Beranda Tiket Wisata

PANTAI PEH PULO Blitar: Tiket & Pesona Bak Raja Ampat - April 2021

Pantai Peh Pulo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur , Indonesia, 66174.

Pantai Peh Pulo adalah salah satu pantai di ujung selatan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai yang bisa dikatakan masih tersembunyi dari perhatian wisatawan umum. Lokasinya yang sulit diakses jadi salah satu alasan nama pantai ini terdengar ‘asing’.

Meski begitu, Pantai ini ternyata sudah punya julukan khusus. Banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai ‘Raja Ampat dari Blitar’. Kecantikan alami pantai ini rupanya mengingatkan pada salah satu tujuan wisata populer di Papua tersebut. Keindahan Peh Pulo mungkin bisa jadi opsi untuk merehatkan raga dan pikiran di waktu libur.

Tiket Masuk Pantai Peh Pulo

Pengunjung Pantai Peh Pulo hanya dikenakan biaya lima ribu rupiah. Tiket masuk ini terhitung sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp5.000

Baca: 10+ Tempat Wisata Terbaik di Blitar

Jam Operasional

Area pantai bisa dikunjungi setiap hari. Pantai ini dibuka untuk umum 24 jam sehari. Meski memungkinkan, namun perjalanan kemari pada malam hari tidak terlalu disarankan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Keindahan Pantai Peh Pulo

Cantiknya pemandangan di antai Peh Pulo
Menjajaki Pantai Peh Pulo memang tidak mudah. Beberapa titik akses jalannya masih dalam kondisi buruk. Begitu juga fasilitasnya yang masih tersedia dengan sangat terbatas. Namun, lelahnya perjuangan menuju pantai ini akan terbayar lunas oleh pemandangan yang spektakuler. – Foto: Google Maps / Geris Novita

Pantai di Indonesia memang tak terhitung jumlahnya. Begitu juga pantai yang belum terjamah karena akses jalan yang masih terbatas. Salah satu pantai tersebut ialah Pantai Peh Pulo yang berada di Kabupaten Blitar.

Sebelum populer melalui melalui media sosial, Peh Pulo hanyalah lahan bekerja bagi nelayan lokal. Tidak heran jika suasananya pun masih sangat asri dan belum banyak terkontaminasi. Namun, daya tariknya kini sudah mulai dilirik oleh banyak wisatawan. Banyak orang bahkan menyebutnya sebagai miniatur Raja Ampat yang tersohor itu.

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Jalan Perbukitan

Jalan berlumpur yang tergenang
Salah satu kekurangan pantai ini adalah akses jalannya. Meski sudah cukup tertata, namun kondisinya belum layak secara menyeluruh. Jalan makadam yang licin serta jalan berlumpur masih menghiasi rute menuju pantai ini. Foto: Google Maps / Aniz Alvin

Keindahan Peh Pulo yang terpampang di media sosial boleh jadi pemikat wisata. Namun, tentukan baik-baik kendaraan yang akan digunakan untuk menuju ke sana. Pasalnya, jalan menuju pantai ini tidak sepenuhnya dalam kondisi layak.

Rute menuju area pantai akan membawa wisatawan melewati daerah berbukit. Mendekati lokasi pantai, jalan akan berupa makadam yang sempit. Meski bisa dilewati mobil berukuran besar, namun pengunjung tetap perlu berhati-hati. Jalan ini akan sangat licin terutama setelah hujan.

Di titik tertentu, terdapat jalan berupa tanah. Jalan ini sangat berlumpur dan bisa jadi jebakan yang merepotkan bagi roda kendaraan. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan motor jika berkunjung kemari.

Baca: Pantai Gondo Mayit Blitar Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Keindahan yang Tersembunyi

Pengunjung beristirahat di bawah teduh pohon
Pantai Peh Pulo memang masih sepi dari hingar-bingar wisatawan. Pantai ini bisa jadi tempat yang cocok untuk rehat sejenak di tengah suasana alam yag amsih asri – Foto: Google Maps / Aisyah Rikta

Kondisi jalan yang sedikit merepotkan jadi tantangan terakhir menuju Peh Pulo. Mendekati lokasi pantai, jalan yang lebih mulus terbentang hingga area parkir. Pemandangan pantai yang menyambut jadi semacam ‘hadiah’ untuk perjuangan kecil yang telah lalu.

Sebagai pantai wisata, Peh Pulo masih jauh dari keramaian pengunjung. Lautnya yang biru serta hamparan pasir putih bersih bisa dinikmati sepuasnya di sini. Ombaknya cukup besar karena lokasinya yang berada di garis pantai selatan Pulau Jawa.

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat beberapa pulau karang yang tersebar. Inilah yang membuat Peh Pulo ramai dijuluki ‘miniatur Raja Ampat’. Melihat ke sebelah kanan dan kiri, terdapat bukit yang mengelilingi pantai ini. Ada juga area khusus untuk parkir perahu para nelayan.

Baca: PANTAI PANGI Blitar Tiket & Ragam Aktivitas

Kegiatan Rekreasi

Pemandangan dari atas bukit sekitar Peh Pulo
Karena ombak yang besar dan hamparan karang di bibir pantai, aktivitas yang bisa dilakukan di Peh Pulo memang agak terbatas. Namun, pengunjung tetap bisa menikmati pantai ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah trekking dan melihat panorama pantai dari atas bukit – Foto: Google Maps / Imam Ma’ruf Fuady

Pengunjung bisa bermain pasir dan ombak di kawasan ini. Namun, tetap harus diperhatikan area bibir pantai yang penuh dengan bebatuan karang kecil. Jika tidak hati-hati, kaki bisa terluka saat berjalan di sini.

Area parkir banyak ditumbuhi oleh pohon cemara pantai. Area ini biasanya jadi tempat untuk berkemah. Jangan lupa untuk membawa ransum yang cukup jika ingin bermalam di sini. Kantin yang tersedia tidak buka selama 24 jam.

Jika suka aktivitas fisik, langkahkan kaki ke bukit di sekitar kawasan pantai. Perbukitan ini adalah salah satu titik tertinggi untuk melihat panorama Peh Pulo secara penuh. Abadikan momen wisata kemari dengan berfoto sepuasnya di area ini.

Baca: Wisata Makam Bung Karno Blitar Tiket & Aktivitas

Fasilitas Pantai Peh Pulo

Di Pantai Peh Pulo terdapat area parkir yang luas serta kantin yang tutup pada malam hari. Tersedia juga mushola dan toilet umum. Tidak ada akomodasi penginapan di sekitar pantai. Namun, pengunjung bisa berkemah di area pantai yang aman.

Lokasi Pantai Peh Pulo

Destinasi wisata pantai ini terletak di Desa Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari pusat Kota Blitar, jaraknya sekitar 1,5 hingga 2 jam menggunakan mobil atau motor.

Akses Pantai Peh Pulo

Untuk menuju Pantai Peh Pulo, arahkan kendaraan dari pusat kota Blitar ke Kanigoro. Dari Kanigoro, belok ke Sutojayan dan belok ke arah Panggungrejo. Ikuti Jalan Protokol ke selatan hingga tiba di tujuan.

Akses jalan mendekati lokasi pantai berupa jalan makadam. Ada juga beberapa bagian jalan yang masih berupa tanah berlumpur. Karena terlalu menyulitkan jika menggunakan mobil, lebih disarankan untuk mengendarai motor kemari. Beberapa meter ke area parkir jalan sudah berupa jalan cor yang rata dan bagus.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini