Beranda Tiket Wisata

Museum Gedung Sate Tiket & Daya Tarik - Februari 2020

Tgl. Update:Kamis, Januari 16, 2020
Museum Gedung Sate Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 09.30 - 16.00 No. Telepon: (022) 4267753 Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum,Bandung Wetan,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40115.

Nama Gedung Sate mungkin memang sudah termasyhur sebagai salah satu bangunan ikonik di Kota Bandung. Salah satu bangunan bersejarah peninggalan masa kolonial ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Di tahun 2017, bertambah lagi satu fungsi bangunan ini, yaitu sebagai museum. Museum Gedung Sate melengkapi koleksi museum di Kota Bandung serta menambah jajaran destinasi wisata edukasi dan historis.

Tiket Masuk Museum Gedung Sate

Untuk mengunjungi Museum Gedung Sate, pengunjung tidak dikenakan biaya yang mencekik dompet. Dengan harga terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh fasilitas informatif yang ada di museum tersebut. Tiket harus dipesan terlebih dahulu melalui situs resmi atau nomor kontak yang tertera.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000

Baca: 70 Tempat Wisata Paling Menarik di Bandung

Jam Operasional

Objek wisata museum ini terbuka untuk umum dan memiliki hari libur tertentu. Pengunjung yang datang secara pribadi maupun rombongan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Museum ini ditutup setiap hari Senin dan hari libur atau tanggal merah.

Jam Buka
Selasa – Sabtu09.30 – 16.00

Daya Tarik Museum Gedung Sate

interior museum gedung sate
Interior museum gedung sate yang menyimpan berbagai koleksi. bersejarah. Foto: Google Maps/Septarina Hadori

Baca: 10+ Taman Rekreasi Seru di Bandung

Museum Gedung Sate adalah salah satu museum terbaru yang dimiliki oleh Kota Bandung. Sesuai namanya, museum ini berada di Gedung Sate dan menyajikan edukasi seputar bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1920 tersebut.

Keberadaan museum menjadi magnet tambahan bagi wisatawan untuk berkunjung ke bangunan cagar budaya tersebut.

Jika dulu wisatawan mayoritas hanya bisa berfoto di depan dan sekitar halaman saja, saat ini mereka bisa lebih dekat dan belajar lebih banyak tentang Gedung Sate. Museum ini menyajikan informasi terkait Gedung Sate dari sisi sejarah, arsitektur, dan sipil melalui media yang modern dan futuristik.

Diorama Sejarah

Sejarah pembangunan gedung
Belajar sejarah sekaligus arsitektur dan sipil dengan media informatif dan modern – Foto: Google Maps/Juan Tjin Foen

Baca: Gedung Sate Tiket & 9 Daya Tarik Utama

Sebelum memasuki museum, pengunjung harus menukar tiket terlebih dahulu. Tiket masuk bisa dijadikan gelang agar tidak mudah hilang. Kunjungan ke museum ini lebih disarankan untuk melalui reservasi terlebih dahulu. Reservasi bisa dilakukan secara langsung maupun melalui situs resmi di museumgedungsate.org.

Melangkah memasuki museum, pengunjung akan melihat diorama informasi mengenai sejarah pembangunan Gedung Sate. Proses pembentukan Bandung secara resmi menjadi sebuah kota pun ada di sini. Tidak hanya itu, terdapat foto dan peta Bandung tempo dulu yang menunjukkan beragam bangunan cagar budaya selain Gedung Sate.

Edukasi Arsitektur dan Sipil

Maket proyeksi
Museum memajang beragam maket terkait Gedung Sate baik dari sisi eksterior maupun interior – Foto: Google Maps/Ade Sunandar

Wisata Terdekat: Museum Geologi Bandung Tiket & Atraksi

Selanjutnya, pengunjung akan tiba di ruang utama. Di sini, dipajang peninggalan-peninggalan terkait pembangunan Gedung Sate. Gambar rancangan fasad Gedung Sate yang pertama serta maket detail bangunan tersebut dihadirkan di sini. Di sisi lain dinding, terdapat diorama alur waktu pembangunan Gedung Sate.

Konstruksi dinding unik museum gedung sate
Bagian dinding yang sengaja dikelupas agar bisa dilihat secara langsung oleh pengunjung – Foto: Google Maps/ADE HERMANSYAH

Wisata Terdekat: TAMAN LANSIA Bandung Rekreasi Murah Di Tengah Kota

Di sudut lainnya, ada bagian dinding asli Gedung Sate yang sengaja dikelupas. Ini bertujuan agar pengunjung bisa melihat sendiri bagaimana konstruksi bangunan.

Pondasi, jendela, dan ornamen bangunan lainnya juga dipajang dan dijelaskan di sini. Museum ini benar-benar dibuat sebagai destinasi yang tepat bagi pengunjung yang tertarik pada dunia arsitektur maupun teknik sipil.

Film Sejarah

Museum ini memiliki ruang teater mini. Ruangan ini dilengkapi layar lebar dan barisan kursi empuk bak bioskop komersil. Pengunjung bisa menikmati sejarah pembangunan Gedung Sate dari awal hingga sekarang tanpa harus merasa bosan.

Teknologi Terkini

Augmented reality di museum gedung sate
“Bergabung” dengan para pekerja pembangunan Gedung Sate melalui Augmented Reality – Foto: Google Maps/Ade Sunandar

Wisata Terdekat: Pet Park Bandung Taman Favorit Pecinta Hewan

Museum Gedung Sate merupakan museum sejarah yang memanfaatkan teknologi digital dalam penyajiannya. Setiap bagan dan papan informasi dilengkapi dengan layar sebagai media audiovisual.

Beberapa maket ditunjang dengan proyeksi animasi yang memukau. Ada juga proyeksi Gedung Sate dalam bentuk 4 dimensi.

Salah satu ruangan yang wajib untuk dikunjungi adalah ruang Augmented Reality. Jika dilihat secara kasat mata, ruangan ini tampak biasa saja dengan furnitur dan material yang berserakan.

Namun, jika dilihat melalui layar yang ada di salah satu sisi dinding, pengunjung tampak sedang “dikelilingi” oleh para pekerja yang sedang membangun Gedung Sate.

Virtual Reality
Terbang di sekitar Gedung Sate menggunakan balon udara lewat kacamata VR – Foto: museumgedungsate.org

Wisata Terdekat: Upside Down World Bandung Tiket & Atraksi

Ruangan lainnya yang tidak kalah menarik yaitu ruang Virtual Reality. Pengunjung cukup berdiri dan mengenakan kacamata VR 3 dimensi. Dalam sekejap, pengunjung seolah sedang terbang di atas Gedung Sate dengan menggunakan balon udara.

Lebih Mencintai Bandung

Menuju pintu keluar, wisatawan masih akan dimanjakan dengan diorama lainnya. Diorama ini memajang gambar anak-anak yang menyiratkan rasa cinta terhadap Bandung.

Proses pembangunan museum juga ditunjukkan di sini. Jangan lupa untuk membeli cinderamata sebagai kenang-kenangan, atau mencicipi kopi lokal di gerai kopi yang tersedia.

Fasilitas

Museum ini berada di satu bangunan yang sama dengan Gedung Sate sebagai kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Fasilitas yang ada tergolong memadai dan lengkap. Pengunjung memiliki akses untuk parkir, mushola, toilet, serta kantin.

Lokasi Museum Gedung Sate

Museum ini terletak di Gedung Sate, Jalan Diponegoro nomor 22 Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Angkot yang melintasi Gedung Sate yaitu angkot jurusan Cicaheum – Ledeng, Cicaheum – Ciwastra, serta Dago – Riung Bandung.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here