Beranda Tiket Wisata

Pantai Baron Tiket & 5 Daya Tarik Desember 2021

Pantai BaronHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -

Meskipun bernama gunung, nyatanya Gunung Kidul banyak memiliki pantai yang indah seperti Pantai Baron. Pantai ini berjejer dengan pantai-pantai lainnya, dan selalu ramai oleh wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Tak heran, karena pemandangan di pantai ini begitu indah dan menakjubkan.

Bermain di pantai merupakan daya tarik utama wisata pantai ini. Selain itu, di sini wisatawan juga dapat menyaksikan fenomena alam unik yang tidak terjadi di semua pantai. Upacara adat masyarakat setempat juga sering berlangsung di sini. Tak hanya itu masih banyak kegiatan menarik lainnya yang sayang jika terlewat.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron Gunung Kidul

Harga tiket masuk Pantai Baron cukup terjangkau. Uniknya dengan membayar tiket tersebut wisatawan juga bisa masuk ke area pantai sekitarnya. Karena tiketnya sudah termasuk tiket terusan dengan Pantai Kukup, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000

Baca: 30+ Pantai Terbaik di Yogyakarta

Jam Buka Pantai Baron

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga petang. Terlebih saat pandemi ini, protokol kesehatan sangat diterapkan. Pengunjung akan diingatkan oleh petugas apabila tidak mematuhi protokol kesehatan.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 17:00 WIB

Daya Tarik di Pantai Baron

Keindahan Pantai Baron
Deretan perahu nelayan semakin memeriahkan keramaian pengunjung. Foto: Gmap/Bayu Setiyawan Sukoco

Keindahan Pantai Baron sangatlah mempesona, meskipun tak memiliki pantai berpasir putih. Pasir pantai di sini berwarna coklat muda, akan semakin gelap jika terkena ombak. Garis pantainya memang tidak terlalu panjang, namun cukup sebagai area. Apalagi, air lautnya begitu biru kehijauan, tampak indah berpadu dengan pasir pantainya.

Pantai Baron sendiri merupakan teluk yang berbentuk “U”. Terapit oleh perbukitan karang yang berselimut semak dan pepohonan.

Secara keseluruhan, pemandangan di pantai ini tampak begitu asri. Birunya perairan laut, coklatnya pasir, serta hijaunya batuan karang di sekitarnya. Ditambah dengan area pesisir pantai yang cukup teduh. Wisatawan akan betah berlama-lama menghabiskan waktu. Tanpa khawatir tersengat panasnya sinar matahari, karena rindangnya pepohonan sekitar pantai.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas Menarik

Fenomena Alam Unik & Misteri Pantai Baron

Salah satu hal yang spesial di Pantai Baron yaitu adanya sungai bawah tanah. Di sungai bawah tanah ini, aliran airnya menyatu dengan air laut. Uniknya, meskipun menyatu rasa air sungainya tetap tawar. Sementara rasa air laut tetap asin.

Wisatawan yang penasaran bisa mencoba sensasi berenang di pertemuan air sungai dan air laut ini. Lokasinya ada di sisi barat pantai. Dapat ditempuh langsung dengan berjalan kaki. Jika datang di waktu yang tepat maka bisa menyaksikan aliran sungai berubah arah. Yang membelah pasir secara horizontal setiap lima tahun sekali.

Keunikan lain di area sungai bawah laut ini yaitu adanya suatu mitos. Yang menyatakan bahwa konon, pasangan yang mengunjungi kawasan sungai bawah tanah, akan dipersatukan. Meskipun berasal dari golongan atau status yang berbeda.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Memancing Ikan dari Bukit Karang

Bagi yang gemar memancing pantai ini adalah tempat yang tepat. Di sini, wisatawan bisa memancing di atas bukit karang. Ikan yang ada pun beraneka macam yang tergolong ikan predator permukaan air.

Di antaranya adalah ikan kuwe gerong, tenggiri, serta barakuda. Selain itu, ikan kakap merah dan ikan kerapu juga menjadi ikan yang lumrah didapatkan di sini.

Sedangkan peralatan memancing bisa menyewa atau membeli alat pancing di kawasan pantai. Selain itu tersedia juga umpan yang bisa dibeli di sekitar kawasan pantai.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Baron Techno Park

Baron Techno Park
Baron Techno Park. Foto: Gmap/Jejak Kakiku

Selain menikmati keindahan alam pantai, wisatawan juga dapat berkunjung ke Baron Techno Park. Di sini terdapat bangunan berteknologi canggih. Bangunan tersebut yaitu sebuah pembangkit listrik dan tenaga alam di tebing pantai. Berbagai peralatan seperti panel surya dan jam matahari ada di sini.

Wisatawan dapat menuju Baron Techno Park menuju jalur pertigaan yang menanjak di depan retribusi parkir. Lalu, mengikuti jalur yang ada hingga sampai ke lokasi. Karena berlokasi di atas tebing, waktu yang tepat berkunjung adalah di sore hari. Saat matahari mulai terbenam.

Karena pemandangan matahari yang terbenam di sini sangatlah indah. Wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas, matahari yang perlahan turun dan seolah tenggelam ke lautan.

Baca: Pantai Ngrumput Area Berkemah Paling Asik

Puncak Selfie Baron

Spot Foto Ketinggian area selfie di tepi laut
Spot Foto Ketinggian Pantai Baron. Foto: Gmap/Salam Sukses

Jangan puas hanya berfoto di kawasan pantai saja ketika mengunjungi Pantai Baron. Karena, di sini terdapat puncak selfie yang berada di tepian laut. Dengan berbagai spot foto unik, seperti papan berbentuk sayap, hati, dan banyak lagi.

Pemandangan latar belakang lautan dan langit akan sangat indah apalagi dari ketinggian. Yang terpenting, wisatawan dapat menepis ketakutan akan ketinggian. Karena lokasinya begitu tinggi dan hanya dibantu dengan anak tangga untuk menaikinya.

Baca: Pantai Parangkusumo Tiket & Atraksi

Kuliner Pantai Baron

Kuliner dan Penjaja Akseosir di Pantai Baron
Kuliner dan Penjaja Aksesori di Pantai Baron. Foto: Gmap/Freedom Channel

Selama berada di sini jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner Pantai Baron. Berbagai olahan ikan, cumi-cumi, dan udang tersaji lengkap. Rasanya tentu sangat nikmat, karena masih segar asli dari tangkapan nelayan. Menyantap kuliner di sini tentu akan sangat nikmat, karena bisa sambil menikmati panorama pantai.

Lokasi Pantai Baron Gunung Kidul

Pantai wisata ini berlokasi di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 61 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk sampai ke kawasan pantai bisa memakan waktu hingga 1,5 jam berkendara.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang