Beranda Tiket Wisata

Umbul Songo Tiket Murah Beragam Wahana Seru - Mei 2022

0
Umbul SongoHarga Tiket Masuk: Rp6.000 - Rp8.500Jam Buka: 05.00 - 19.00No Telp: -Alamat: HCXC+JG4, Dukuh, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50774

Umbul Songo merupakan wisata alam yang terletak di ketinggian 1.450 mdpl dengan keindahan alam pegunungan dan air terjun. Tempat wisata ini sangat cocok bagi yang sedang mencari ketenangan dan udara segar. Meskipun air terjunnya bersifat musiman namun keindahannya tetap memukau. Selain itu areanya juga dilengkapi dengan berbagai wahana menarik seperti kolam renang, taman, serta area berfoto. Ditambah dengan pemandangan alamnya juga sangat memikat. Karena kawasan wisatanya terapit Gunung Telomoyo, Andong, dan Merbabu.

Nama Umbul Songo sendiri berasal dari sembilan mata air yang terus mengalir meskipun pada musim kemarau. Umbul ini merupakan karunia dari Tuhan kepada para Wali Songo yang sedang berada di Gunung Merbabu. Saat itu, para wali sedang kehausan dan muncullah mata air sebagai sumber air minum bagi mereka. Tidak hanya itu, umbul ini juga termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Tak heran ketika berada di sini pengunjung bisa melihat beberapa hewan dan tanaman endemik.

Harga Tiket Masuk Umbul Songo

Umbul Songo menawarkan biaya tiket masuk yang murah. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya kolam renang yang ada di dalamnya. Untuk parkir kendaraan, pengunjung juga harus membayar biaya yang terpisah dari tiket masuk.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk hari biasa/akhir pekanRp6.000/Rp8.500
Pakir motor/mobilRp2.000/Rp5.000

Baca: DUSUN SEMILIR Semarang Tiket & 5 Wahana Seru

Jam Buka Umbul Songo

Bagi yang berlibur ke sini, Umbul Songo buka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai 19.00. Udara yang sejuk bisa dinikmati jika datang pada pagi hari. Jika ingin memperoleh suasana yang tenang, coba datang pada hari Senin-Jumat. Waktu terbaik untuk melihat air terjun yaitu saat musim hujan.

Jam Operasional
Setiap hari05.00-19.00

Menikmati Air Terjun di Umbul Songo

Air terjun di Umbul Songo
Terdapat air terjun musiman di kawasan wisata Umbul Songo, yang deras saat musim hujam dan kering saat musim kemarau. Foto: Google Map/Citro Merbabu

Salah satu daya tarik Umbul Songo yaitu air terjunnya. Air terjun di sini merupakan air terjun yang sangat bergantung musim. Pada saat musim hujan, aliran air terjun semakin deras karena debit air sungai yang ada di atasnya bertambah. Namun, berbeda saat musim kemarau, air terjunnya tidak terlalu deras karena berkurangnya air sungai. Panorama alamnya sangat indah karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Selain itu, dari sini pengunjung bisa mendengar kicauan burung yang saling bersahutan.

Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 15 m. Untuk sampai ke kawasan air terjun pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit dari pintu masuk. Setelah renovasi, jalan menuju ke air terjun sudah tertata baik sehingga menjadi lebih nyaman untuk dilalui. Jalanan tersebut tetap aman meskipun musim hujan. Di bagian kanan dan kiri jalan tumbuh pepohonan yang sangat rimbun.

Baca: SALOKA PARK Tiket & Wahana

Kolam Renang Tengah Hutan

kolam renang di tengah hutan Umbul Songo
Salah satu keunikan dari Umbul Songo yaitu kolam renang yang ada di tengah hutan dengan perosotan berliku yang cukup tinggi. Foto: Google Map/She

Salah satu keunikan Umbul Songo yaitu kolam renangnya yang terletak di tengah hutan. Kolam ini baru ada setelah proses renovasi selesai. Tidak hanya sekadar kolam, di sini juga dibangun perosotan berliku yang cukup tinggi. Selanjutnya ada juga perosotan lain yang lebih pendek yaitu perosotan kembar tiga.

Air di kolam renang bersumber dari mata air yang ada di kawasan Umbul Songo. Bagi pengunjung yang berenang bisa merasakan dingin dan segar airnya. Air kolam pun tidak memakai kaporit sehingga aman bagi kesehatan. Meski tidak memakai bahan kimia, air di sini tetap jernih. Agar tetap terjaga kebersihannya, pengelola melakukan pengurasan kolam secara berkala.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Tiket & 6 Spot Selfie Keren

Aktivitas Menarik

Jembatan Cinta dan Jembatan Gantung di Umbul Songo
Salah satu kegiatan menarik yaitu berkeliling area hutan dan menikmati wahananya seperti Jembatan Cinta dan Jembatan Gantung. Foto: Google Map/Afwana Ijazani

Dengan harga tiket yang murah, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Umbul Songo. Salah satu kegiatannya yaitu berkeliling dan melihat-lihat area hutan. Sebagai tempat untuk bertafakur alam, di sini juga cocok untuk menenangkan pikiran. Suasananya sunyi hanya sesekali bunyi gesekan dedaunan yang tertiup angin atau kicauan burung. Selanjutnya, pengunjung akan disuguhkan dengan wahana jembatan besi saat menuju ke air terjun. Jembatan ini bernama Jembatan Cinta.

Wahana berikutnya yaitu jembatan gantung. Jembatan ini terpasang di antara dua pohon yang besar dan tinggi. Berjalan di jembatan ini seperti sedang melakukan kegiatan outbound. Hal menarik lainnya yaitu berkemah. Tersedia area perkemahan di tengah hutan yang cukup luas. Pengunjung harus membawa tenda sendiri karena di sini tidak ada tempat penyewaan tenda.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket & Spot Selfie

Spot Foto

taman dan air mancur di Umbul Songo
Salah satu area berfoto yaitu di tamannya yang memiliki tangga kecil, air mancur, dan landmark area wisata ini. Foto: Google Map/Vini Ramadhani

Selain suasana alam yang menjadi unggulan, di sini terdapat beberapa area foto yang menarik. Area pertama yaitu di tempat karikatur yang berada di area kolam renang. Karikatur tersebut berisi gambar Gunung Merbabu dan aneka jenis satwa. Tempat berfoto lain yaitu di jembatan cinta dan jembatan gantung. Dari kedua jembatan ini, pengunjung bisa mendapatkan latar belakang air terjun. Tidak hanya itu, dari sini hampir seluruh pemandangan di sekitar air terjun bisa terlihat dan menjadi objek foto yang apik.

Selanjutnya, taman yang ada di taman ini juga tak kalah indahnya. Taman ini terdiri dari jalan setapak dan tangga-tangga kecil seperti yang ada di kawasan wisata Taman Sari di Yogyakarta. Di tengah taman terdapat air mancur dan landmark area umbul. Jika ingin berfoto di sini, cobalah ambil foto dari bagian atas. Karena seluruh taman bisa terlihat. Jangan lupa untuk berfoto di landmark sebagai kenang-kenangan sudah berkunjung ke sini.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas di Umbul Songo

Umbul songo telah menyediakan berbagai fasilitas, seperti kolam renang beserta wahana perosotannya. Selain itu di sini juga tersedia area berkemah dan tempat pengamatan satwa. Agar pengunjung merasa nyaman berwisata ke sini, pengelola juga menyediakan fasilitas toilet, musala, dan gazebo di sekitar kolam renang. Di sekitar area wisata umbul juga ada beberapa bangku taman dan ayunan. Fasilitas lainnya yaitu kamar mandi bilas, beberapa warung makan, dan lahan parkir yang memadai.

Lokasi Umbul Songo

Umbul Songo terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Apabila berangkat dari pusat kota Wonosobo di bagian timur lokasi, maka pengunjung harus menempuh jarak 15 Km. Lalu, jika berangkat dari barat, yaitu dari pusat kota Magelang, jarak yang harus ditempuh yaitu 25 Km.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 14

Berikan Rating