Beranda Tiket Wisata

PANTAI WEDI OMBO Tiket & Daya Tarik - Agustus 2021

Pantai Wedi Ombo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55883.

Letaknya hampir mendekati perbatasan timur Yogyakarta. Pantainya memanjang dan sempit, tidak banyak lahan berpasir yang dimiliki. Gugusan karang berserakan di bibir pantainya. Terdengar seperti pantai wisata yang kurang ideal untuk bersantai kan? Ternyata, semua itu justru daya tarik dari Pantai Wedi Ombo. 

Pantai ini masih dalam satu kawasan dengan Pantai Jungwok. Gugusan karang eksotis serta laguna alaminya menjadikan pantai ini menarik. Selain itu, masih banyak lagi keindahan yang bisa dinikmati di sini.

Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo

Menikmati keindahan Pantai Wedi Ombo tidak memerlukan biaya yang mahal. Tiket ini bahkan berlaku juga untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitar Wedi Ombo. 

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000 per orang

Baca: 30+ Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul

Jam Buka

Karena merupakan objek wisata alam, Pantai ini terbuka untuk 24 jam. Tempat ini juga tidak terbatas untuk kalangan tertentu dan bisa dikunjungi kalangan umum. 

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Pesona Pantai Wedi Ombo

Panorama laut di hari cerah
Cantiknya gradasi warna laut yang tampak dari kawasan Pantai Wedi Ombo – Foto: Google Maps/dek adis

Pantai Wedi Ombo adalah pantai di ujung selatan Kecamatan Girisubo. Bisa dikatakan pantai ini adalah ‘tetangga’ dari Pantai Jungwok. Keduanya berada di kawasan teluk yang sama. 

Nama Pantai Wedi Ombo memiliki arti ‘pasir yang luas’. Nama ini justru berbanding terbalik dengan penampakannya. Meski garis pantainya panjang, namun lahan berpasirnya sangat sempit. Kontur tanahnya pun tidak terlalu landai.

Daya tarik pantai ini terletak di gugusan karangnya. Sepanjang bibir pantai, Wedi Ombo dihiasi hamparan karang. Bebatuan ini membuat Wedi Ombo bagaikan taman karang yang luas. Selain itu, lautnya yang tenang membuat lokasinya cocok untuk bersantai.

Baca: PANTAI POK TUNGGAL Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Keteduhan Pesisir

Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo populer karena gugusan karang dan ketenangan lautnya – Foto: Google Maps/Nedya Hestika

Keunikan Pantai Wedi Ombo adalah posisinya. Kebanyakan pantai di Gunungkidul menghadap ke selatan. Lautnya yang bermuara ke Samudera Hindia terbilang ‘cukup’ ganas. Angin yang kencang seringkali membuat gelombang tinggi di pantai-pantai tersebut.

Pantai Wedi Ombo justru berada di pinggiran teluk. Pantai ini menghadap ke barat dengan garis pantai nyaris lurus. Ini membuat angin laut yang menerpa tidak sekencang pantai lainnya. Sehingga, lautnya pun cenderung lebih tenang.

Tanaman hijau yang meneduhkan
Kawasan sepanjang pantai dihiasi oleh rimbunnya pepohonan yang meneduhkan – Foto: Google Maps/Juita Lorda

Kontur lahannya memang tidak terlalu landai. Ini membuat lahan berpasir di pantai ini menjadi sempit. Namun, kawasan pantai ini dipagari oleh barisan pepohonan yang rimbun. Keberadaaan pepohonan ini menambah suasana teduh yang menenangkan.

Untuk menuju ke pantai, wisatawan harus sedikit berjalan kaki dari area parkir. Jalannya berupa tangga menurun dengan jarak sektar 50 meter. Tenang saja, tangganya dibeton dan dilengkapi pagar pengaman. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati waktu trekkingnya dengan santai.

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Laguna Karang

Pengunjung berendam di laguna
Wisatawan dapat merasakan sensasi bermain air di laguna alami Wedi Ombo – Foto: Google Maps/Dewi Lestari

Satu hal yang membuat Wedi Ombo naik pamor adalah gugusan karangnya. Wisatawan yang datang kemari kebanyakan memang mengincar batu karang Wedi Ombo. Bukan karena bentuknya yang unik atau susunan yang cantik.

Laut tenang di pantai ini mendatangkan kelebihan bagi hamparan karangnya. Air laut yang terbawa arus akan mengisi celah-celah bebatuan ini. Tidak jarang mereka menggenang dan membentuk semacam laguna. 

Laguna ini kemudian jadi area bermain air yang menyenangkan. Bagi wisatawan, laguna ini jadi kolam alami yang unik dan menarik. Wisatawan dapat berenang dan bermain air tanpa harus takut terbawa arus. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya bisa jadi obat terapi tersendiri, lho.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Aktivitas Outdoor & Berkemah di Pantai Wedi Ombo

Mendirikan tenda di dekat bibir pantai dan berkemah di pantai wedi ombo
Selain penginapan atau homestay, pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pantai ini – Foto: Google Maps/Sukma Wiyan

Selain berenang di lagunanya, wisatawan bisa menjajal aktivitas lain di Wedi Ombo. Salah satunya adalah memancing di antara batu karang. Beberapa ikan yang bisa dipancing yaitu kerapu, tenggiri dan ikan cucut. 

Jika mendapat hasil, tentu lebih enak jika langsung diolah untuk disantap. Takut kemalaman? Jangan khawatir, ada banyak penginapan di sekitar pantai. Berkemah pun bisa jadi pilihan. Nikmati ikan hasil tangkapan dengan ditemani suara laut yang meneduhkan.

Lahan Fotografi

Pemandangan matahari terbenam
Jepretan cantik langit Wedi Ombo ketika matahari terbenam – Foto: Google Maps/Icunk obid

Kegiatan lainnya yang mungkin tidak akan terlewatkan di pantai adalah fotografi. Bagi para pecinta foto, Wedi Ombo adalah lahan menarik untuk berburu jepretan kamera. Dengan posisinya yang menghadap ke barat, pemandangan sunset tampak mengagumkan di sini. Panorama ini berpadu dengan laut serta hamparan karang yang menghiasinya.

Fasilitas 

Fasilitas yang tersedia di Wedi Ombo sudah lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut di antaranya area parkir, toilet dan kamar mandi umum, mushola, serta aneka tempat makan. Untuk menuju ke pantai dari area parkir, tersedia tangga batu yang nyaman. Beragam pilihan penginapan maupun homestay yang nyaman juga tersedia di sekitar kawasan pantai.

Lokasi Pantai Wedi Ombo

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Wisatawan bisa menuju pantai ini dengan mengikuti rute ke Pantai Jungwok. Dari Yogyakarta, rute yang bisa dipilih adalah melalui Wonosari – Semanu – Jepitu.

Di pertigaan sebelum mencapai Jungwok, belokkan kendaraan ke kanan menuju area parkir Wedi Ombo. Dari area parkir ini, wisatawan masih harus berjalan kaki sekitar 50 meter. Jalan setapaknya berupa tangga menuruni bukit menuju pantai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini