SUMBER MARON Tiket, Aktivitas & Fasilitas Februari 2024

SUMBER MARON

  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000-Rp10.000
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00
  • Nomor Telepon: +6282139004132
  • Alamat: Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65174

Kabupaten Malang di Jawa Timur benar-benar menyimpan eksotisme wisata tersendiri. Meski banyak wisata buatan bermunculan, wisata alamnya pun tak kalah menarik. Salah satu wisata alam yang wajib kita kunjungi di Malang adalah Sumber Maron.

Tempat wisata yang menawarkan pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami. Sebelumnya sumber air ini hanya digunakan masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Serta area beristirahat selepas kegiatan bertani. Namun dengan potensi yang ada akhirnya sumber mata air menjadi kawasan wisata yang cukup populer.

Harga Tiket Masuk Sumber Maron

Untuk dapat menikmati kesegaran dan keindahan tempat wisata ini kita perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Sumber Maron tergolong cukup murah, hanya Rp5.000 setiap hari kerja dan Rp10.000 di hari libur.

Baca: SELECTA MALANG Tiket Masuk & 7 Wahana Keren

Jam Buka

Kita bisa berkunjung ke Sumber Maron setiap hari. Dengan jam buka mulai pukul 8 pagi hingga jam 4 sore.

Baca: JATIMPARK 1 Tiket Masuk & 4 Wahana Ekstrem

Aktivitas Wisata Sumber Maron

area wisata sumber maron
Area sumber maron tempat wisata yang menawarkan kesegaran sungai dan air terjun. Foto: Google Maps/Wahyu Pratomo

Sekian lama menjadi sumber air masyarakat sekitar, Sumber Maron pun akhirnya terbuka untuk wisata. Tumbuhan hijau yang menghampar menimbulkan kesejukan bagi siapa saja yang memandang. Tak hanya itu, adanya air terjun semakin menambah keindahan tempat ini.

Air terjunnya memang hanya memiliki tinggi sekitar 6 meter. Dengan tinggi tersebut, air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat. Sangat cocok untuk kita yang ingin bermain air dan mandi. Selain tidak terlalu deras air yang mengalir juga jernih.

Baca: Desa Wisata Pujon Kidul Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Keindahan Kolam Ikan Mas

Keasrian lingkungan di wisata Sumber Maron ini benar-benar menyejukkan. Sebelum menikmati suguhan utama berupa air terjun, kita akan menemui kolam ikan. Di kolam pertama ini kita akan mendapati banyak ikan mas memenuhi kolam.

Menikmati Keindahan Air Terjun

air terjun di sember maron malang
Aliran sungai yang juga memiliki air terjun, meskipun tidak terlalu tinggi namun cukup indah dan  menyegarkan. Foto: Google Maps/Tagar Al Aziis

Selain tingginya hanya 6 meter, terdapat keunikan lain. Air terjun ini berasal dari sumber air yang sangat melimpah. Karena tingginya 6 meter kita bisa dengan mudah menaiki puncak air air terjun.

Dengan naik ke puncak air terjun secara langsung, tentu menimbulkan sensasi yang berbeda. Selain itu kesegaran air terjun juga benar-benar nikmat terasa dari atas. Namun jika khawatir, bermain di bawah air terjun juga tak kalah seru.

Baca: Air Terjun Coban Rondo Malang Tiket Masuk & Aktivitas

Wisata Edukasi Pembangkit Listrik

Tak hanya menyuguhkan wisata alam yang indah, terdapat pula wisata edukasi di sini. Hal tersebut karena terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH). Pembangkit listrik ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

Tak tanggung-tanggung, ada 4 desa yang telah menggunakan pembangkit listrik ini. Hal tersebut tentu memberi edukasi tersendiri buat kita yang berkunjung. Alih-alih menikmati keindahan alam, juga mendapat pengetahuan lain yang bermanfaat.

Kegiatan River Tubing

River Tubing di sumber maron
Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di sini adalah river tubing, menyusuri sungai menggunakan ban karet. Foto: Google Maps/harwindra yoga prasetya

Dangkalnya sungai serta arusnya yang deras, membuat tempat ini cocok sebagai tempat kita melakukan river tubing. River tubing adalah kegiatan menelusuri sungai dengan ban karet. Air sungai di sini benar-benar masih alami dan tidak kotor, sehingga aman.

Panjang sungai untuk river tubing sekitar 500 meter. Sebelum itu, kita harus menyewa ban karet terlebih dulu. Biaya sewanya cukup terjangkau tergantung ukuran.

Aliran air yang cukup deras serta bebatuan yang besar membuat tubbing semakin seru. Permainan ini cukup aman, karena selama bermain akan ada pengawas dan pendamping. Di ujung arena tubbing terdapat palang bambu untuk mencegah kita terhanyut.

Selain itu para penjaganya juga siap sedia membantu dan mengawasi. Jadi meski cukup memacu adrenalin, keamanan juga terjamin. Hal inilah yang menjadi alasan permainan ini cocok untuk sekeluarga.

Baca: Labirin Coban Rondo Malang Tiket Masuk & Aktivitas

Berenang di Kolam Air Terjun

pengunjung berenang di air terjun
Berenang bisa dilakukan di area air terjun atau di sepanjang aliran sungai. Foto: Google Maps/Azka Workshop

Berenang merupakan salah satu aktivitas favorit. Kejernihan air kolam alami yang ada di bawah air terjun akan menggoda. Kolam tidak terlalu dalam, namun bagi anak-anak agar lebih aman bisa menyewa ban ke pengelola.

Wisata Kuliner

Setelah lelah mencoba berbagai wahana yang mengasyikkan, kini saatnya kita mencoba spot berikut. Spot ini berupa kumpulan tempat makan, atau lazim disebut wisata kuliner. Selain berbagai keasyikan di wahana, spot ini merupakan alasan banyak yang ingin datang lagi.

Di sini tersedia aneka masakan khas Jawa, mulai dari soto, bakso dan lainnya. Harganya pun bisa terbilang sangat murah, mengingat lokasinya yang berada di tempat wisata. Pinggir warung makan yang berupa sungai menimbulkan kesan natural dan sensasi tersendiri.

Fasilitas Sumber Maron

Dengan berbagai keindahan alami yang ada, tak ketinggalan fasilitas yang tersedia. Pertama adalah area parkir yang luas, dengan tarif terjangkau. Selain itu sudah tersedia musala serta toilet umum yang memadai.

Lokasi dan Kontak Sumber Maron

Jalan akses ke Sumber Maron yang sudah bagus membuat lokasi ini mudah dijangkau. Alamat lengkapnya: Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung menghubungi Pemerintah Desa Karangsuko.

Berikan Rating

4.7 - 159 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: