Beranda Tiket Wisata

Taman Maluku Bandung Tiket Gratis Suasana Teduh Asri - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Maluku : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40115

Dalam 10 tahun terakhir Bandung kian terkenal dengan wisata taman. Puluhan taman hadir di setiap sudut kota dengan masing-masing punya ciri khas. Salah satu yang cukup terkenal dan mencuri perhatian adalah Taman Maluku. Akan tetapi taman ini lebih terkenal bukan karena tema atau daya tariknya. Melainkan kisah horor dan kesan mistis yang menyelimuti taman.

Beragam kisah urban legend seputar patung tersebut pun membuat penasaran. Padahal dibalik banyaknya kisah horor yang menyelimuti, taman ini sangat menarik. Taman Maluku tidak kalah indah dengan taman-taman lain di tengah kota Bandung.

Harga Tiket Masuk Taman Maluku

Taman ini bisa jadi pilihan wisata murah meriah yang ada di pusat kota Bandung. Untuk berjalan-jalan atau bersantai di taman ini tidak ada pungutan biaya masuk. Wisatawan cukup membayar untuk parkir kendaraan saja di sekitar taman.

Harga Tiket Masuk Taman Maluku
Tiket MasukGratis
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: KIARA ARTHA PARK Tiket Masuk, Aktivitas & Atraksi

Jam Buka Taman Maluku

Area wisata taman kota ini selalu buka setiap hari selama 24 jam. Namun biasanya wisatawan berkunjung pada pagi atau sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Taman Asri Dengan Beragam Aktivitas

Taman yang asri dengan banyak pepohonan tinggi
Taman yang sangat teduh sangat cocok menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran. Foto: Gmaps/Abdur Rohman

Taman Maluku merupakan salah satu tujuan menarik apabila berada di Kota Bandung. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota bisa menjadi pilihan untuk sekedar bersantai. Berjarak kurang lebih 3 Km dari Alun-Alun Bandung, taman ini sangat mudah ditemukan. Statusnya yang merupakan salah satu taman tertua di Bandung menjadi daya tarik tersendiri.

Meski terletak di pusat kota, suasana asri begitu terasa di area taman. Pepohonan yang tumbuh berdampingan meneduhkan suasana taman. Sebuah kolam di area tengah menambah keindahan taman yang satu ini. Beragam aktivitas dapat dilakukan di dalam taman ini. Wisatawan bisa jalan-jalan, duduk bersantai, hingga berolahraga. Selain itu ada pula area bermain anak sehingga cocok bagi si kecil.

Baca: TAMAN LOVE Soreang Bandung Tiket Masuk & Aktivitas

Sejarah Taman Maluku

Taman Maluku merupakan salah satu taman tertua di Bandung. Hal itu karena statusnya yang merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda. Pembangunan taman ini berlangsung tahun 1919 oleh pemerintah Hindia Belanda. Awalnya taman ini bernama Moulekken Park. Kemudian setelah Indonesia merdeka namanya berubah menjadi Taman Maluku. Salah satu sebabnya karena instruksi Presiden Soekarno yang melarang nama-nama berbahasa Belanda.

Memiliki luas setidaknya 6.000 meter persegi suasana asri dan tenang begitu kental terasa. Bahkan jika berada di tengah taman wisatawan serasa berada di hutan. Hal ini karena taman ini penuh dengan pepohonan tinggi. Meskipun cantik taman ini lebih terkenal dengan mitos dan misteri yang menyelimutinya. Namun dalam beberapa tahun terakhir pengembangan terus berlangsung. Sehingga semakin banyak wisatawan datang dan kesan mistis perlahan terkikis.

Baca: Taman Wisata Bougenville Bandung Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Patung Pastor Yang Menjadi Ciri Khas

Patung pastur yang ikonik di Taman Maluku
Ketika berkunjung ke taman ini wisatawan pasti akan melihat sebuah pastur yang sangat terkenal dengan cerita legendanya. Foto: Gmaps/Agnes Emilia

Hal ikonik yang ada di Taman Maluku adalah sebuah patung yang berada di tengah taman. Sosok patung yang terbuat dari bahan kuningan tersebut terkenal sebagai Pastor Verbraak. Beliau adalah figur yang sangat penting bagi pemerintah Hindia Belanda. Sebab pastor Verbrakk ditugaskan berkeliling di beberapa daerah di Indonesia untuk mengajarkan agama.

Namun patung pastor ini lebih terkenal dengan kisah mistis dan horor yang menyelimutinya. Salah satunya yaitu sang pastur meninggal dalam kecelakaan pesawat. Kemudian jasadnya dikuburkan tepat di bawah patung yang ada di Taman Maluku. Selain itu cerita terkenal lainnya adalah bahwa patung tersebut terlihat sering bergerak di malam hari. Dan mata dari patung tersebut seakan terus mengikuti gerak-gerik wisatawan yang berkunjung di taman ini.

Semua kabar tersebut hanya isapan jempol belaka. Karena faktanya Pastor Verbraak tidak punya hubungan sama sekali dengan Bandung. Sang pastur bahkan tidak pernah sekalipun menginjakkan kakiknya di tanah Parahyangan. Namun urban legend yang beredar justru menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk menyambangi taman. Banyak yang penasaran untuk melihat patung sang pastor dari dekat.

Baca: TAMAN LANSIA Bandung Rekreasi Murah Di Tengah Kota

Bersantai di Taman Maluku

Taman indah lengkap dengan bangku-bangku untuk bersantai
Sudah disediakan fasilitas bangku-bangku taman untuk semakin memanjakan wisatawan. Foto: Gmaps/Abdul Gofur

Taman ini tidak pernah sepi kunjungan wisatawan. Kawasannya yang asri sering menjadi tujuan untuk sekedar bersantai. Tersedia bangku-bangku untuk menikmati keindahan taman. Suasana di dalam taman sangat teduh dan sejuk meski di siang hari yang terik sekalipun. Pepohonan tinggi berusia puluhan tahun terlihat begitu cantik dan indah.

Di tengah-tengah taman terdapat sebuah kolam kecil. Di dalam kolamnya hidup ikan-ikan kecil yang cantik. Wisatawan biasa duduk bersantai di sekitar area kolam. Sejauh mata memandang warna hijau mendominasi. Wisatawan dapat menghabiskan waktu bersantai di taman ini sambil membaca buku atau hal lainnya. Kegiatan ini dijamin dapat menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas harian.

Baca: KEBUN BINATANG Bandung Harga Tiket Masuk & Atraksi Satwa

Area Bermain Anak dan Tempat Olahraga

Taman yang sudah dilengkapi area bermain untuk anak
Taman ini juga sangat ramah anak karena tersedia arena permainan anak. Foto: Gmaps/Daxa Daxa

Taman ini sudah dilengkapi dengan area bermain anak. Sehingga cocok untuk mengajak si kecil berekreasi ke taman ini. Terdapat ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, kuda-kudaan dan masih banyak lagi. Taman ini juga sering menjadi tujuan untuk olahraga. Tak jarang terlihat orang-orang yang sedang jogging atau bermain skateboard.

Fasilitas Taman Maluku

Taman kota ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Tersedia area parkir, toilet, bangku taman dan area penjual kuliner di depan taman.

Lokasi Taman Maluku

Taman kota ini beralamat di Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 2 Km saja dari Alun-Alun Kota Bandung.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini