bisa untuk membasuh badan.

Baca: CURUG CILEMBER Tiket Masuk & Aktivitas Top

Menikmati Keindahan Air Terjun

Pesona air terjun dengan bebatuan besar di bawahnya
Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dengan duduk di bebatuan. foto: Gmaps/Ruslani Lani

Sesampainya di lokasi keindahan Curug Cikaracak terpampang jelas. Rasa lelah sepanjang perjalanan seakan sirna setelah menikmati pesonanya. Air yang jernih dengan panorama hijau di sekitarnya sangat memanjakan mata. Wisatawan bisa bersantai di bawah air terjun sembari menikmati percikan air yang mengenai tubuh.

Suara deru air terjun, berpadu dengan aliran sungai terasa begitu menenangkan. Jika sudah berada di tempat ini rasanya ingin berlama-lama.

Baca: CURUG CIPAMINGKIS Tiket & Aktivitas

Mandi di Curug

Ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke air terjun ini tapi tidak merasakan kesegaran airnya. Air jernih yang bersumber langsung dari pegunungan sangat menggoda. Wisatawan bisa bermain air di kolam bawah air terjun ataupun di aliran sungainya. Yang penting tidak disarankan bermain air tepat di bawah air terjun. Hal itu karena alirannya yang sangat deras.

Berkemah di Curug Cikaracak

Alamnya yang masih sangat asri sangat pas menjadi spot untuk berkemah. Apalagi perjalanan yang panjang untuk mencapainya seakan terasa kurang jika hanya sehari saja berada di tempat ini. wisatawan bisa berkemah dan menikmati suasana malam di bawah air terjun. Sunyinya malam hari berteman deburan air terjun jadi momen yang menenangkan.

Wisatawan dapat menghabiskan malam dengan berbagai aktivitas. Menyalakan api unggun, memasak dan bercengkerama bersama kawan bisa jadi pilihan. saat pagi tiba panorama cantik sudah siap menyambut. Area air terjun ketika pagi akan berselimut kabut tipis. Udara sekitar terasa dingin namun menyegarkan.

Fasilitas Curug Cikaracak

Fasilitas yang ada di tempat ini tidak terlalu banyak. Namun lumayan dapat menunjang kebutuhan wisatawan. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, gazebo dan musala. Tersedia juga warung di area air terjun. Namun warung tersebut biasanya hanya buka saat akhir pekan saja. Jadi bagi yang datang di hari biasa lebih baik membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga.

 

Lokasi Curug Cikaracak

Tempat wisata ini beralamat di Dusun Cibeling, Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berjarak sekitar. Lokasinya dekat dengan wisata lainnya yaitu Puncak Halimun Camp Bogor dan Curug Ciawitali.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 32

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini