Beranda Tiket Wisata

PANTAI KUKUP Tiket & Ragam Keindahan - Juli 2021

Pantai Kukup Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Ngepung, Kemadang,, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -.

Gunung Kidul memiliki setidaknya 69 pantai, yang salah satunya adalah Pantai Kukup. Karena keelokan pantainya yang begitu mempesona, Objek wisata ini cukup ramai kunjungan wisatawan. Bahkan, kerap kali pantai ini terdanding dengan Pantai Tanah Lot yang ada di Tabanan.

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan wisatawan di sini. Menyaksikan pemandangan indah lautan dan pasir putih. Wisatawan juga bisa menyeberang ke pulau karang yang jaraknya beberapa meter dari pantai. Serta berenang dengan biota laut yang beraneka ragam.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat terjangkau. Baik untuk dewasa maupun anak-anak, tarif tiketnya sama. Pembelian tiket di loket yang lokasinya beberapa meter dari objek wisata.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000

Baca Juga: 30+ Tempat Wisata Terbaik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Jika ingin menikmati kawasan pantai pada saat malam juga bisa. Karena terdapat penginapan di sekitar lokasi objek wisata.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Indah Pemandangan Pantai Kukup

Pemandangan Indah Pantai Kukup dari Ketinggian
Pemandangan Indah Pantai Kukup dari Ketinggian. Foto: Gmap/Denias Susanto

Pantai Kukup termasuk salah satu pantai dengan kunjungan wisatawan yang tinggi di Gunung Kidul. Meski demikian, tak membuat pesona pantai ini luntur. Justru, pantai yang tidak banyak berubah ini tetap memiliki daya tarik yang memikat hati. Begitu memasuki area pantai, wisatawan akan merasakan suasana pantai yang menyenangkan.

Pasir putih kecoklatan akan menyambut wisatawan dengan kelembutan butirannya. Deburan ombak menyambut dengan suara berderu-deru. Meski ombaknya tinggi, tak perlu khawatir bermain di pinggiran pantai. Karena terdapat batu karang besar yang akan memecah tingginya ombak.

Di dekat bibir pantai, wisatawan dapat menapaki langsung area batuan karang yang ada di bawahnya. Namun tetap harus berhati-hati karena di sini banyak lumut yang licin. Selain itu, kawasan pantai tampak begitu asri dengan pepohonan yang rimbun di belakangnya. Tanaman pandan pantai pun semakin menambah indahnya pemandangan kawasan pantai ini.

Baca Juga: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Menyeberang ke Bukit Karang Pulau Jumino

Pulau Jumino
Pulau Jumino. Foto: Gmap/Benidiktus Satriyo

Satu hal yang menjadikan Pantai Kukup terkenal sebagai Tanah Lot nya Jogja adalah adanya bukit karang. Bukit karang ini terkenal dengan nama Pulau Jumino. Letaknya beberapa puluh meter dari area bibir pantai. Meskipun air sedang pasang, wisatawan tetap dapat menyeberang ke pulau ini dengan jembatan.

Untuk dapat menyeberang ke Pulau Jumino, telah tersedia jembatan. Sehingga, baik air sedang pasang ataupun surut, wisatawan tetap dapat mengunjungi pulau ini. Selain itu, jembatan yang menghubungkan pulau ini pun menjadi daya tarik untuk berfoto. Dari atas jembatan, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan laut lepas yang indah.

Di Pulau Jumino ini, terdapat sebuah saung semi terbuka. Dengan atap yang terbuat dari genteng dan dinding setengah badan dari semen. Pemandangan dari atas pulau ini begitu memukau dan indah. Bahkan di sore hari, wisatawan dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam dengan leluasa dari sini.

Baca Juga: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Snorkeling di Jernihnya Lautan

Pantai Kukup salah satu pantai di Gunung Kidul yang kaya akan biota laut. Di sini, wisatawan bisa snorkeling seru di perairan yang jernih. Ada beberapa spot snorkeling yang menjadi favorit wisatawan. Pengelola objek wisata pun menyewakan alat selam.

Beraneka macam biota laut ada di sini, kebanyakan adalah ikan dan terumbu karang berwarna-warni. Selain itu ada juga aneka kerang, bintang laut, belut laut, bahkan ular laut. Sebaiknya wisatawan tidak mengambil biota laut selama snorkeling. Karena telah banyak penjual ikan-ikan hias di kawasan wisata, wisatawan dapat membeli untuk dibawa pulang.

Area bawah laut ini juga terbilang indah dengan visibilitas yang baik. Wisatawan bisa membawa kamera bawah laut untuk mengabadikan momen selama menyelam. Tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan mengesankan. Apalagi, ikan-ikan di sini seolah tidak takut dengan hadirnya manusia, tetap berenang tenang kesana-kemari.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Spot Foto dan Pemandangan Matahari Terbenam

Pemandangan Senja Pantai Kukup
Pemandangan Senja Pantai Kukup. Foto: Gmap/Edgar Anarossi

Banyak spot foto menarik di objek wisata ini. Setiap sudutnya memancarkan keindahan alam pantai tersendiri. Karena banyaknya tanaman di kawasan pantai, membuatnya tampak begitu hidup. Wisatawan dapat berfoto di area pasir dengan latar belakang lautan luasnya.

Tak kalah indah, wisatawan dapat pergi ke Pulau Jumino untuk mendapatkan latar belakang pemandangan dari ketinggian. Dari atas sini, lautan tampak lebih luas dan menawan dengan deburan ombaknya. Tebing-tebing pun tampak begitu gagah dan menambah indahnya bagian yang terfoto. Ditambah dengan vegetasi pantai yang muncul di dinding-dinding tebing, membuatnya semakin hidup.

Jangan beranjak turun sebelum gelap dari Pulau Jumino, karena di sini wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam dari atas Pulau Jumino memang menawan. Wisatawan bisa dengan jelas menyaksikan perjalanan matahari yang perlahan bergulir meninggalkan langit. Di saat inilah pemandangan indah matahari terbenam semakin indah, seolah bersembunyi di balik luasnya lautan.

Baca Juga: PANTAI WATULAWANG Tiket & Daya Tarik

Bersantai sambil Menikmati Kuliner Pantai

Wisatawan sedang Bersantai di Tepian Pantai
Wisatawan sedang Bersantai di Tepian Pantai. Foto: Gmap/Mia Umie

Selama berada di kawasan pantai wisatawan dapat bersantai sambil duduk di atas pasir. Beberapa spot sengaja disiapkan untuk disewakan, beralaskan tikar dan beratapkan payung. Wisatawan perlu membayar tarif sebesar Rp 20.000 untuk menyewa selama tiga jam.

Sembari bersantai jangan lupa untuk mencoba berbagai kuliner yang dijajakan di kawasan wisata. Terdapat berbagai menu olahan laut, seperti seafood, lobster, bahkan rumput laut. Hasil laut ini merupakan tangkapan nelayan setempat, sehingga tentunya sangat segar.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Fasilitas Pantai Kukup Gunung Kidul

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Diantaranya lahan parkir, toilet, musholla, serta toko oleh-oleh dan cinderamata.

Lokasi Pantai Kukup Gunung Kidul

Wisata pantai ini berlokasi di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju pantai bisa memakan waktu hampir 2 jam berkendara dari kota Yogyakarta. Sedangkan untuk angkutan umum masih belum terdapat ke area pantai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini