Beranda Wisata Kuliner

Pinisi Resto Situ Patenggang Tiket & Ragam Aktivitas

Pinisi Resto Harga Menu: Rp9.000 - Rp100.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 Menu: Menu Barat No. Telepon: 082124957661 Alamat: Patengan,Rancabali,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40973.

Bicara tentang panorama pegunungan, Bandung memiliki banyak kawasan yang menawarkan pemandangan indah. Salah satunya adalah daerah Rancabali di Kabupaten Bandung Selatan. Di sinilah terdapat Pinisi Resto, restoran berbentuk kapal raksasa di sisi Situ Patenggang.

Meski bertajuk restoran, namun tempat ini kerap dikunjungi karena keunikan bangunan serta pemandangan yang disajikannya.

Baca: SITU PATENGGANG Tiket & Daya Tarik Wisata

Harga Menu & Tiket Masuk

Pengunjung dikenakan tiket masuk dengan tarif tertentu untuk memasuki kawasan Pinisi Resto. Tiket ini tidak termasuk tiket ke lokasi wisata sekitar seperti Batu Cinta, Taman Kelinci, dan lain-lain.

Harga Menu & Tiket Masuk
Harga Tiket Wahana
Tiket Masuk Rp20.000
Teras Bintang Rp25.000
Jembatan Pinisi Rp15.000
Taman Angsa Rp15.000
Taman Pakis Rp15.000
Perahu Keliling Danau Rp35.000
Golesat Rp50.000
Harga Menu Makanan & Minuman
Menu Makanan Rp9.000 – Rp100.000
Menu Minuman Rp8.000 – Rp28.000

Baca: GLAMPING LAKESIDE Rancabali Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Objek wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Restoran ini merupakan salah satu fasilitas yang terintegrasi dengan kawasan penginapan Glamping Lakeside Rancabali, sehingga terbuka untuk 24 jam setiap harinya. Untuk restoran sendiri buka sampai jam 5 sore.

Jam Buka
Setiap hari 09.00 – 17.00

Daya Tarik Pinisi Resto

Pinisi Resto
Pinisi Resto adalah restoran di tepi Situ Patenggang yang berbentuk kapal raksasa – Foto: Google Maps/bagus painting

Baca: 60+ Tempat Wisata Di Bandung Paling Menarik

Jika berkunjung ke Situ Patenggang yang berada di kawasan Ciwidey, akan terlihat sebuah kapal kayu raksasa yang “terdampar” di sisi danau purba tersebut. Itu bukan kapal Nabi Nuh, bukan juga artefak kapal dari laut. Bangunan tersebut adalah Pinisi Resto, sebuah restoran dengan gaya arsitektur menyerupai kapal.

Sejak dibuka pada pertengah tahun 2016, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan sekitar maupun luar kota. Restoran ini menawarkan pengalaman bersantap di atas kapal dengan pemandangan Situ Patenggang yang tenang. Dikelilingi perkebunan teh yang asri, Pinisi Resto sukses memberikan cara baru menikmati suasana pegunungan Kabupaten Bandung.

Makan di Kapal

Jembatan gantung
Jembatan gantung yang akan mengantar pengunjung ke Pinisi Resto – Foto: Google Maps/Horst Kruse

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket & Aktivitas

Pinisi Resto adalah restoran dua lantai yang termasuk dalam kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Bentuk bangunannya menyerupai kapal raksasa yang bagian depannya menjorok ke Situ Patenggang. Untuk memasuki restoran ini, pengunjung bisa memilih di antara dua pintu.

Pertama, melalui jembatan gantung yang cukup panjang. Jembatan artistik ini menyeberangi lahan kebun teh dan langsung membawa pengunjung ke lantai dua. Sementara pintu lainnya melalui bagian bawah kapal.

Area duduk indoor
Suasana menjelang malam di area duduk indoor – Foto: Google Maps/Ali Asaf Hussain

Baca: RANCA UPAS Ciwidey Tiket & 5 Aktivitas Terbaik

Interior restoran ini disesuaikan dengan interior sebuah kapal yang didominasi bahan kayu. Lantai, bangku, dan mejanya pun semua terbuat dari kayu. Dekorasi seperti ban pelampung, tali tambang, untaian bendera, serta kemudi kapal semakin melengkapi “kapal” ini. Suasana restoran benar-benar membuat pengunjung seolah sedang berada di kapal.

Pengunjung juga bisa memilih area tempat duduk di teras luar. Di sini, bangku dan meja disusun di antara tiang-tiang kapal. Dilengkapi geladak kayu, area anjungan seringkali menjadi tempat duduk favorit ketika hari cerah.

Pemandangan Situ Patenggang

Area outdoor
Pemandangan alam yang terlihat dari area duduk di anjungan kapal – Foto: Google Maps/Nina Patricia

Baca: 6 Aktivitas Seru di Perkebunan Teh Rancabali

Lokasinya yang berada tepat di sisi Situ Patenggang membuat Pinisi Resto memiliki pemandangan danau yang menawan. Pengunjung bisa menikmati panorama danau secara penuh melalui anjungan yang dibuat menyerupai tempat kemudi kapal.

Pemandangan danau yang luas dan tenang ini akan tampak cantik pada hari cerah dan eksotis pada waktu hujan reda. Kabut yang menyelimuti danau dan sekitarnya akan menimbulkan kesan tak terlupakan bagi siapapun yang melihatnya.

Selain danau, pemandangan lainnya yang akan memanjakan mata adalah hamparan kebun teh di sekitar restoran. Di sisi selatan, tersebar sejumlah tenda putih yang merupakan fasilitas utama dari Glamping Lakeside Rancabali.

Menu Makanan Variatif

Menu makanan
Menu makanan di Pinisi Resto didominasi makanan berat dan kudapan khas daerah Jawa Barat – Foto: Google Maps/Hendrik Santoso

Baca: CIWIDEY VALLEY RESORT Tiket & Aktivitas

Di tengah udara sejuk daerah Ciwidey, Pinisi Resto menyediakan beragam pilihan menu lezat. Dengan konsep prasmanan, restoran ini menawarkan menu yang didominasi makanan Indonesia dan Sunda. Pengunjung bisa menikmati nasi goreng, steak, gurame bakar, sop buntut, atau mi kuah yang menghangatkan badan.

Pinisi Resto juga menyajikan ragam pilihan menu makanan ringan seperti cilok, pisang keju, dan roti bakar bagi yang tidak ingin makan makanan berat. Minuman hangat seperti bandrek, bajigur, sekoteng, serta aneka racikan kopi dan teh juga tersedia di sini.

Spot Foto Unik

Panorama SItu Patenggang
Pemandangan Situ Patenggang dari kawasan anjungan kapal – Foto: Google Maps/Imam Wahyudi

Baca: PALALANGON PARK Ciwidey Tiket & Atraksi

Konsep kapal yang diusung menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Selain bangunan unik berbentuk kapalnya, restoran ini juga memiliki banyak sudut dan latar belakang menarik untuk foto.

Jembatan gantung dan anjungan kemudi jadi sudut yang paling disukai untuk mengabadikan momen kunjungan kemari. Selain itu, area teras dengan pemandangan Situ Patenggang dan sekitarnya juga tidak lepas dari perhatian wisatawan pemburu selfie.

Objek Wisata Sekitar

Taman Kelinci Pinisi Resto Rancabali
Objek wisata lain yang bisa dikunjungi di sini seperti Taman Kelinci dengan puluhan kelinci lucu. Foto: Google Maps/cah bagus

Ada beberapa objek wisata lainnya di sekitar Pinisi Resto yang bisa dikunjungi. Glamping Lakeside Rancabali adalah akomodasi penginapan dengan konsep glamour camping tepi danau. Wisatawan bisa bermalam dengan dikelilingi suasana alam dan danau yang asri.

Taman kelinci di sisi Situ Patenggang memiliki banyak kelinci lucu yang bisa diajak bermain. Pengunjung yang menyukai wahana menantang bisa mencoba menaiki Golesat. Wahana tanpa mesin ini hanya memanfaatkan kontur lahan yang miring dan dikemudikan dengan kemudi sepeda.

Fasilitas Pinisi Resto

Fasilitas yang disediakan juga lengkap dan memadai. Area parkir yang luas, toilet, serta mushola sudah tersedia di sini. Restoran ini juga bisa dipesan untuk lokasi acara gathering atau rapat dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Lokasi Pinisi Resto

Tempat wisata ini terletak di pinggir Situ Patenggang dan termasuk dalam kawasan wisata yang sama dengan Glamping Lake Side Rancabali. Alamat lengkapnya yaitu Jalan Raya Ciwidey Situ Patenggang Km. 39, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer dari Pintu Tol Soroja atau 60 menit menggunakan kendaraan pribadi.

 

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca