Beranda Tiket Wisata

Pantai Jolosutro Tiket Murah Nuansa Eksotik & Mistik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Jolosutro : Rp7.000Jam Buka: 06.00 WIB - 17.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Dusun Ringinsari, Ringinrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66194

Kabupaten Blitar selain terkenal dengan wisata sejarahnya, ternyata juga punya wisata alam dengan panorama yang menawan. Di pesisir selatan Blitar ada wisata pantai yang namamnya sudah sangat populer yaitu Pantai Jolosutro. Tempat wisata ini mempunyai ciri khas pasir hitamnya yang begitu lembut. Selain itu ombaknya juga besar khas Pantai Selatan Jawa. Garis pantai yang panjang dengan barisan perbukitan menambah kesan eksotis dari pantai ini.

Selain terkenal karena keindahannya, kawasan wisata pantai ini juga populer dengan cerita mistisnya. Pantai ini sering digunakan menjadi tempat mencari pesugihan. Ada kepercayaan bahwa di sekitar area pantai merupakan persemayaman para penguasa di Pantai Selatan. Di hari-hari tertentu sering berlangsung ritual di tepi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Jolosutro

Harga tiket masuk untuk ke area pantai sangat terjangkau. Tidak ada perbedaan tarif antara hari biasa dan akhir pekan. Bahkan di hari biasa seringkali wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis.

Harga Tiket Pantai Jolosutro
Harga tiket Rp7.000
Parkir
Motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: PANTAI SERANG Blitar Tiket & Pesona

Jam Buka Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro bisa didatangi kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari. Disarankan datang pada saat cuaca cerah agar bisa menikmati keindahan Pantai Jolosutro secara maksimal.

Jam buka Pantai Jolosutro
Setiap hari 06.00 WIB – 17.00 WIB

Pantai Eksotik dengan Nuansa Mistik

Pantai dengan pasir hitam yang lembut
Pantai dengan pasir hitam lembut dan barisan perbukitan merupakan daya tarik utama pantai ini. Foto: Gmaps/ delta shop 05

Pantai Jolosutro adalah pantai yang memiliki pesona yang eksotik. Ombak besar khas pantai selatan yang bergulung-gulung menjadi ciri khas dari pantai ini. Pasir yang hitam lembut berpadu dengan bebatuan karang menambah keindahannya. Selain itu areanya juga memiliki kesan terpencil. Hal ini karena letaknya yang berada di sebuah teluk dan berpagar dua perbukitan.

Pantai ini bahkan memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat Blitar dan sekitarnya. Pantai ini memiliki kesan mistis karena diyakini sebagai tempat berkumpulnya penguasa Pantai Selatan. Tak heran, di waktu-waktu tertentu area pantai ini sering berlangsung ritual pesugihan oleh masyarakat.

Baca: PANTAI PEH PULO Blitar Tiket & Pesona

Pantai yang Landai, Cocok untuk Bermain Air

Pantai Jolosutro memiliki kontur tanah yang landai di area bibir pantai. Hal itu membuat pantai ini sangat nyaman sebgai area untuk beraktivitas di air. Selain itu deburan ombak besar khas Pantai Selatan juga menambah keseruan bermain air di tempat ini.

Bermain bersama si kecil di tepi pantai juga bisa menjadi pilihan kegiatan yang mengasyikkan. Pasir hitam lembutnya bisa digunakan untuk mengekspresikan imajinasi ke dalam sebuah bentuk.

Bersantai Menikmati Keindahan Pantai

Tempat bersantai yang teduh karena banyak pohon
Wisatawan bisa bersantai di tempat-tempat yang sudah disediakan di tepi Panta. Foto: Gmaps/Insan Budiharto

Di area pantai masih banyak pepohonan yang rindang sehingga membuat kawasan ini nampak asri. Biasanya wisatawan sering duduk bersantai di bawah pohon sembari menikmati pemandangan pantai. Ketika senja tiba, pemandangan pun semakin cantik. Birunya lautan berpadu dengan langit yang mulai menguning menjadi sajian romantis yang akan memanjakan mata.

Baca: Pantai Gondo Mayit Blitar Tiket & Aktivitas

Menaiki Bukit

Jika ingin pengalaman yang berbeda, maka wisatawan bisa mencoba menaiki bukit yang ada di Pantai Jolosutro. Butuh sedikit perjuangan untuk menaikinya, karena bukit tersebut tersusun dari batuan karang yang tajam. Namun perjuangan akan terbayar ketika sudah sampai di atas bukit. Pemandangan bentang alam dan lautan lepas akan nampak sangat jelas dari ujung ke ujung. Apabila langit cerah, panorama sunset juga akan terlihat semakin menawan dari atas bukit.

Gurita Bakar, Sajian Paling Khas di Pantai Jolosutro

Di sekitar pantai wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner yang tersaji di warung-warung tepi pantai. Berbagai menu hidangan laut sangat menarik untuk wisata rasa. Yang paling terkenal dan khas yaitu kuliner Sate Gurita. Sajian tersebut selalu jadi primadona wisatawan, sehingga sayang sekali jika tidak mencoba mencicipinya.

Baca: PANTAI PANGI Blitar Tiket & Aktivitas

Spot Foto yang Instagramable

Kapal nelayan yang terparkir di Pantai Jolosuntro
Wisatawan bisa berfoto dengan kapal nelayan milik warga yang diparkir di pinggir Pantai. Foto: Gmaps/Atim Yanto

Beberapa area memiliki pemandangan eksotik yang sangat cocok menjadi obyek foto yang instagramable. Di sini tersedia berbagai spot foto yang menarik, misalnya ayunan dengan latar belakang pemandangan pantai. Selain itu barisan kapal nelayan yang terparkir di tepi pantai juga bisa menjadi obyek foto yang menarik

Menyusuri Muara Sungai

Muara sungai yang ada di sebelah timur Pantai Jolosutro
Wisatawan bisa melihat muara sungai yang terletak di sebelah timur kawasan pantai. Foto: Gmaps/Jamal Pinter

Di sebelah timur area pantai, wisatawan bisa melihat langsung muara sungai. Pemandangan di tempat tersebut juga cukup bagus karena di kanan kiri sungai penuh dengan pepohona tinggi sehingga terasa begitu rindang. Wisatawan banyak mengambil foto di tempat ini karena unik dan berbeda dari yang lain.

Menyaksikan Tradisi Lelarung Saji

Pada bulan Sura, ada satu tradisi yang biasa berlangsung di tepi pantai ini. Tradisi itu adalah Lelarung Saji. Dalam upacara ini warga akan membawa dua gunungan tumpeng untuk dilarungkan ke laut. Gunungan pertama berisi makanan lengkap dengan lauk pauknya. Sementara gunungan kedua berisi hasil bumi dari masyarakat seperti buah-buahan dan umbi-umbian.

Upacara Lelarung Saji ini adalah ungkapan rasa syukur warga atas berkah nikmat dan rezeki. Tradisi ini juga bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat umum. Ketika upacara selesai, wisatawan boleh ikut menikmati sajian makanan yang sudah disiapkan dalam acara ini.

Fasilitas Pantai Jolosutro

Untuk fasilitasnya sendiri, Pantai Jolosutro sudah menyediakan berbagai sarana penunjang untuk kebutuhan wisatawan. Di sini sudah tersedia parkiran, kamar mandi, gazebo untuk bersantai, mushola, warung-warung makan hingga penginapan yang tak jauh dari area pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro berlokasi di Desa Ringinsari, Ringinrejo, Wates, Kabupaten Blitar. Dari pusat kota Blitar berjarak sekitar satu jam perjalanan. Sementara untuk rutenya, dari pusat kota akan melewati beberapa kecamatan yaitu Kanigoro –  Lodoyo – Binangun dan terakhir Wates. Dari kecamatan Wates sudah banyak petunjuk araha menuju ke Pantai. Untuk lebih mudah lagi bisa memanfaatkan google maps.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 15

Berikan Rating