Beranda Tiket Wisata

SUNRISE POINT CUKUL Tiket & Pesona - Juli 2021

Sunrise Point Cukul Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 05.00 - 18.00 No Telp: - Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

Sunrise Point Cukul Bandung salah satu alternatif wisata alam yang cocok untuk para pecinta fotografi. Sesuai namanya, tempat wisata ini memang menawarkan panorama matahari terbit sebagai daya tarik. Lokasinya berada di sebelah selatan Kota Bandung. Selain menyalurkan hobi fotografi, Sunrise Point Cukul sangat cocok untuk sekadar mencari udara segar pegunungan.

Tiket Masuk Sunrise Point Cukul

Destinasi wisata alam ini hanya memberlakukan tiket masuk untuk orang dewasa. Pengunjung anak-anak bebas biaya dan bisa masuk gratis. Setelah memegang tiket masuk wisatawan tidak perlu membayar lagi untuk berfoto di spot yang tersedia.

Tiket Masuk
DewasaRp10.000
Anak-AnakGratis

Baca: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap 2021

Jam Buka

Secara resmi, jam operasional Sunrise Point Cukul mulai pukul 8 pagi. Namun, tempat ini biasanya sudah membuka penjualan tiket sejak dini hari hingga malam. Hal ini karena lokasinya yang selalu ramai di waktu-waktu tersebut.

Jam Operasional
Setiap Hari05.00 – 18.00 WIB

Pesona Sunrise di Bukit Cukul Pangalengan

Matahari terbit di Sunrise Point Cukul
Pemandangan matahari terbit yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata Sunrise Point Cukul – Foto: Google Maps/Noko Sumiarso

Popularitas keindahan alam di Kabupaten Bandung memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Terutama bagi wisatawan Jabodetabek, kawasan Bandung adalah alternatif wisata alam favorit. Selain karena lokasinya yang masih dekat dengan kawasan ibukota. Tempat wisata alamnya pun sangat mendukung. Lihat saja Ciwidey dan Lembang yang nyaris tak pernah sepi.

Tak ketinggalan Sunrise Point Cukul yang merupakan salah satu di antaranya. Alamatnya berada di Pangalengan, kawasan yang populer dengan produk susu sapinya. Sedangkan lokasinya terletak di tengah perbukitan dengan ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Dari titik ini, tampak terhampar perbukitan dengan latar pegunungan yang mempesona.

Namun, daya tarik Sunrise Point Cukul terutama sunrise-nya. Panorama matahari terbit dari titik ini begitu menawan hingga menghipnotis banyak wisatawan. Pemandangan seperti ini memang jarang ada di kawasan perkotaan. Tidak heran jika kawasan wisata ini semakin ramai.

Baca: GUNUNG PUTRI Lembang Tiket & Aktivitas

Koleksi Foto

Pengunjung berfoto di anjungan foto
Berfoto di spot foto yang tersedia jadi agenda wajib saat berkunjung kemari – Foto: Google Maps/Sonny Heriawan

Akan ada sejumlah petunjuk arah yang mengarahkan ke spot wisata utama. Spot tersebut yaitu sunrise point, sedangkan yang lainnya merupakan area berkemah. Jalan menuju setiap spot berbatas pagar dan memiliki anak tangga.

Sunrise point sendiri merupakan lahan datar dengan panorama pegunungan. Datanglah sejak ke area ini menjelang subuh. Dari sini indahnya pemandangan matahari terbit akan tersaji dari balik perbukitan.

Untuk melengkapi kegiatan wisata, terdapat sejumlah spot foto. Spot ini berupa anjungan sederhana hingga bentuk hati. Titik-titik berfoto ini semuanya menyuguhi pemandangan menawan yang sudah pasti instagrammable. 

Baca: KIARA ARTHA PARK: Tiket Aktivitas & Atraksi

Nongkrong di Bukit

Pemandangan dari area kios makanan
Pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman sambil ditemani pemandangan cantik dan udara segar pegunungan – Foto: Google Maps/Moh Aripin

Selagi menunggu sunrise, pengunjung bisa duduk-duduk di kedai yang ada. Lokasinya berada agak di atas dari sunrise point. Kedai yang menjajakan makanan ringan hingga kopi kekinian ada di sini. Sajian teh panas dan gorengan hangat di tengah udara dingin nan berkabut menjadi pilihan sempurna.

Tempatnya memang jauh dari kata mewah. Hanya bangku dan meja dari bambu dan kayu posisinya mendekati pinggiran tebing. Tetapi tempat sederhana ini terasa sangat mewah dengan pemandangan yang menemaninya. Hamparan hijaunya kebun teh sangat menyegarkan mata maupun pikiran.

Baca: 6 Aktivitas Seru di Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh

Villa Jerman
Villa yang menjadi penanda tempat wisata Sunrise Point Cukul ini pernah menjadi lokasi syuting film horor di tahun 2000-an – Foto: Google Maps/Rinnie Sutarto

Selain spot matahari terbitnya, kawasan Cukul punya berbagai daya tarik yang tak kalah memesona. Misalnya, hamparan perkebunan teh yang menghijau di sekitarnya. Perkebunan milik PTPN ini juga tak pernah luput sebagai lokasi berfoto aesthetic.

Tidak ketinggalan keberadaan Villa Jerman yang melatari Situ Cukul. Bangunan bergaya Eropa ini mempercantik lanskap sekitar danau. Sayangnya, bangunan ini merupakan properti pribadi yang tidak bisa dikunjungi sembarangan. Namun, wisatawan akan disuguhi panorama pedesaan yang tenang dan menawan.

Fasilitas Sunrise Point Cukul

Meski tergolong tempat wisata sederhana, namun kelengkapan fasilitasnya sangat memadai. Sunrise Point Cukul sudah dilengkapi toilet, area parkir, serta musala yang bersih dan nyaman. Kawasan wisata ini juga menyediakan deretan kios dengan tempat makan yang sangat layak untuk bersantai. Sayangnya di sini tidak terdapat sarana jalan yang memadai bagi penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda.

Alamat Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul berada di Jalan Cukul, Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Bandung, ambil arah selatan melalui Banjaran dan ikuti terus Jalan Raya Pangalengan. Jika sudah melewati Situ Cileunca, artinya tinggal sekitar 10 kilometer lagi untuk sampai di lokasi.

Jalan Menuju ke Sunrise Point

Jika memulai perjalanan dari Kota Bandung, arahkan kendaraan menuju selatan. Bisa menggunakan jalan tol hingga Soreang untuk mempercepat perjalanan. Banjaran adalah tujuan check point selanjutnya. Dari sini, cari petunjuk maps atau warga setempat untuk menuju Jalan Raya Pangalengan.

Jalan ini akan membawa wisatawan hingga ke Situ Cileunca. Danau yang juga merupakan tempat wisata ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Sunrise Point Cukul. Mengarah ke selatan, udara akan semakin dingin. Pemandangan sekitar akan didominasi perkebunan teh yang menghampar hijau.

Setelah sampai di lokasi untuk menuju gerbang, pengunjung akan melewati danau lainnya. Danau itu merupakan Situ Cukul. Selanjutnya tak jauh dari danau, tampak sebuah bangunan villa bergaya Eropa bernama Villa Jerman. Villa dan danau ini jadi penanda bahwa wisatawan sudah hampir sampai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini