Beranda Tiket Wisata

Museum Golok Ciomas Ada Golok Raksasa - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Museum Golok Ciomas : GratisJam Buka: 08.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Cibopong, Citaman, Ciomas, Serang, Banten, Indonesia, 42164

Museum Golok Ciomas di Serang Banten memang cukup unik. Tak seperti museum lain, di museum ini menyimpan berbagai koleksi golok dari masa ke masa. Berdirinya museum ini salah satunya karena keberadaan Golok Ciomas punya peran penting dalam kebudayaan masyarakat.

Satu koleksi yang paling menarik di dalam museum ini adalah golok raksasa. Golok dengan panjang mencapai 7 meter dan beratnya hingga 2 ton. Wisatawan bisa banyak belajar mengenai perkembangan golok khususnya di wilayah Banten. Selain melihat aneka koleksi golok, wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. Di tempat ini juga ada bengkel produksi yang masih terus beroperasi membuat golok.

Harga Tiket Masuk Museum Golok Ciomas

Tidak ada harga tiket yang dibebankan kepada wisatawan jika berkunjung ke tempat ini. Wisatawan bisa langsung masuk ke museum dengan gratis. Namun siapkan uang lebih jika ingin membeli golok yang diproduksi di tempat ini.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis

Baca: Wisata BENDUNGAN SINDANGHEULA Serang

Jam Buka Museum Golok Ciomas

Sebelum berkunjung ke museum budaya ini penting untuk mengetahui jam operasionalnya. Tempat ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun jika ingin melihat aktivitas produksi golok maka datang ketika pagi atau siang hari.

Jam Buka
Setiap hari08.00 WIB – 17.00 WIB

Tentang Museum Golok Ciomas

Golok raksasa yang sangat unik
Tampilan koleksi utama di museum ini yaitu Golok Raksasa seberat 2 ton. Foto: Gmaps/Lili Alya

Jika ingin berkunjung ke sini jangan bayangkan sebuah museum dengan bangunan besar dan halaman yang luas. Museum Golok Ciomas memiliki bangunan yang sangat sederhana. Letaknya di area perkampungan dan kondisi di dalam museum pun tidak terlalu luas. Namun museum ini adalah tempat yang paling tepat untuk mempelajari Golok Ciomas secara lengkap. Wisatawan bisa melihat langsung koleksi golok dengan berbagai macam model.

Berbagai macam golok dari masa ke masa terpajang di museum ini. wisatawan jelas akan mendapatkan banyak ilmu seputar budaya golok yang ada di Banten. Di samping itu letaknya yang berada di sebuah pedesaan menambah daya tarik museum ini. Berada di desa Ciomas yang terkenal dengan keasriannya wisatawan sekaligus bisa menikmati udara segar.

Baca: PANTAI MARINA Serang Tiket Masuk & Wahana

Jalan Menuju Lokasi Yang Cukup Sulit

Museum Golok Ciomas berada di sebuah desa yang letaknya cukup pelosok. Sehingga untuk mencapai tempat ini mebutuhkan perjalanan yang cukup sulit. Jalan masuk menuju desa tidak begitu baik.

Jalanan berbatu akan jadi pemandangan akrab menemai perjalanan. Namun pemandangan sepanjang perjalanan juga sangat cantik. Hutan dan persawahan menjadi panorama yang sangat menyejukkan mata. Sesekali wisatawan akan berjumpa dengan warga sekitar yang sedang melakukan aktivitasnya.

Baca: AQUALAND Serang Tiket & 5 Wahana

Melihat Golok Terbesar di Dunia

Golok raksasa yang ada di Museum Golok Ciomas
Golok Saung yang merupakan golok terbesar di dunia dan tersimpan di dalam museum. Foto: Gmaps/Lili Alya

Yang menjadi daya tarik utama dari museum ini adalah sebuah golok yang memiliki ukuran tak lazim. Golok ini diklaim sebagai golok terbesar yang pernah diciptakan di seluruh dunia. Memiliki panjang 7 meter, lebar 45 cm dan tebal pangkal 6cm. Beratnya pun tidak main-main yaitu mencapai 2 ton. Tak hanya ukurannya yang besar, dari segi bentuk golok ini juga bernilai seni tinggi. Ukiran di bagian pegangannya terlihat sangat detail dan begitu artistik.

Diberi nama Saung, golok ini dibuat pada tahun 2005. Pembuatnya sendiri adalah seorang tokoh Islam yang sangat disegani di daerah Serang yaitu Kyai Muhaimin Soleh AB. Tentu selama proses pembuatan mendapat bantuan banyak ahli golok yang lain. Pembuatan golok berukuran raksasa bertujuan menjadi simbol Banten. Memiliki filosofi sebagai perwujudan insan kamil yang kental dengan nilai religius, patriotik dan nasionalisme.

Baca: CURUG CIGUMAWANG Tiket & 4 Aktivitas Oke

Melihat Proses Pembuatan Golok

Museum yang dilengkapi tempat produksi golok
Di tempat ini wisatawan bisa melihat dari dekat bagaiman proses pembuatan golok. Foto: Gmaps/Aan Sofwan

Selain museum, terdapat bangunan yang berfungsi sebagai ruang produksi golok. Wisatawan bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan golok dari awal hingga akhir. Pembuatannya masih menggunakan cara tradisional yang sudah berlangsung turun temurun. Hasil produksi golok sangat terkenal. Menurut para penggemar golok, hasil kerajinan di tempat ini memiliki kualitas tinggi. Hal itu dinilai dari setiap detail mulai dari ukuran hingga lekukan-lekukannya.

Meski populer dengan nama Golok Ciomas, namun para pengrajin menyebutnya dengan nama Golok Sulangkar. Bentuknya pun beraneka macam. Bentuk yang populer misalnya Salam Nunggal, Mamancungan, Candung dan juga Kembang Kacang. Wisatawan yang datang pun bisa memesan dan membeli golok di tempat ini. Selain dapat menjadi koleksi atau hiasan, dengan membeli golok juga sekaligus berkontribusi melestarikan budaya asli.

Baca: GUNUNG SANTRI Wisata Religi Makam Ulama Besar

Dibuat Dengan Palu Khusus

Koleksi golok yang beraneka bentuk dan ukuran
Beberapa koleksi golok produksi asil dari Desa Citaman Ciomas. Foto: Gmaps/Aswin Hasibuan

Golok Ciomas memiliki keunikan tersendiri. Karena dalam pembuatannya golok ini ditempa dengan palu khusus. Palu tersebut bernama Si Denok dan diklaim hanya ada di wilayah Ciomas saja. Palu inilah yang menurut para pengrajin membuat Golok Ciomas memiliki bentuk yang unik dan berbeda. Dengan beragam fakta menarik inilah menjadikan museum selalu dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran untuk melihat dari dekat.

Fasilitas Museum Golok Ciomas

Fasilitas yang ada di wisata museum ini sebenarnya masih sangat minim. Di tempat ini hanya ada area parkir dan juga toilet saja. Sementara jika ingin sholat wisatawan bisa menggunakan masjid kampung yang tidak jauh dari museum.

Lokasi Museum Golok Ciomas

Museum ini beralamat di Dusun Cibopong, Desa Citaman, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang. Berjarak sekitar 25km dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini