Beranda Tiket Wisata

PANTAI JUNGWOK Tiket & Aktivitas Oktober 2021

Pantai Jungwok YogyakartaHarga Tiket: Rp. 5.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -

Kawasan Gunung Kidul sangat terkenal dengan wisata pantainya yang indah, seperti Pantai Jungwok. Pantai berpasir putih kekuningan dengan garis pantai mencapai 200 meter. Walaupun cukup terkenal, tetapi pengunjung yang datang ke sini tidak terlalu ramai. Hal ini karena lokasi pantainya yang cukup tersembunyi.

Selain keindahan pasirnya, pantai ini juga memiliki pesona pada air lautnya. Dari atas, warna air di pinggir pantai tampak bergradasi. Perpaduan warna tersebut berasal dari aliran air tawar yang bermuara ke pantai. Perpaduan warna air tawar dan air asin menghasilkan gradasi hijau kebiruan air lautnya. Selain itu, terdapat batu karang yang besar di tengahnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok Yogyakarta

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan pantai pasir putih ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir untuk kendaraan. Selain itu, pengunjung yang ingin berkemah juga bisa menyewa tendanya di sini.

Harga Tiket Masuk
Anak-Anak/DewasaRp5.000/orang
Tarif Parkir
MotorRp2.000/unit
MobilRp5.000/unit
Sewa Fasilitas
Tenda & TikarRp60.000/malam
Biaya Kebersihan TendaRp5.000/tenda
ToiletRp2.000
Kamar MandiRp5.000

Baca Juga: 15 Pantai Terbaik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai Jungwok

Pantai Jungwok ini dapat dikunjungi kapan saja karena tidak ada batasan jam operasional. Pagi, siang atau bahkan malam haripun bisa. Bagi yang ingin suasana pantai yang sepi datanglah pagi hari. Namun selama masa PPKM kemungkinan terdapat perubahan pada jam operasionalnya.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Rekreasi ke Pantai Jungwok Yogyakarta

Pantai Jungwok memang terkenal dengan pesona pasir putihnya, warna air lautnya, serta eksotisme batu karangnya. Tak heran jika banyak yang mengabadikan keindahan pantai dengan beragam foto-foto menarik. Di samping itu, pantai ini juga merupakan area favorit untuk berkemah. Sedangkan bagi yang ingin berenang sangat tidak disarankan karena ombaknya besar dan cukup berbahaya.

Pemandangan Batu Karang, Sunrise dan Sunset

Keindahan Pemandangan Pantai Jungwok Gunung Kidul
Pesona Pasir Putih, Air Laut, dan Batu Karang yang Memanjakan Mata Pengunjung. Foto: Google Maps/Yoel Dwi Putra Gultom

Menikmati keindahan panorama pantai merupakan aktivitas utama di pantai ini. Tidak hanya pemandangan air lautnya saja, pemandangan batu karang yang berukuran kecil hingga besar merupakan ornamen alam yang menambah keindahan pantai. Ditambah dengan deburan ombak yang besar pecah terkena batu karang yang besar.

Selain itu, pemandangan pulau kecil dengan rimbunnya pepohonan di tengah laut terlihat jelas dari pantai ini. Namun, tidak terdapat akses menuju pulau ini sehingga tidak dapat dikunjungi. Kemudian batu karang berukuran lebih kecil juga terlihat di bibir pantai. Dengan tanaman Pandan Laut liar yang ikut menghiasi kawasan bibir pantai.

Objek wisata ini sangat cocok menjadi tempat untuk menikmati momen sunrise dan sunset. Karena tidak ada batasan jam operasional, maka pengunjung bebas untuk datang ke sini. Untuk mendapatkan momen sunrise dan sunset yang tepat, pengunjung harus datang lebih awal. Momen tersebut bisa terlihat dari pinggir pantai ataupun di atas Bukit Manjung.

Bermain dan Berkemah di Pantai Jungwok

Perkemahan Pantai Jungwok Gunung Kidul
Pengunjung yang Sedang Berkemah Di Pinggir Pantai Sambil Berfoto dan Menikmati Pemandangan. Foto: Google Maps/Dewi Lestari

Karena ombaknya yang besar aktivitas berenang tidak disarankan di sini. Namun, banyak pilihan aktivitas lainnya: seperti bermain dan berkemah. Pengunjung dapat bermain air dan pasir di pinggir pantai saat air laut surut.

Bersantai sambil melihat pemandangan laut atau bermain voli juga sering dilakukan di sini. Selain itu area sekitar pantai juga sering menjadi tempat olahraga mendaki. Terdapat 2 pilihan rute pendakian di sini, yaitu timur dan barat. Jika melewati rute timur, akan terlihat bukit yang dekat dengan wisata pantai lainnya. Sedangkan di rute barat akan menjumpai bukit hijau bernama Bukit Manjung.

Pantai Jungwok merupakan favorit pengunjung untuk berkemah karena suasananya yang sepi. Wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir pantai ataupun di atas bukit sekitar pantai. Sebaiknya saat mendirikan tenda agak jauh dari tepi pantai untuk menghindari pasang saat pagi hari. Bagi yang ingin menikmati pemandangan keseluruhan area pantai bisa mendirikan tenda di bukit sekitar pantai.

Spot Foto

Spot Foto Pantai Jungwok Gunung Kidul
Pengunjung yang Tampak Berfoto dengan Spot Foto yang Menunjukkan Keindahan Pantai dan Pemandangan Langit yang Ditutupi Awan. Foto: Google Maps/Fathul Hadi

Sebenarnya, ukuran pantai ini tergolong lebih kecil dibandingkan wisata pantai yang ada disekitarnya. Tetapi, pantai ini memiliki spot foto yang tak kalah menariknya dengan pantai lain. Spot foto dengan latar belakang deburan ombak menjadi favorit para pengunjung.

Kemudian, pemandangan batu karang berukuran besar ditengah laut juga dapat menjadi spot foto. Pengunjung dapat berpose di bangku panjang berwarna putih yang berjejer di pinggir pantai. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan keindahan pasir putihnya yang tampak bersih. Pengunjung juga dapat mengambil foto dari atas bukit yang terdapat di sekitar pantai untuk mendapatkan panorama yang lebih menyeluruh.

Fasilitas

Fasilitas Bangku Panjang Pantai Jungwok
Fasilitas Bangku Panjang yang Tersedia Di Pinggir Pantai. Foto: Google Maps/Tyan Yestenia

Berbagai fasilitas sudah tersedia antara lain tempat parkir, warung, toilet, bangku dan mushola. Di samping itu, pantai ini menyediakan area perkemahan untuk menginap yang sangat memadai. Bagi pengunjung yang berkemah dapat pula menikmati fasilitas kamar mandi. Sedangkan untuk warung makan hanya buka 24 jam pada saat hari libur.

Rute dan Lokasi

Pantai Jungwok berlokasi di Desa Jepitu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya terletak di sebelah timur Pantai Wediombo dan sebelah barat Pantai Ngusalan. Akses jalan menuju lokasi cukup sulit karena belum teraspal. Sehingga, jalannya cukup berbatu, tetapi masih bisa dilewati mobil ataupun motor.

Lokasi pantainya memang tersembunyi sehingga harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Waktu yang tempuh dari Kota Yogyakarta ke lokasi sekitar 2 jam. Pengunjung dapat melalui 2 rute, yaitu Jalan Wonosari dan Jalan Bantul. Baik Jalan Wonosari ataupun Jalan Bantul, perjalanan selanjutnya akan melewati Jalan Kyai Legi.

Tanggapan:

5 / 5. dari 3

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini