Beranda Tiket Wisata

PANTAI NAMPU Gunung Kidul Tiket & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Nampu : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55883

Gunung Kidul memang layak disebut sebagai surganya pantai. Tercatat ada 102 wisata pantai di daerah yang berada di selatan kota Yogyakarta ini. Salah satu pantai indah namun belum terlalu terjamah adalah Pantai Nampu. Dari namanya memang sama persis dengan wisata pantai yang ada di Wonogiri.

Meski berada di satu garis pantai yang sama namun keduanya memiliki perbedaan. Pantai Nampu Gunung Kidul memiliki pesona tersendiri. Pantai berpasir putih dengan barisan tebing yang mengelilingi menjadi ciri khas. Dibanding pantai lain di Gunung Kidul, kawasannya terbilang masih belum terlalu ramai. Namun hal itu justru bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menyepi sejenak.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Untuk menikmati keindahan pantai wisatawan perlu membayar tiket masuk. Namun tenang saja harga tiketnya masih terjangkau. Hanya cukup membayar sekali sudah termasuk tiket masuk untuk pantai lain di sekitarnya. Seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Bolong dan Pantai Jungwok.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Jam Buka Pantai Nampu

Sementara untuk jam operasionalnya pantai ini selalu buka selama 24 jam. Jadi bisa berkunjung kapan saja termasuk malam hari. Karena lokasi pantai juga sering dipakai untuk berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pantai Selatan Jawa Yang Masih Asri

Pesona pantai dengan barisan bukit yang memagarinya
Pantai yang masih asri dengan peohonan dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Foto: Gmaps/Rochmat Purwanto

Terletak di Desa Jepitu, Pantai Nampu masih satu kawasan dengan Pantai Wediombo. Keduanya hanya terpisah tebing karang yang tidak terlalu tinggi. Namun dibandingkan Pantai Wediombo yang sudah populer, Pantai Nampu masih cukup asing terdengar. Suasana sepi dan alami masih sangat terasa di pantai ini. sehingga layak mendapat julukan sebagai surga tersembunyi.

Lautan biru dengan pasir putih halus merupakan panorama utama sejauh mata memandang. Pepohonan pandan yang berbaris di tepi pantai menciptakan kesan teduh. Suasana yang tidak begitu ramai membuat tempat ini cocok untuk mencari ketenangan. Ditambah dengan barisan bukit yang memagari pantai menjadikan tempat ini terasa sangat terpencil.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Serunya Bermain Air di Pantai Nampu

Ombak besar khas Pantai Nampu
Ombak besar khas pantai selatan jawa sangat mengasyikkan dipakai untuk bermain air. Foto: Gmaps/Tri Sunanto

Layaknya pantai di Gunung Kidul pada umumnya, Pantai Nampu memiliki karakteristik ombak yang besar. Karena letaknya yang berada di laut selatan Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Bermain air di pantai merupakan salah satu aktivitas yang mengasyikkan. Namun perlu berhati-hati karena di tepi pantai banyak batuan karang besar. Sebagai tips hindari bermain di area dekat bebatuan.

Waktu terbaik untuk berenang di pantai ini adalah ketika sudah memasuki sore hari. Pada saat sore air menjadi pasang dan mendekati bibir pantai. Selain itu cuaca sekitar juga sudah tidak terlalu panas. Bermain air hingga matahari tenggelam pastinya menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Mencari Ikan-Ikan Kecil

Ketika air surut wisatawan juga bisa merasakan keseruan lainnya. Saat air surut area karang akan terlihat. Di area tersebut banyak hidup aneka hewan laut yang unik. Wisatawan bisa menemukan aneka ikan kecil warna-warni di sela-sela lubang karang. Sesekali terlihat juga hewan kecil lain seperti kepiting, kelomang bahkan kuda laut.

Namun harus tetap berhati-hati ketika bermain di area karang ini. Penting untuk memperhatikan langkah, karena di sela-sela batuan karang kerap kali ada bulu babi bersembunyi. Bagi wisatawan yang mengajak anak-anak, kegiatan tersebut tentu sangat mengasyikkan.

Baca: PANTAI SIUNG Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Bermain Pasir Pantai Nampu

Pasir putih Pantai Nampu yang sangat lembut
Pantai ini memiliki ciri khas pasirnya yang lembut sehingga sangat mengasikkan dipakai untuk bermain-main. Foto: Gmaps/brut666

Jika ragu bermain dengan ombak besarnya, wisatawan juga bisa sekedar bersenang-senang di tepi pantai. Memiliki ciri khas berwarna putih dan halus pasir di pantai ini sangat cocok untuk bermain-main. Sesekali akan terlihat aneka hewan kecil yang muncul di balik pasir. Beberapa di antaranya kepiting kecil dan undur-undur laut.

Baca: DE MANGOL Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Naik ke Atas Bukit

Jalan menuju atas bukit Pantai Nampu
Wisatawan bisa naik ke atas bukit untuk menikmati pemandangan pantai secara lebih luas. Foto: Gmaps/Nadia Adelin

Untuk menikmati sensasi berbeda dari Pantai Nampu wisatawan bisa naik ke atas bukit. Sudah tersedia akses berupa anak tangga untuk naik ke puncak. dari atas bukit pemandangan pantai terlihat semakin indah. Barisan bukit yang memagari pantai terlihat dari ujung ke ujung. Dapat disaksikan juga keindahan Pantai Wediombo dari kejauhan.

Di area bukit juga tersedia beberapa wahana foto menarik. Pepohonan hijau menjadikan suasana di atas bukit tampak asri dan teduh. Lokasinya juga sangat cocok sebagai area menikmati momen sunrise maupun sunset.

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Bersantai di Tepi Pantai

area tepi pantai
Di tepi pantai ditumbuhi pepohonan hijau sehingga membuatnya nampak teduh. Foto: Gmaps/Travelingbae

Suasana pantai yang masih sepi dan asri memang sangat cocok sebagai lokasi bersantai. Tempat ini sangat pas bagi yang ingin sejenak mencari ketenangan. Wisatawan bisa bersantai di tepi pantai di bawah pepohonan pandan yang teduh. Semakin sore pemandangan pantai ini semakin cantik. Langit jingga yang menyinari lautan menciptakan momen romantis.

Sembari bersantai bisa sambil menikmati aneka kuliner khas yang dijual di kawasan wisata Pantai Nampu. Yang paling unik adalah kepiting goreng ataupun undur-undur goreng. Meski tampilannya terlihat sedikit ekstrem namun rasanya sangat nikmat.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Fasilitas Pantai Nampu

Meski tidak terlalu banyak namun fasilitas yang ada di tempat ini sudah cukup menunjang. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola dan warung kuliner. Untuk akses masuk pantai hanya bisa menggunakan sepeda motor. Bagi yang membawa mobil bisa memarkir kendaraan di area parkir Pantai Wediombo. Setelah itu bisa naik ojek atau berjalan kaki.

Lokasi Pantai Nampu

Destinasi wisata ini beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak kurang lebih 34km dari pusat kota Gunung Kidul dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 31

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini