Beranda Tiket Wisata

Sendang Geulis Kahuripan Tiket & Aktivitas - Juli 2020

Sendang Geulis Kahuripan Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Ganjarsari,Cikalong Wetan,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,40556.

Tidak hanya kawasan Jawa Tengah, Kabupaten Bandung Barat juga ternyata memiliki objek wisata berupa mata air alami. Salah satunya adalah Sendang Geulis Kahuripan yang terletak di pelosok Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan.

Kejernihan dan kesegaran airnya bisa diadu dengan Umbul Sigedang atau Umbul Ponggok. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh.

Tiket Masuk

Pengunjung dikenakan tiket masuk dengan harga terjangkau untuk menikmati seluruh fasilitas yang ada di Sendang Geulis Kahuripan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000

Baca: 20+ Wisata Alam Di Bandung Paling Menarik

Jam Operasional

Sendang Geulis Kahuripan bisa dikunjungi setiap hari, baik hari libur atau hari kerja. Meski lokasinya tidak terlalu mudah untuk dijangkau, namun tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung dalam maupun luar kota.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Pesona Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan terletak di Desa Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat – Foto: Google Maps/Fey Ferry

Baca: Stone Garden Bandung Tiket & Aktivitas

Nama Sendang Geulis Kahuripan berasal dari bahasa Sunda. “Sendang” adalah kolam atau telaga, sementara “geulis” berarti cantik. “Kahuripan” yang berarti kehidupan memiliki makna bahwa Sendang Geulis Kahuripan merupakan telaga memesona yang menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar.

Telaga ini menampung air yang memancar dari sela-sela batuan sebagai mata air alami. Lokasinya berada di lembah yang dikelilingi hutan lebat dan asri. Perjalanan menuju kawasan wisata ini memang membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra karena faktor akses jalan. Namun, rasa penat dan lelah akan langsung hilang setelah merasakan kesegaran air di sini.

Mata Air Alami

Tampak atas
Kolam yang dilengkapi dengan akses tangga dan air terjun alami – Foto: Google Maps/wildan arif amrulloh

Wisata Terdekat: DUSUN BAMBU Lembang Tiket & 8 Aktivitas Pilihan

Perjalanan menuju Sendang Geulis Kahuripan memang membutuhkan kesabaran serta tenaga ekstra. Hal ini karena akses jalan cukup sempit serta dalam kondisi yang tidak terlalu layak untuk dilalui.

Kesulitan ini sangat terasa ketika kendaraan memasuki kawasan perkebunan teh. Jalanan yang berbatu-batu serta berlumpur ketika musim hujan tiba akan memberi kesan tersendiri bagi pengunjung yang menyukai tantangan.

Setibanya di lokasi, pengunjung akan disambut oleh pemandangan hutan yang mengelilingi area wisata. Berada di ketinggian di tengah lembah, pengunjung akan dimanjakan oleh udara yang dingin dan sejuk. lelah yang terasa Selama perjalanan akan hilang ketika pengunjung tiba di lokasi.

Dua kolam alami
Kolam pemandian dari mata air alami.

Wisata Terdekat: ORCHID FOREST Cikole Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Dua kolam mata air alami yang ada di Sendang Geulis Kahuripan – Foto: Google Maps/ecko619Sendang geulis Kahuripan terdiri dari dua buah kolam alami dan dua buah kolam renang yang cukup luas.

Kedua area ini terpisah dan bisa dijangkau dengan menuruni tangga dari semen. Tangga ini tidak dilengkapi dengan pagar pembatas sebagai pegangan, sehingga pengunjung harus berhati-hati apabila kondisi tangga sedang licin.

Air di Sendang Geulis Kahuripan berasal dari mata air alami yang muncul dari sela-sela batu. Air tersebut selalu dalam kondisi mengalir sehingga tidak terdapat kotoran yang bisa menyebabkan kekeruhan.

Oleh karena itu, air yang tersedia di dua buah kolam alami selalu tampak jernih. Sementara kolam renang yang terletak di area bawah menampung aliran air langsung dari kolam di atasnya.

Sensasi Kesejukan

Berenang
Berenang di air yang jernih – Foto: Google Maps/Egie Karyana

Wisata Terdekat: Farm House Lembang Tiket & 5 Wahana Unggulan

Di atas kolam alami terdapat sebuah pohon karet yang sudah tampak sangat tua. Warga sekitar percaya bahwa pohon itulah telah menjaga kondisi air tetap jernih.

Terlepas dari kebenaran kepercayaan tersebut, keberadaan pohon karet dan pohon-pohon lainnya di sekitar kolam memberikan keteduhan dan ketenangan.

Kolam alami hanya memiliki kedalaman kurang dari 1 meter dan luas yang tidak seberapa, namun kolam ini justru menjadi incaran utama pengunjung.

Air di Sendang geulis Kahuripan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh maupun menyembuhkan berbagai penyakit. Pengunjung biasanya datang dengan tujuan berendam di kolam berair jernih ini.

Santai di hammock
Pengunjung bersantai di pinggir kolam menggunakan hammock – Foto: Google Maps/Dendy Priatna

Karena tidak terlalu luas, kolam ini memang tidak bisa digunakan untuk berenang secara bebas. Namun, biasanya pengunjung berburu foto underwater dengan menggunakan kamera khusus. Ini karena airnya yang sangat jernih dan biru membuat dasar kolam terlihat sangat jelas dan cantik.

Kolam Renang

Kolam renang
Area kolam renang dengan kedalaman yang ramah bagi anak-anak maupun orang dewasa – Foto: Google Maps/Adhi Hariyadi

Setelah berendam, pengunjung yang ingin berenang bisa berpindah ke kolam renang yang ada di bawah. Kolamnya luas dan memiliki kedalaman satu meter hingga satu setengah meter sehingga ramah bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Pengunjung bisa bebas berenang atau bermain air di kolam ini. Dengan dikelilingi pemandangan hutan di tengah pegunungan yang masih asri, berenang di sini akan menjadi pengalaman yang lebih berkesan dibandingkan dengan berenang di kolam renang biasanya.

Pemandangan Asri

Pemandangan hutan dari kolam buatan
Pemandangan hutan asri yang terlihat di sekitar area wisata – Foto: Google Maps/Adhi Hariyadi

Setelah lelah berenang, jangan lupa untuk mengisi tenaga kembali. Di Sendang Geulis Kahuripan terdapat warung nasi liwet khas Sunda yang tidak boleh dilewatkan. Meski sederhana, namun pengunjung bisa mencicipi kuliner otentik pedesaan Sunda.

Jika membawa bekal, beristirahatlah di di saung saung yang tersedia di sekitar area wisata. Semilir angin pegunungan yang sejuk akan menemani waktu santap siang pengunjung, menambah selera makan sekaligus menciptakan kenangan yang takkan terlupakan.

Fasilitas Sendang Geulis Kahuripan

Meskipun belum tertata dengan baik, namun fasilitas yang tersedia di objek wisata ini lengkap dan bisa dikatakan cukup baik. Terdapat area parkir motor, toilet, kamar mandi, mushola, dan warung. Di sekitar kolam pun tersedia beberapa saung yang bisa digunakan untuk beristirahat atau menyimpan barang.

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan berada di Kampung Cilangkop RT 03 RW 03, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata ini termasuk dalam wilayah RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara.

Lokasinya yang berada di pelosok hutan cukup sulit dijangkau. Dari Jalan Raya Cikalong, pengunjung akan menyusuri jalan dengan kondisi cukup baik. Namun memasuki kawasan perkebunan teh dan mendekati lokasi, kondisi jalan semakin sempit dan berbatu.

Pada musim hujan, jalur ini akan digenangi air dan lumpur sehingga perlu diwaspadai. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua seperti motor dan sepeda.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini