Beranda Tiket Wisata

Pemandian Air Panas Derekan Harga Tiket & Daya Tarik – Februari 2023

0
Pemandian Air Panas Derekan Harga Tiket Masuk : Rp2.000. Jam Buka : 05.00 - 23.00 WIB. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Desa Derekan, Derekan Timur, Pringapus, Pringapus, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50214.

Pemandian Air Panas Derekan salah satu situs pemandian air panas kuno yang ada di Semarang. Bahkan diklaim suda ada dari Dinasti Sanjaya pada abad ke 8. Di tempat ini tersedia berbagai kolam rendam air panas dengan suhu 32 – 36 derajat Celsius.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Derekan

Berendam di pemandian air panas ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup beberapa ribu sudah menikmati kehangatan kolam-kolam air panasnya.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Derekan
Tiket masuk Rp2.000
Tiket pemandian Rp5.000
Biaya Parkir
Sepeda motor Rp2.000
Mobil Rp3.000

Baca: Brown Canyon Semarang Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Area pemandian air panas buka setiap hari mulai dari pagi hingga malam hari.

Jam Buka
Setiap hari 05.00 – 23.00 WIB

Wahana Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian Air Panas Derekan menyediakan beberapa jenis kolam renang. Terdiri dari kolam  perempuan, laki-laki, dan umum. Pada bagian belakang objek wisata terdapat aliran sungai yang lumayan deras.

Sejarah Singkat Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian Air Panas Derekan merupakan tempat pemandian air panas yang telah berusia ribuan tahun. Diketahui kawasan ini berasal dari abad 8 – 11 I pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Perkiraan proses pembangunannya berlangsung bersamaan dengan Candi Ngempon. Sebuah tempat persembahyangan umat Hindu yang lokasinya tidak jauh dari Petirtaan Derekan.

Awalnya kawasan ini sebagai tempat pemandian para bangsawan. Misalnya raja, ratu, pejabat negara, dan khususnya para putri kerajaan. Tujuannya sendiri untuk membersihkan diri secara fisik maupun rohani sebelum memasuki area candi. Tradisi ini wajib dilakukan umat Hindu di masa lalu sebelum melakukan ibadah.

Penemuannya sendiri pertama kali oleh warga lokal pada tahun 2009. Pada saat itu para warga hendak membuat jalan menuju kolam perempuan. Secara bertahap banyak ditemukan bangunan arca, dinding pembatas, tangga, hingga saluran air. Dan pada akhirnya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ikut melakukan penggalian.

Wisata ini memiliki kolam rendam dan 1 kolam besar yang usianya sangat tua. Jika terlihat dari atas Petirtaan Derekan memiliki bentuk persegi panjang dengan jalan menurun.  Tepat di sisi kolam terdapat relung kosong yang dulunya sebagai tempat menaruh sesajen. Kemudian tepat di dalam relung ada sebuah bebatuan yang diduga sebagai tempat bersemadi.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Kolam Perempuan

Letak kolam khusus perempuan bersebelahan dengan kolam laki-laki. Tepatnya ada di sisi sebelah kirinya. Untuk mencapai kolam pengunjung harus menuruni anak tangga yang sedikit curam. Harap berhati-hati karena permukaan lantainya agak licin.

Ukuran kolam renang di pemandian ini tidak terlalu luas. Sehingga tidak mampu menampung pengunjung dalam jumlah banyak. Di dalamnya terdapat satu wadah penampungan air dan satu kolam rendam kaki. Sementara posisi kolamnya tepat berada di bagian tengah.

Pihak pengelola tidak menyarankan pengunjung berendam terlalu lama. Waktu yang dianjurkan maksimal hanya 1 jam. Karena air dalam kolam mempunyai uap belerang yang lumayan kuat. Dan dapat memunculkan efek samping seperti pusing kepala secara tiba-tiba.

Baca: Umbul Songo Tiket Murah Beragam Wahana Seru

Kolam Laki-laki

Kolam laki-laki di Pemandian Air Panas Derekan.
Area kolam rendam khusus pria yang tertutup dinding besar. Foto : Googlemap/Arief Said

Kolam pemandian khusus laki-laki terletak di sebelah kanan kolam perempuan. Tampilan keduanya  hampir sama. Namun bedanya di sini tidak ada kolam rendam kaki. Untuk sampai ke lokasinya pengunjung juga harus melewati beberapa anak tangga.

Kolam laki-laki terbagi menjadi  2 kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Kolam bagian atas hanya setinggi pinggang orang dewasa. Sementara bagian bawah setinggi dada orang dewasa. Di setiap sisi kolam terdapat dinding beton  yang bisa dijadikan tempat bersandar.

Baca: Lembah Sumilir Semarang Tiket & Wahana

Kolam Umum

Kolam pemandian air panas untuk umum.
Kolam campuran yang bisa dinikmati anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Foto : Googlemap/yunaf retnadi

Pemandian Air Panas Derekan juga menyediakan kolam untuk umum. Kolam ini bisa digunakan segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bentuknya persegi panjang serta memiliki ukuran lebih luas ketimbang kolam pria dan wanita.

Lokasinya persis berada di bawah warung kecil. Pengunjung hanya perlu menuruni 6 anak tangga untuk bisa sampai ke kolamnya. Di pinggir kolam sudah disediakan tempat berteduh dengan kursi panjang pada bagian bawahnya. Pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai tempat istirahat sehabis berendam.

Baca: CANDI GEDONG SONGO Tiket & Aktivitas

Berkunjung ke Candi Ngempon

Candi Ngempon obyek wisata yang tak jauh dari Air Panas Derekan
Selain berkunjung ke Pemandian air panas Derekan sempatkan juga berkunjung ke Candi Ngempon yang tak jauh dari lokasi Petirtaan. Foto: Google Maps/Arya the Sneakerhead Pirate

Di dekat Pemandian Air Panas Derekan ada sebuah wisata sejarah yaitu Candi Ngempon. Masyarakat meyakini kawasan ini dulunya  tempat pelatihan dan pendidikan para brahmana untuk menjadi  empu. Kemudian dari kata Empu inilah yang menjadi dasar penamaan Candi Ngempon.

Kawasan Candi Ngempon terbagi menjadi 9 bangunan dengan ukuran yang berbeda-beda. Sayangnya hanya 4 candi yang berhasil direstorasi kembali oleh pemerintah. Jika terlihat sekilas keempat candi ini memiliki bentuk yang hampir mirip. Walaupun sebenarnya hanya terdapat satu candi berukuran besar.

Sementara bangunan yang tidak mengalami proses masih berbentuk puing-puing bebatuan berupa alas candi. Posisinya ada di belakang keempat candi yang sudah direnovasi. Keindahan wisata ini kian bertambah dengan kehadiran pepohonan hijau mengelilinginya. Pengunjung pun bisa berfoto dengan latar belakang candi sekaligus pemandangan alam yang memesona.

Baca: CANDI CETHO Tiket & 5 Daya Tarik

Fasilitas Pemandian Air Panas Derekan

Pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk menunjang aktivitas pengunjung. Misalnya area parkir, toilet, kamar ganti dan bilas, dan musala. Kemudian di sekitar pemandian terdapat warung makan untuk mengisi perut sehabis berendam.

Lokasi Pemandian Air Panas Derekan

Objek wisata ini berada di Jl. Ke Desa Derekan, Derekan Timur, Pringapus, Kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50214. Dari kota Semarang jaraknya sekitar 27 Kilometer ke arah Selatan. Jika menggunakan kendaraan memakan waktu sekitar 50 menit perjalanan.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini