Beranda Tiket Wisata

PANTAI GRIGAK Tiket Murah Panorama Eksotis Perbukitan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Grigak : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55872

Kabupaten Gunung Kidul tak pernah henti-hentinya menunjukkan pesona pantai.  Tercatat ada 102 wisata pantai yang membentang dari barat hingga timur. Ada satu pantai baru yang belum lama buka yaitu Pantai Grigak. Karena relatif baru tempat ini masih sangat sepi dan sunyi. Suasana alami pantai pun masih sangat terasa di destinasi satu ini.

Pantai Grigak punya pesona yang berbeda dibanding pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Pantai ini tidak memiliki pasir dan hanya bebatuan karang saja. Garis pantainya juga tidak begitu panjang sehingga memberikan kesan seperti sebuah pulau pribadi. Keunikan lainnya dari pantai ini adalah adanya embung di atas bukit. Perpaduan pesona embung dengan lautan biru tentu menjadi pemandangan unik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak

Untuk berkunjung ke Pantai Grigak wisatawan perlu menyiapkan biaya masuk. Harga tiketnya sangat murah meriah. Satu tiket sudah sekaligus bisa untuk masuk Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat. Akan ada biaya tambahan untuk parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Grigak

Tidak ada jam operasional yang berlaku di pantai ini. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja karena tempat ini buka selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari ketika cuaca cerah. Di waktu tersebut wisatawan bisa melihat pesona terbaik dari pantai ini.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Pantai Dengan Pesona Embung

Pesona keindahan Pantai Grigak
Pemandangan laut dari perbukitan di pinggir pantai. Foto: Gmaps/Arif Dharma

Pantai Grigak memiliki karakteristik seperti pantai lainnya di Gunung Kidul. Ombak besar, bebatuan karang dan barisan perbukitan hijau menghiasi tempat ini. namun ada satu hal yang jadi keunikan dari pantai ini. Yaitu adanya sebuah embung di atas bukit tepi pantai. Embung adalah kolam buatan yang luas dan berfungsi sebagai tadah air hujan. Perpaduan pemandangan embung dan pantai menjadi satu hal yang baru.

Di pantai ini memang wisatawan tidak akan menemui hamparan pasir putih yang luas. Hanya ada bebatuan karang besar di bibir pantai. Pantai ini lebih cocok untuk menghabiskan waktu dengan bersantai. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari atas perbukitan. Tersedia wahana unik di atas bukit yang dijamin bisa memuaskan wisatawan.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Lewati Puluhan Anak Tangga Mencapai Puncak Bukit

Jalur anak tangga menuju puncak bukit
Menaiki puluhan anak tinggi untuk mencapai area perbukitan. Sumber Foto: Fathan Firdaus

Pantai Grigak tidak memiliki hamparan pasir luas di bibir pantainya. Sehingga tempat ini bukan jadi pilihan jika ingin pantai yang bisa dipakai berenang. Namun jika untuk sekedar bersantai dan menyepi, tempat ini bisa jadi pilihan tepat. Wisatawan bisa naik ke atas perbukitan untuk menikmati keindahan dari pantai Grigak.  Sudah ada jalur berupa anak tangga untuk mencapai ke atas bukit.

Anak tangga menuju puncak bukit Pantai Grigak cukup curam. Maka dari itu pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Suasana di sekitar jalur sangat teduh dengan pepohonan tinggi yang mengelilinginya. Gugusan bukit dan tebing karts yang memagari kawasan pantai menjadi pemandangan yang begitu menakjubkan.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Bersantai Atas Bukit

pondok di atas bukit Pantai Grigak
Di puncak bukit terdapat sebuah pondok estetik yang mengarah ke pantai. Foto: Gmaps/Arief Wintolo

Tempat paling pas untuk bersantai di pantai ini adalah puncak bukitnya. Area puncaknya sangat eksotis dengan sebuah jalan setapak memanjang yang terbuat dari bambu. Jalan bambu tersebut mengarah hingga ke sebuah bangunan pondok yang estetik. Pondok itu berada tepat di tepi bukit dan menghadap langsung ke arah laut.

Dari bangunan pondok tersebut wisatawan bisa menikmati pemandangan Pantai Grigak secara luas. Lautan biru dengan barisan perbukitan tampak jelas dari tempat tersebut. Wisatawan juga bisa duduk bersantai di dalam pondok dan menikmati kesegaran angin laut. Di sebelah pondok ada sebuah gazebo kecil yang juga untuk bersantai.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Wahana Foto Estetik

Bagi penggemar kegiatan berfoto, puncak bukit pantai ini juga tawarkan keindahan yang unik dan berbeda. Jalan setapak dari bambu dengan pembatas di kanan kirinya menjadi favorit untuk mengambil gambar. Wisatawan dapat berfoto ria dengan latar belakang keindahan laut selatan Jawa.

Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah di sore hari. Karena lokasinya sudah sangat terbuka akan sangat terasa terik ketika siang hari. Terdapat sebuah patung Gorilla raksasa yang tak kalah unik. Karena masih terus dalam tahap pengembangan bukan tidak mungkin ke depannya akan lebih banyak wahana foto di puncaknya.

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Embung di Tepi Pantai

Embung di tepi Pantai Grigak
Adanya embung menjadi daya tarik tambahan yang berbeda dari pantai ini. Foto: Gmaps/Yani Ragiel

Di Gunung Kidul memang memiliki sejumlah embung yang cantik. Misalnya Embung Nglanggeran dan Embung Batara Sriten. Kebanyakan embung berada di area pegunungan. Namun ternyata di Pantai Grigak juga terdapat sebuah embung. Uniknya embung tersebut berada di atas bukit dan menghadap langsung ke pantai.

Bagi yang belum tahu, embung adalah kolam buatan sebagai tadah air hujan untuk pengairan sawah ketika kemarau. Embung di pantai ini masih sangat baru karena jadi di awal tahun 2021. Wisatawan dapat melihat keindahan dari tempat tersebut. Di sekitar area embung juga cocok untuk menikmati momen senja.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas Seru

Turun ke Tepi Pantai

Pesona tepian bibir Pantai Grigak
Bibir pantai ini didominasi oleh bebatuan besar dan hanya bisa didekati ketika air surut. Foto: Gmaps/Setyo Pambudi

Ketika air surut wisatawan bisa mendekat ke bibir pantai. Didominasi bebatuan karang yang besar tempat tersebut juga bisa menjadi area foto. Ketika ombak menerjang bebatuan besar akan menciptakan foto yang estetik. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk memancing.

Fasilitas di Pantai Grigak

Meski masih batu fasilitas yang ada cukup memadai. Tersedia area parkir, toilet hingga mushola. Ada beberapa warung kuliner namun tidak banyak.

Lokasi Pantai Grigak

Pantai ini beralamat di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 38 Km dari pusat kota dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini